Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/12/31

Minggu, 31 Desember 2017

Bacaan   : Bilangan 25:1-18
Setahun : Wahyu 21-22
Nas       : "Pinehas, anak Eleazar, anak imam Harun, telah menyurutkan murka-Ku dari pada orang Israel, oleh karena ia begitu giat membela kehormatan-Ku di tengah-tengah mereka, sehingga tidaklah Kuhabisi orang Israel dalam cemburu-Ku." (Bilangan 25:11)

Cepat Menyelesaikan Masalah

Rumah tetangga kami terbakar saat ditinggal pergi. Untunglah warga sekitar mengetahuinya sebelum telanjur membesar. Secepat mungkin kami bersatu memadamkan api dengan berbagai peralatan seperti ember dan selang sambil menunggu pemadam kebakaran yang dipanggil tiba. Saat tetangga kami mendengar kabar bahwa rumahnya kebakaran, ia langsung lari meninggalkan belanjaannya di warung dan pulang ke rumah. Api berhasil dipadamkan dan hanya dua ruangan di rumahnya yang terbakar.

Saat bangsa Israel menyembah Baal- Peor dan berzinah dengan perempuan-perempuan Moab, Tuhan menimpakan tulah yang menewaskan dua puluh empat ribu orang. Tuhan begitu murka terhadap mereka yang berpaling dari-Nya. Bersyukurlah, saat itu Pinehas, anak imam Eleazar, bertindak cepat. Demi menyurutkan murka Tuhan, Pinehas membela kehormatan Tuhan di tengah umat Israel sehingga Tuhan tidak jadi menghabisi bangsa Israel (ay. 11). Tak terbayangkan apa yang akan terjadi kalau Pinehas memilih diam saja atau menunda-nunda melakukannya. Pasti akan lebih banyak orang Israel yang mati kena tulah.

Kalau kita secepatnya memadamkan api yang bisa membakar seluruh rumah, kita hendaknya juga bersikap serius terhadap dosa. Semakin cepat kita menyelesaikan dosa dan masalah yang terjadi, semakin kecil dampak kerusakannya. Sebaliknya, semakin lama kita menunda atau membiarkannya, keadaan akan semakin buruk dan semakin parah kerusakannya. Marilah kita menjadi orang yang tanggap dan sigap mengatasi masalah. --RTG/www.renunganharian.net

KITA PERLU SECEPAT MUNGKIN MEMBERESKAN DOSA
DAN MASALAH YANG TERJADI.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org