Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/11/10

Jumat, 10 November 2017

Bacaan   : Kejadian 41:37-57
Setahun : Kisah Para Rasul 4-6
Nas       : Lalu Firaun menamai Yusuf: Zafnat-Paaneah, serta memberikan Asnat, anak Potifera, imam di On, kepadanya menjadi isterinya. Demikianlah Yusuf muncul sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir. (Kejadian 41:45)

Zafnat-Paaneah

Yusuf diberi nama Zafnat-Paaneah oleh Firaun, ketika ia dinobatkan sebagai pemimpin di Mesir. Menurut para penafsir, sebutan itu berarti "penyelamat zaman" atau "penyelamat dunia". Entah mengapa Firaun menjuluki Yusuf dengan nama itu. Namun, jika menilik arti katanya, sebutan itu sangat "pas" dengan peran Yusuf di Mesir. Allah memakai Yusuf untuk menyelamatkan Mesir dan seluruh bumi, yang pada masa itu dilanda bencana kelaparan hebat.

Penobatan yang dilakukan oleh Firaun merupakan penggenapan dari dua mimpi yang pernah Yusuf terima saat berusia 17 tahun. Pesan dari dua mimpi itu selaras, bahwa suatu saat Yusuf akan berkuasa, bahkan keluarganya akan datang sujud kepadanya. Berkas gandum yang dilihat oleh Yusuf dalam mimpinya menjadi pertanda bahwa kelak Yusuf akan dipakai Allah dalam hal yang berkaitan dengan kebutuhan makanan. Ketika Yusuf dinobatkan menjadi "wakil Firaun" di Mesir, Yusuf pasti teringat akan dua mimpi yang pernah Allah berikan. Nama yang diberikan oleh Firaun pun seperti menjadi peneguhan, bahwa Yusuf memang ditetapkan oleh Allah untuk menjadi penyelamat dunia pada zaman itu.

Melalui kisah Yusuf, kita diingatkan bahwa Allah tak pernah ingkar janji. Ia juga sanggup memakai banyak cara, juga memakai siapa pun yang dikehendaki-Nya, supaya janji-Nya tergenapi dalam kehidupan umat-Nya. Sebagaimana Allah menggenapi janji-Nya dan memakai Yusuf untuk menjadi berkat bagi banyak orang, pada waktu yang tepat, Allah juga akan menggenapi janji-Nya dan memakai kita menjadi berkat. --GHJ/www.renunganharian.net

TIDAK PERNAH ADA YANG KEBETULAN DALAM HIDUP KITA.
SEMUANYA TELAH DIRANCANG OLEH-NYA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org