Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/05/06

Sabtu, 6 Mei 2017

Bacaan   : Yosua 1:1-18
Setahun : 2 Raja-raja 14-15
Nas       : Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke mana pun engkau (Yosua 1:7)

Ada Jalurnya

Kalau kita mengamati pesawat yang sedang terbang, sepertinya pesawat itu bisa bergerak bebas ke mana saja. Namun, pesawat itu sebetulnya terbang sesuai dengan jalurnya. Meleset satu derajat saja, bisa terjadi kecelakaan.

Mengikuti Tuhan berarti mendapatkan kebebasan-memang betul. Namun, jangan lupa, Tuhan sudah menetapkan aturan yang sangat jelas untuk dipatuhi dan dijalankan oleh orang percaya. Tuhan menyatakan peraturannya melalui firman-Nya yang tercatat dalam Alkitab. Jika kita mengikuti hukum dan peraturan Tuhan, kita akan mengalami kesejahteraan dan kebaikan. Sebelum merebut tanah Kanaan, Tuhan berfirman kepada Yosua. Salah satunya, Yosua diperintahkan untuk tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya ia beruntung ke mana pun ia pergi. Yosua mengikuti perkataan Tuhan. Hasilnya, Tuhan membuat berhasil segala sesuatu yang Yosua kerjakan dan mereka memenangkan peperangan. Yosua adalah salah satu pemimpin terbaik Israel karena ia mengikuti peraturan Tuhan. Seluruh tanah Kanaan berhasildirebut karena Yosua pemimpin yang takut akan Tuhan.

Kisah Yosua adalah gambaran tentang kemenangan iman dan berkat rohani yang dinikmati orang percaya ketika mereka mematuhi peraturan Tuhan. Kemenangan dan berkat ini tidak identik dengan kehidupan yang berjalan serba mulus tanpa tantangan. Sebaliknya, sebesar apa pun tantangan yang kita hadapi, Tuhan akan menyertai dan menolong kita sehingga iman kita kepada-Nya bertambah teguh. --RTG/Renungan Harian

MENURUTI PERATURAN DAN HUKUM TUHAN
MENDATANGKAN KEMENANGAN IMAN DAN BERKAT ROHANI.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org