Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/berita_ylsa/169

Berita YLSA edisi 169 (24-12-2020)

Desember 2020

Berita YLSA 169/Desember 2020
 
Yayasan Lembaga SABDA BERITA YLSA
Edisi #169 | Desember 2020
 
Featured image

Sahabat dan Pendukung YLSA yang terkasih,

Tahun 2020 segera berlalu! Kita akan menuju tahun yang baru, 2021! Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sendiri sudah bersiap untuk menyambut tahun yang baru. Restrukturisasi pelayanan sedang dimatangkan agar bisa segera dijalankan tahun depan. Mohon dukungan doa karena akan ada cara kerja baru, proyek baru, dan tentunya harus ada semangat baru. Mohon dukungan doakan kiranya banyak staf baru yang dikirim oleh Tuhan untuk terlibat dalam pelayanan YLSA ke depannya. Mohon terus dukungan doa dari Sahabat dan Pendukung SABDA sekalian.

Melalui Berita YLSA edisi terakhir untuk 2020 ini, kami juga mengucapkan terima kasih banyak atas segala bentuk dukungan yang sudah Anda berikan untuk YLSA. Sungguh suatu sukacita tersendiri bisa bergandeng tangan untuk mengerjakan pelayanan Tuhan dalam YLSA ini bersama-sama. Terpujilah Tuhan! Tidak lupa, kami mengucapkan:

Ucapan Natal YLSA 2020

Evie

Davida
Pemimpin Redaksi Berita YLSA

 
RENUNGAN NATAL

Tahun-Tahun Pertumbuhan

Bacaan Alkitab: Lukas 2:51-52

Seperti apa rasanya bagi Maria dan Yusuf melihat Yesus, Anak Allah yang tidak berdosa, bertumbuh dewasa dalam rumah tangga mereka? Pernahkah Dia nakal? Apakah Dia menyenangkan? Apakah Dia anak yang berpikir dengan sangat serius?

Yesus muda

Hanya ada sedikit sekali yang dituliskan tentang Yesus dari cerita kelahiran-Nya sampai ketika Dia dibaptis pada usia 30 tahun. Apakah Dia bekerja sebagai seorang tukang kayu di Nazaret? Kita tidak bisa tahu pasti, meskipun ada pertanyaan pernah dilontarkan, "Bukankah Ia ini anak tukang kayu?" Seolah-olah tahun-tahun pertumbuhan Yesus secara sengaja disembunyikan dari kita, kecuali dua ayat yang menjadi bacaan kita. Dia tunduk kepada orang tua-Nya, dan Dia bertumbuh dewasa, baik dalam perawakan-Nya maupun hikmat-Nya. Dia juga bertumbuh dewasa dikasihi baik manusia maupun Allah. Kata "dikasihi" di sini adalah kata yang sering diterjemahkan menjadi "kasih karunia".

Jika Yesus saja harus bertumbuh dalam hikmat, terlebih kita, yang adalah anak-anak-Nya juga perlu bertumbuh. Bahkan, kata "bertumbuh" muncul 31 kali dalam Perjanjian Baru.

Dalam suratnya yang kedua, Petrus berbicara tentang bertumbuh dalam kasih karunia dan pengetahuan dalam Tuhan dan Juru Selamat kita, Yesus Kristus (2 Petrus 3:18). Pada awal surat yang sama, Petrus menjelaskan bahwa Allah akan memberi kita lebih dan lebih banyak lagi kasih karunia serta damai sejahtera seiring dengan pertumbuhan kita dalam pengetahuan akan Allah dan Yesus, Tuhan kita (1:2). Kita akan mengenal Allah lebih baik lagi.

Paulus menasihati kita untuk berakar dalam Kristus dan seiring saat kita melakukannya, kita juga akan bertumbuh dalam iman (Kolose 2:7). Dia meminta agar kita terus semakin menjadi serupa dengan Kristus (Efesus 4:16). Paulus menggunakan kata "bertumbuh" dalam artian menjadi dewasa (2 Korintus 13:11). Penulis surat Ibrani mendorong kita untuk melanjutkan dari susu "bayi" ke makanan keras firman Allah (Ibrani 5:12-14). Kita harus bertumbuh secara rohani dalam Kristus.

Billy Graham pernah mengatakan bahwa selama masa tahun pertumbuhannya, ibunya biasa membacakan satu pasal dari kitab Amsal setiap hari. Dia menghubungkan pertumbuhan dan fondasi rohaninya dengan pembacaan sehari-hari kitab Amsal itu. Seperti Yesus, kiranya kita bertumbuh dalam hikmat dan dikasihi oleh Allah dan manusia.

Satu pertanyaan: Dengan cara bagaimana Allah memberkati Anda melalui bahan renungan harian dari firman Allah yang Anda baca sepanjang bulan Natal ini?

Diterjemahkan dari:
Judul buku : Promise: The True Meaning of Christmas
Judul artikel asli : The Growing Years
Penulis : Michael Ross-Watson
Penerbit : KJPublishing.com
Halaman : 60 -- 61
 
BERITA & POKOK DOA

1. Rapat Kerja YLSA 2020/2021

Rapat Kerja YLSA 2020/2021

Pada 14 Desember 2020, YLSA menyelenggarakan rapat kerja (raker) untuk evaluasi kerja 2020 dan rencana kerja 2021. Bersyukur kepada Tuhan atas pencapaian selama 2020 ini. Meski banyak rencana yang harus disesuaikan dengan kondisi pandemi ini, tetapi Tuhan memberikan kekuatan dan juga hikmat-Nya untuk bisa terus relevan dengan perkembangan yang terjadi. Bersyukur pula, dalam masa pandemi ini, justru YLSA dapat lebih banyak "berjumpa" dengan pengguna/sahabat/teman SABDA, bahkan mendapat banyak mitra/teman/sahabat/relasi baru. Lalu, pada 21 Desember 2020, kami kembali mengadakan "raker mini" untuk mematangkan lagi pelayanan YLSA untuk 2021 -- 2025 dengan struktur pelayanan yang lebih disesuaikan untuk perkembangan selanjutnya. Doakan agar hasil dari setiap raker ini benar-benar seturut dengan kehendak Tuhan. Dukungan dari Sahabat dan Pendukung SABDA selalu kami nantikan untuk pekerjaan Tuhan di YLSA selanjutnya. Terima kasih untuk dukungannya.

 

2. SABDA Live Tutup Tahun!

SABDA Live Tutup Tahun

Pada 18 Desember 2020, kami menyelenggarakan penutupan SABDA Live untuk tahun 2020 ini dalam acara SABDA Live Tutup Tahun! Sejak dimulai pada 12 Mei 2020 yang lalu, SABDA Live telah mengadakan 110 sesi yang terbagi dalam 8 seri utama (Vision Talks, Bible Talks, Fun Talks, Passion Series, Seri Teknologi, Project Talks, Ministry Series, dan Seri Natal). Bersyukur kepada Tuhan karena program SABDA Live menjadi kesempatan besar bagi YLSA untuk menjadi partner gereja yang sedang memulai/mengembangkan pelayanan digitalnya karena masa pandemi ini. Tidak sedikit pula peserta SABDA Live yang dapat kembali menggunakan bahan-bahan SABDA Live untuk memperlengkapi anggota jemaat secara digital. Sahabat dan Pendukung YLSA dapat melihat seluruh arsip SABDA Live dalam situs SABDA Live, YouTube SABDA Alkitab (channel SABDA Live), dan Podcast SABDA Live (Spotify dan Google Podcasts). Doakan juga untuk rencana SABDA Live 2021 yang diharapkan dapat menolong gereja untuk lebih lagi memanfaatkan teknologi dalam belajar Alkitab dan pelayanan digital. Terima kasih banyak atas dukungannya.

 

3. Libur Natal YLSA 2020

Libur Natal YLSA 2020

Pada 25 Desember 2020, seluruh staf YLSA akan berlibur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Mohon doakan agar selama libur nanti, staf YLSA dapat menggunakan waktunya dengan baik, khususnya pada masa-masa pandemi ini, sehingga kesehatan staf terjaga baik dan tetap produktif. Kiranya masa libur ini dapat menjadi waktu-waktu yang berkualitas dengan Tuhan dan keluarga. Harapan kami, ketika masuk kembali pada 4 Januari 2021, semua memiliki semangat yang makin menyala-nyala untuk melayani Tuhan! Sampai jumpa tahun depan!

 
MENGENAL YLSA

Highlight Pelayanan YLSA 2020

Bersyukur kepada Tuhan atas pimpinan-Nya dalam pelayanan YLSA sepanjang 2020 ini. Pada awal tahun 2020, Tuhan sudah menyatakan bahwa tahun ini SABDA harus semakin fokus untuk melayani gereja (SABDA for The Church). Dan, memang, pandemi ini membuka kesempatan yang sangat besar bagi YLSA untuk menolong gereja dalam pelayanan digital. Oleh karena itu, semua rutinitas/proyek-proyek kami arahkan untuk hal tersebut. Dari sekian banyak tugas yang sudah dikerjakan, di bawah ini adalah beberapa highlight pelayanan YLSA 2020.

  1. Biblika:
    • Pengembangan proyek-proyek biblika: pembaruan fitur-fitur dan bahan dalam aplikasi Alkitab SABDA, pengembangan Alkitab Yang Terbuka, Interlinear PL/PB AYT, pembaruan aplikasi Android/iOS, dsb.
    • Roadshow (offline/online untuk biblika/#Ayo-PA!)
    • dsb.
  2. Pelatihan Alat Suku

    Pelatihan Alat Suku (Februari 2020):
    • Pada 17 -- 21 Februari 2020, Yayasan Lembaga SABDA mengadakan sebuah pelatihan bertajuk Pelatihan Alat Suku di Griya SABDA. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30 orang perwakilan dari lembaga pelayanan, sekolah tinggi teologi di Solo, perorangan, dan beberapa staf SABDA.
  3. Proyek Tetelestai

    Media:
  4. SABDA Live:
  5. #CodeForGOD Indonesia 2020:
  6. Corona.SABDA.org:
  7. Paket Natal Online 2020

    Paket Paskah dan Paket Natal Online 2020:
  8. PESTA -- Kelas teologi online:
    • 12 kelas via Facebook
    • PESTA RIA Injil - The Bible Project (via grup WhatsApp)
    • Diskusi terbuka via Instagram
  9. ... dan masih banyak lagi proyek-proyek dari ITS, SABDA ME+DIA, Digital Resources/Ministry, dan Digital Learning.

Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Sahabat dan Pendukung SABDA. Tanpa dukungan tersebut, tentu saja kami tidak dapat mengerjakan semua pelayanan ini sendirian! Terpujilah Tuhan yang memberikan kesempatan kepada kita untuk melayani bersama sesuai bagian kita masing-masing. Tuhan Yesus memberkati!

 
SUARA SAHABAT YLSA

Pesan Natal dari Sahabat SABDA

E. Baskara

"Ini sedang masa Natal. Saya diingatkan bahwa pada saat Natal kita harus mengingat juga ada kotoran kerbau, ada kotoran kuda, ada bau kencing. Nah, saat itu, Kristus lahir di tengah-tengah environment seperti itu. Sangat menyedihkan. Allah yang tidak terbatas, membatasi diri-Nya dengan begitu susahnya. Kalau menurut saya, saya tidak bisa membayangkan betapa susahnya menjadi Yesus. Harus lahir dan datang ke dunia untuk mendapatkan penghinaan yang luar biasa dari kita, manusia. Jadi pesan Natalnya jadi haru biru, ya. Karena tidak mengenakkan. Sebenernya berita Natal itu tidak mengenakkan buat Yesus yang harus lahir di tengah-tengah bau kandang sapi atau bau kandang kuda yang begitu menjijikan. Jadi, saya bingung kalau memang sampai kita tidak menghargai kelahiran Kristus. Dia sangat tidak terbatas, membatasi diri-Nya jadi terbatas. Demikian susahnya!"
[E. Baskara]

Purnawan K.

"Saya sudah share bahan-bahan Seri Natal SABDA Live ke banyak teman GSM dan mereka sangat terbantu! Luar biasa karena bahan-bahan itu ada di web-nya. Paket Natal itu yang sangat dibutuhkan gereja saat ini. Saya melihat tahun ini, SABDA menemukan momentumnya untuk menjadi semacam sinterklas bagi gereja .... Bahkan, sudah hadir sebelum Natal dan menjadi penolong bagi banyak gereja. Luar biasa! ... Jadi ini yang boleh kami syukuri untuk kehadiran SABDA YLSA, termasuk saya bersyukur bisa diajak untuk ikut sharing .... Terima kasih sudah memberi kesempatan kepada saya untuk berbagi secara pribadi dan juga kepada Footprints, lembaga renungan anak dan pelayanan anak di Footprints. Terima kasih."
[Purnawan K.]

Deni Nainggolan

"Persiapan Natal buat saya di tahun ini sungguh berbeda sekali dari tahun-tahun yang lalu. Kalau saya boleh ibaratkan, kondisi kita umumnya saat ini seperti renungan yang saya dapat, itu seperti satu keluarga di kandang domba yang kotor. Kita mengalami kesulitan-kesulitan dalam satu tahun ini, dan ini belum selesai. Namun, ada satu harapan. Saya membacanya dari Roma 5:3-5, ini menguatkan saya, dan kiranya menguatkan teman-teman, "Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, ..." Kristus lahir di kandang domba dan itu menjadi satu harapan buat kita. Saya yakin dan percaya next time, next year kita akan jauh lebih baik. Amin."
[Deni Nainggolan]

Roger Dixon

"Kami di AS masih ingat dan mendoakan Ibu Yulia dan staf SABDA. Kami juga menikmati website SABDA.org dan membagikan informasinya kepada yang lain. Semoga Tuhan terus memberkati kalian pada tahun 2021 dengan kemurahan dan kasih-Nya. Ibu dan saya di AS (Virginia) masih sehat dan masih bisa membantu pekerjaan Tuhan meskipun kekuatan kami sudah menurun drastis. Saya berumur 86 tahun dan Ibu berumur 82 tahun. Kami masih cinta tanah air dan terus mendoakan pelayanan di Indonesia. Kami memuji Tuhan atas pelayanan SABDA yang begitu luas!"
[Roger Dixon]

 
LAPORAN KEUANGAN YLSA

November 2020

Total Sumbangan November 2020 : Rp52.107.986,00
Total Pengeluaran November 2020 : Rp63.387.400,00

Perincian Laporan Keuangan November 2020

Mari turut mendukung pelayanan YLSA agar dampaknya semakin luas bagi tubuh Kristus pada era digital ini. Kemajuan pekerjaan Tuhan di YLSA tak lepas dari campur tangan Tuhan melalui Sahabat dan Pendukung YLSA yang memberikan persembahan dana dan doa. Kami sangat bersyukur atas hal ini. To God be the glory!

Bagi pembaca Berita YLSA yang tergerak untuk memberikan sumbangan dana guna mendukung pelayanan YLSA, silakan mengirimkannya ke:

YAYASAN LEMBAGA SABDA

Yayasan Lembaga SABDA / Bank Panin Solo
No. Rekening: 3005063355

atau

a.n. Yulia Oeniyati / Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo
No. Rekening: 0790266579

 
 

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org