Si Semut yang Kecil

  • warning: Parameter 1 to phptemplate_comment_submitted() expected to be a reference, value given in /home/sabdaorg/public_sabda/pepak/includes/theme.inc on line 668.
  • warning: Parameter 1 to phptemplate_comment_submitted() expected to be a reference, value given in /home/sabdaorg/public_sabda/pepak/includes/theme.inc on line 668.

Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Menanamkan rasa percaya diri dalam anak SM Anda bisa juga dilakukan dengan jalan beraktivitas. Aktivitas berikut ini cocok Anda gunakan untuk kelas kecil.

SI SEMUT YANG KECIL

Lagu:

Si Semut yang Kecil

Penerapan:
  1. Guru membuat alat peraga berupa gambar seekor semut. Buat juga gambar pemandangan (misalnya bukit yang naik turun), sebagai tempat si semut tersebut akan berjalan-jalan. Jadi gambar pemandangan harus jauh lebih besar dari gambar semut.

  2. Ajaklah semua menyanyikan lagu "Si Semut yang Kecil", sementara itu gerakkan gambar semut itu berjalan-jalan di gambar pemandangan tersebut. Seolah-olah si semut sedang berjalan-jalan di sana. Mintalah anak-anak untuk menyanyikan lagu ini dengan suara keras apabila si semut berjalan naik (mendaki gunung). Sebaliknya mintalah anak-anak menyanyikan lagu ini dengan suara pelan, bila si semut berjalan menuruni bukit. Jika si semut berhenti berjalan anak-anak pun berhenti menyanyi (maka guru harus menyesuaikan saat si semut berhenti dengan lagu tersebut, yaitu pada akhir lagu). Jika si semut berjalan kembali maka anak- anak juga harus mulai menyanyi lagi.

  3. Saat si semut berhenti (berarti anak-anak tidak bernyanyi), guru menceritakan bagaimana Tuhan sangat mengasihi si semut, makhluk yang tampak kecil ini. Ceritakan juga ketekunan si semut dalam mencari makan, ketekunan ini perlu ditiru oleh anak-anak. Sungguh kreasi ini sangat menarik hati anak-anak.

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
Teknik Kreatif dan Terpadu dalam Mengajar Sekolah Minggu
Pengarang: 
Paulus Lie
Halaman: 
54
Penerbit: 
Yayasan Andi
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
1999

Comments

teks Lagu

teks lagunya donks... si semut yang kecil....

si semut yang kecil

Dear key,

met kenal ya :) met gabung dengan rekan-rekan pelayan anak Indonesia di PEPAK ini.

Teks lagu si semut yang kecil adalah sebagai berikut.

"Si semut yang kecil buat apakah kamu?
Waktu musim panas, kumpul rezeki.

Meskipun kamu lemah, Allah Bapa plihara
Orang yang percaya, takut matikah?"

Selamat bernyanyi :)

~ Jangan Menjadi Orang yang Menghalangi Anak-Anak Datang kepada Yesus ~