Menu:

 

ARTIKEL ICW

Artikel (Aplikasi | Multimedia | Ulasan | Lain-lain) - Tips

Waspada!! Sumber Bahaya Online Chat (Celah Keamanan Messenger)

Tanggal: 2000-07-27
Kategori: Web

Chatting lewat internet merupakan salah satu pengisi waktu yang paling digemari saat sedang surfing. Karena itu, industri software saat ini giat bersaing dalam mengembangkan program Messenger, program komunikasi kecil yang memungkinkan anda melakukan chat tanpa harus bertemu tatap muka di suatu tempat berbincang pribadi. Beberapa diantaranya adalah ICQ Beta 99, Yahoo Messenger 776, Excite PAL 1.12, MSN Messenger 2.1, dll.

Namun, saat ini online chat tidak aman seperti dulu. Karena semakin digemari, Messenger kerap menjadi sasaran hacker yang berniat jahat. Sharing dari salah satu pengguna ICQ: ketika menjalankan client ICQ-nya, server tak mengijinkan ia login. Pesan yang disampaikan: nomor akses (ICQ-ID) tidak berlaku lagi dan passwordnya juga salah, padahal ia tidak pernah mengubahnya sejak terakhir kali chatting lewat ICQ. Menurut AOL, sekitar 200 pengguna ICQ lainnya mengalami hal yang sama, ICQ-ID dan passwordnya telah dicuri/diketahui orang lain.

Gimana sih cara kerja hacker itu? Biasanya, penyusup menggunakan trik sederhana: setiap korban mendapat berita dengan program yang disamarkan dengan JPEG. Bila file yang tersebut dibuka, Trojan yang tersembunyi di dalamnya menjadi aktif dan mengirim password korban melalui internet. Teknik ini biasa disebut "cracking." Teknik lain adalah "spoofing" yaitu metode yang menirukan transmisi alamat pengiring yang legal agar mendapat akses secara penuh, dan masih banyak lagi teknik penyusupan lainnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Situs ICQ memberikan informasi tentang segala resiko- resiko yang ada bila menggunakan ICQ (program Internet Messenger yang paling lengkap fasilitasnya dan marak dari berbagai sisi.)

Karena itu, kita semua perlu waspada dan hati-hati sebelum dan saat melakukan "gaul" di dunia maya ini.

*Resiko ICQ dan ichat
ICQ 99 Beta
Yahoo Messenger 766
Excite PAL 1.12
MSN Messenger 2.1
Celah keamanan berbagai program

(Disarikan dari CHIP Edisi 4/2000)

Tinggalkan komentar Anda...

ke atas


Kontak ICW: icw@sabda.org
Berlangganan publikasi: subscribe-i-kan-icw@hub.xc.org
Direktori Situs Kristen LINKs: http://www.in-christ.net/links
Facebook ICW: http://fb.sabda.org/icw Twitter ICW: @sabdaicw

 

Kontak kami | FAQ | Disclaimer | Buku Tamu | Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) | © 2000-2024
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran | E-mail: webmaster@sabda.org