==K.Tokoh== Ezra
Imam dan guru hukum Taurat yang memimpin orang-orang buangan kembali
ke Israel untuk mengatur ibadah dalam rumah Allah
(dalam /TB Ezr 7:1-8:36).
Bertindak terhadap perkawinan campuran imam-imam
(dalam /TB Ezr 9:1-10:44).
Membaca kitab Hukum Hari Raya Pondok Daun (dalam /TB Neh 8:1-18).
Mengambil bagian dalam mentahbiskan tembok di Yerusalem
(dalam /TB Neh 12:1-47).
==K.Kecil== Ezra
KS.- [PL] pasal /TB Ezr 7:1-10:44; pasal Neh 8:1-18; 12:26,36*
==K.Haag== Ezra
Ezra. (Bhs. Ibr.: [Tuhan adalah] pertolongan).
(1). PRIBADINYA.
~E itu seorang --> imam dari bangsa Yahudi yang tinggal di Babilon.
(/TB Ezr 7:1-5). Ia adalah seorang penasihat untuk masalah Yahudi
di dalam pemerintahan bangsa Persia. Pada tahun ke 7 pemerintahan
raja Artahsasta, ~E dikirim ke Yerusalem dengan tugas mengatur
hubungan orang-orang Yahudi di Palestina sepulang mereka dari
pembuangan (Kini masih dipertentangkan, apakah yang dimaksudkan
dalam naskah itu Artahsasta I, pada tahun 458 sebelum Masehi ataukah
Artahsata II pada tahun 398 sebelum Masehi). ~E diikuti orang-orang
yang pulang dari pembuangan, diikuti pula oleh para Lewi dan para
pelayan kenisah. Di Yerusalem ia lalu mewajibkan orang-orang Yahudi
untuk memenuhi "hukum". Tuntutan itu dicetuskan dalam suatu upacara
pembaharuan perjanjian (/TB Neh 8:1-10:39; hukum manakah yang
dimaksudkan itu tidak jelas). Sesudah itu ia lalu mengadakan
perlawanan terhadap perkawinan campuran (/TB Ezr 9:1-10:44).
Laporan pertanggunganjawab ~E kepada pemerintah Persia diolah
kembali oleh penulis (1-2) Tawarikh dan dimasukkan ke dalam Kitab
Ezra.
(II). NAMA YANG DIPAKAI SEBAGAI NAMA PENGARANG (PSEUDONIM/SAMARAN).
(1) Kitab Kanonik Ezr., --> Taw.
(2) Kitab kanonik Neh., --> Taw.
(3) Kitab apokrif ketiga dari Ezr. Kitab ini merupakan sebuah kitab
yang paralel dengan Kitab kanonik Ezr. Sampai pada zaman Hironimus
kitab ini dipandang sebagai Kanonik.
(4) Sebuah wahyu apokrif (di dalam Vulgat = Kitab 4Ezr). bersama
dengan tambahan-tambahan oleh orang-orang Kristen, Yaitu: Kitab 5
Ezr. dan 6Ezr. Kitab why. apokrif ini memuat tujuh buah
penglihatan, yang menurut beritanya dilihat Ezr pada tahun 557
sebelum Mas. di Babilon: Seorang malaekat memberitahu dia atas
contoh nasib Isr., tentang keadilan Allah dan tentang keadaan zaman
yang akan datang. Penglihatan itu disusul dengan sebuah cerita
yang mengungkapkan bagaimana ~E menyusun kembali Kitab Suci yang telah
hilang dan bagaimana ia membentuk kanon. Kitab itu ditulis dalam
bahasa Ibr. atau bahasa Aram pada abad pertama sesudah Masehi.
|