copyright
"Sabda-Mu adalah pelita bagi langkahku, cahaya untuk menerangi jalanku." Mazmur 119:105 (BIS)
Biblika
Pengantar
Temukan di Alkitab: Kata(-kata) Daftar Ayat
Versi Alkitab
Alkitab Terjemahan Baru
Alkitab Kabar Baik (BIS)
Firman Allah Yang Hidup
Perjanjian Baru WBTC [draft]
Alkitab Terjemahan Lama
Kitab Suci Injil
Alkitab Shellabear [draft]
Alkitab Melayu Baba
Alkitab Klinkert 1863
Alkitab Klinkert 1870
Alkitab Leydekker [draft]
Alkitab Ende
TB Interlinear [draft]
TL Interlinear [draft]
AV with Strong Numbers
Bible in Basic English
The Message Bible
New King James Version
Philips NT in Modern English
Revised Webster Version
God's Word Translation
NET Bible [draft]
NET Bible [draft] Lab
BHS dengan Strongs
Analytic Septuagint
Interlinear Greek/Strong
Westcott-Hort Greek Text
Textus Receptus
Pengantar Kitab
Pengantar Full Life
Pengantar BIS
Pengantar FAYH
Pengantar Ende
Pengantar Jerusalem
Pengantar Bible Pathway
Intisari Alkitab
Ajaran Utama Alkitab
Garis Besar Full Life
Garis Besar Ende
Garis Besar Pemulihan
Judul Perikop Full Life
Judul Perikop BIS
Judul Perikop TB
Judul Perikop FAYH
Judul Perikop Ende
Judul Perikop KSI
Judul Perikop WBTC
Catatan Ayat
Catatan Ayat Full Life
Catatan Ayat BIS
Catatan Ayat Ende
Catatan Terjemahan Ende
Catatan Ayat Jerusalem
Referensi Silang TSK
Referensi Silang TB
Referensi Silang BIS
Santapan Harian
Kamus
Kamus Kompilasi
Kamus Easton
Kamus Pedoman
Kamus Gering
Peta
Leksikon
Leksikon Yunani
Leksikon Ibrani
Pengantar Full Life - Mazmur
Pasal: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 51 52 53 54 55 56 57 58 59 60 61 62 63 64 65 66 67 68 69 70 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 83 84 85 86 87 88 89 90 91 92 93 94 95 96 97 98 99 100 101 102 103 104 105 106 107 108 109 110 111 112 113 114 115 116 117 118 119 120 121 122 123 124 125 126 127 128 129 130 131 132 133 134 135 136 137 138 139 140 141 142 143 144 145 146 147 148 149 150
Kitab sebelumnyaKitab berikutnya
Penulis          : Daud dan orang lain
Tema             : Doa dan Pujian
Tanggal Penulisan: Sebagian besar abad ke-10 hingga ke-5 SM.

Latar Belakang
Judul Ibrani untuk kitab Mazmur adalah _tehillim_, yang berarti
"puji-pujian"; judul dalam Septuaginta (PL dalam bahasa Yunani, dikerjakan
sekitar 200 SM) ialah _psalmoi_, yang berarti "nyanyian yang diiringi alat
musik gesek atau petik".

Musik memainkan peranan penting dalam ibadah Israel (1Taw 15:16-22;
bd.Mazm 149:1--150:6); mazmur-mazmur menjadi nyanyian pujian Israel.
Berbeda dengan sebagian besar syair dan nyanyian di dunia Barat yang ditulis
dengan sajak dan irama, syair dan nyanyian PL didasarkan pada kesejajaran
pemikiran di mana baris(-baris) kedua (atau yang berikutnya) pada hakikatnya
menyatakan ulang (kesejajaran sinonim), memperlihatkan kontras (kesejajaran
antitetikal), atau secara progresif melengkapi baris yang pertama
(kesejajaran sintetik). Ketiga bentuk kesejajaran ini dipakai dalam Mazmur.
Mazmur terdini yang diketahui digubah oleh Musa pada abad ke-15 SM
(Mazm 90:1-17); sedangkan yang paling akhir adalah dari abad ke-6
sampai ke-5 SM (mis. Mazm 137:1-9). Akan tetapi, sebagian besar dari
mazmur ditulis pada abad ke-10 SM semasa zaman keemasan puisi Israel.

Judul-judul atau kalimat pembukaan pada permulaan sebagian besar mazmur
(dalam Alkitab Indonesia menjadi bagian dari mazmur), sekalipun bukan bagian
asli dan terilham dari mazmur, sudah berusia tua (sebelum Septuaginta) dan
penting. Isi dari kalimat pembukaan itu berbeda-beda, meliputi kategori
seperti

(1) nama penulis (mis. Mazm 47:1-10, "Dari bani Korah"),

(2) bentuk mazmur (mis. Mazm 32:1-11, "nyanyian pengajaran"
    [bah. Inggris "maskil"] syair hasil renungan atau bertujuan mengajar),

(3) istilah-istilah musik (mis. Mazm 4:1-9, "Untuk pemimpin biduan.
    Dengan permainan kecapi"),

(4) catatan liturgis (mis. Mazm 45:1-18, "Nyanyian kasih" [versi Inggris
    NIV -- nyanyian pernikahan]), dan

(5) catatan sejarah singkat (mis. Mazm 3:1-9, "Mazmur Daud ketika ia
    lari dari Absalom, anaknya").

Mengenai penulis mazmur-mazmur ini, kalimat pembukaan menyebutkan Daud
selaku penggubah 73 mazmur, Asaf 12 (seorang Lewi yang berkarunia musik dan
nubuat, lih. 1Taw 15:16-19; 2Taw 29:30), bani Korah 10 (keluarga dengan
karunia musik), Salomo 2, dan masing-masing satu oleh Heman, Etan, dan Musa.
Kecuali Musa, Daud, dan Salomo, semua penggubah lainnya adalah imam atau
orang Lewi dengan karunia musik dan tanggung jawab dalam ibadah kudus pada
masa pemerintahan Daud. Lima puluh mazmur tidak diketahui penggubahnya.
Acuan-acuan alkitabiah dan sejarah memberi kesan bahwa Daud (bd.
1Taw 15:16-22), Hizkia (Ams 25:1; bd. 2Taw 29:25-30), dan
Ezra (bd. Neh 10:39; Neh 11:22; Neh 12:27-36,45-47) terlibat pada waktu yang
berlainan dalam memilih mazmur-mazmur untuk dipakai bersama di Yerusalem.
Penyusunan kitab ini yang terakhir mungkin dilakukan pada masa Ezra dan
Nehemia (450-400 SM).

Tujuan
Kitab Mazmur, sebagai doa dan pujian yang diilhamkan Roh, ditulis, secara
umum, untuk mengungkapkan perasaan mendalam hati sanubari manusia dalam
hubungan dengan Allah.

(1) Banyak yang ditulis sebagai doa kepada Allah, mengungkapkan

    (a) kepercayaan, kasih, penyembahan, ucapan syukur, pujian, dan
        kerinduan akan persekutuan erat;

    (b) kekecewaan, kesesakan mendalam, ketakutan, kekhawatiran, penghinaan
        dan seruan untuk pembebasan, kesembuhan, atau pembenaran.

(2) Yang lain ditulis sebagai nyanyian yang mengungkapkan pujian, ucapan
    syukur, dan pemujaan kepada Allah dan hal-hal besar yang telah
    dilakukan-Nya.

(3) Beberapa mazmur berisi bagian-bagian penting berhubungan dengan Mesias.

Survai
Selaku suatu kumpulan dari 150 mazmur, kitab ini meliput bermacam-macam
pokok, termasuk penyataan tentang Allah, ciptaan, umat manusia, keselamatan,
dosa dan kejahatan, keadilan dan kebenaran, penyembahan dan pujian, doa dan
hukuman. Allah dipandang dengan beraneka ragam cara: sebuah benteng
perlindungan, batu karang, perisai, gembala, tentara, pencipta, penguasa,
hakim penebus, pemelihara, penyembuh, dan penuntut balas; Ia mengungkapkan
kasih, kemarahan, dan belas kasihan, dan Ia ada di mana-mana, mengetahui
segala sesuatu dan mahakuasa. Umat Allah juga dilukiskan dengan aneka cara:
biji mata, domba, orang kudus, orang jujur dan benar yang diangkat-Nya dari
sumur berlumpur, menempatkan kakinya pada batu karang, dan menaruh nyanyian
baru di dalam mulut mereka. Allah mengarahkan langkah-langkah mereka,
memuaskan kerinduan rohani mereka, mengampuni semua dosa mereka,
menyembuhkan segala penyakit mereka dan menyediakan tempat tinggal kekal
bagi mereka.

Salah satu cara yang bermanfaat untuk meninjau kitab ini ialah dengan
berbagai kategori umum yang dipakai untuk menggolongkan mazmur-mazmur ini
(dengan agak bertumpang-tindih).

(1) _Nyanyian Haleluya atau pujian_ : mazmur-mazmur ini membesarkan nama,
    kemegahan, kebaikan, kebesaran, dan keselamatan Allah
    (mis. Mazm 8:1-9; Mazm 21:1-13; Mazm 33:1--34:22; Mazm 103:1--106:48;
          Mazm 111:1--113:9; Mazm 115:1--117:2; Mazm 135:1-21;
          Mazm 145:1--150:6).

(2) _Nyanyian Ucapan Syukur_ : Mazmur-mazmur ini mengakui pertolongan Allah
    dalam menyelamatkan dan membebaskan seseorang atau Israel selaku bangsa
    (mis. Mazm 18:1-50; Mazm 30:1-12; Mazm 34:1-22; Mazm 41:1-13;
          Mazm 66:1-20; Mazm 92:1-15; Mazm 100:1-5; Mazm 106:1-48;
          Mazm 116:1-19; Mazm 118:1-29; Mazm 124:1-8; Mazm 126:1-6;
          Mazm 136:1-26; Mazm 138:1-8).

(3) _Mazmur Doa dan Permohonan_ : Tercakup mazmur-mazmur ratapan dan
    permohonan kepada Allah, kerinduan akan Allah, dan syafaat bagi umat
    Allah
    (mis. Mazm 3:1--6:10; Mazm 13:1-6; Mazm 43:1-5; Mazm 54:1-7; Mazm 67:1-7;
          Mazm 69:1--70:5; Mazm 79:1--80:19; Mazm 85:1--86:17; Mazm 88:1-52;
          Mazm 90:1-17; Mazm 102:1-28; Mazm 141:1--143:12).

(4) _Mazmur Pengakuan Dosa_ : Berfokus pada pengakuan dosa
    (mis. Mazm 32:1-11; Mazm 38:1-22; Mazm 51:1-19; Mazm 130:1-8).

(5) _Nanyian Sejarah Kudus_ : Mengisahkan kembali urusan Allah dengan
    Israel sebagai bangsa
    (mis. Mazm 78:1-72; Mazm 105:1--106:48; Mazm 108:1-13; Mazm 114:1-8;
          Mazm 126:1-6; Mazm 137:1-9).

(6) _Mazmur Pemahkotaan Tuhan_ : Mazmur-mazmur ini dengan tegas menyatakan
    bahwa "Tuhan adalah Raja"
    (mis. Mazm 24:1-10; Mazm 47:1-9; Mazm 93:1-5; Mazm 96:1--99:1-99:9).

(7) _Nyanyian Liturgis_ : Mazmur-mazmur ini digubah untuk perayaan atau
    kebaktian khusus (mis. Mazm 15:1-5; Mazm 24:1-10; Mazm 45:1-17;
                           Mazm 68:1-35; Mazm 113:1--118:29;
    keenam mazmur terakhir ini dipergunakan dalam perayaan Paskah setiap
    tahun).

(8) _Mazmur Kepercayaan dan Pengabdian_ : Mazmur-mazmur ini mengungkapkan:

    (a) kepercayaan seseorang akan integritas Allah dan pertolongan
        kehadiran-Nya, dan

    (b) pengabdian hati kepada Allah
        (mis. Mazm 11:1-8; Mazm 16:1-11; Mazm 23:1-6; Mazm 27:1-14;
              Mazm 31:1--32:11; Mazm 40:1-17; Mazm 46:1-11; Mazm 56:1-13;
              Mazm 62:1--63:11; Mazm 91:1-16; Mazm 119:1-176;
              Mazm 130:1--131:3; Mazm 139:1-24).

(9) _Nyanyian Ziarah_ : Juga disebut "Nyanyian-nyanyian Zion" atau
    "Nyanyian-nyanyian Pendakian" yang dinyanyikan oleh para peziarah
    sepanjang perjalanan mereka ke Yerusalem untuk perayaan Paskah,
    Pentakosta, atau Pondok Daun setiap tahun
    (mis. Mazm 43:1-5; Mazm 46:1-11; Mazm 48:1-14; Mazm 76:1-12;
          Mazm 84:1-12; Mazm 87:1-7; Mazm 120:1--134:3).

(10) _Nyanyian Penciptaan_ : Mazmur-mazmur ini mengakui hasil perbuatan
     Allah di sorga dan di bumi
     (mis. Mazm 8:1-9; Mazm 19:1-14; Mazm 29:1-11; Mazm 33:1-22;
           Mazm 65:1-13; Mazm 104:1-35).

(11) _Mazmur-mazmur Hikmat dan Pendidikan_ : Mazmur-mazmur ini merenungkan
     cara-cara Allah dan mendidik kita mengenai kebenaran
     (mis. Mazm 1:1-6; Mazm 34:1-22; Mazm 37:1-40; Mazm 73:1-28;
           Mazm 112:1-8; Mazm 119:1-176; Mazm 133:1-3).

(12) _Mazmur Kerajaan atau Mesias_ : Mazmur-mazmur ini melukiskan beberapa
     pengalaman Raja Daud atau Raja Salomo yang mempunyai makna nubuat dan
     yang akhirnya digenapi dalam kedatangan Mesias, Yesus Kristus
     (mis. Mazm 2:1-12; Mazm 8:1-9; Mazm 16:1-11; Mazm 22:1-31;
           Mazm 40:1--41:13; Mazm 45:1-17; Mazm 68:1--69:36; Mazm 72:1-20;
           Mazm 89:1-52; Mazm 102:1-28; Mazm 110:1-7; Mazm 118:1-29).

(13) _Mazmur Bernada Kutukan_ : Mazmur-mazmur ini mengundang kutukan atau
     hukuman Allah atas orang fasik
     (mis. Mazm 7:1-17; Mazm 35:1-28; Mazm 55:1-23; Mazm 58:1-11;
           Mazm 59:1-17; Mazm 69:1-36; Mazm 109:1-31; Mazm 137:1-9;
           Mazm 139:19-22).

    Karena banyak orang Kristen bingung oleh mazmur-mazmur ini, perlu
    diperhatikan bahwa mazmur kutukan ini digubah selaku ungkapan semangat
    demi nama Allah, keadilan, dan kebenaran-Nya, dan dari kebencian kuat
    terhadap kejahatan dan bukan karena perasaan dendam yang picik. Pada
    hakikatnya mazmur-mazmur ini berseru kepada Allah agar meninggikan
    orang benar dan merendahkan orang fasik.

Ciri-ciri Khas
Sembilan ciri utama menandai kitab Mazmur ini.

(1) Merupakan kitab terpanjang dalam Alkitab dan berisi pasal yang
    terpanjang (Mazm 119:1-176), yang terpendek (Mazm 117:1-2) dan
    ayat tengah (Mazm 118:8).

(2) Sebagai kitab nyanyian dan ibadah Ibrani, kerohaniannya yang dalam dan
    luas itu menjadikan kitab ini bagian PL yang paling digemari dan dibaca
    oleh orang percaya.

(3) "_Haleluya_" (pujilah Tuhan), istilah Ibrani yang diakui secara
    universal di kalangan orang percaya, dipakai 28 kali dalam Alkitab,
    24 di antaranya dalam kitab ini. Di dalam Mazm 150 pujian kepada Tuhan
    mencapai puncaknya dan menyampaikan pujian yang utuh dan sempurna
    kepada Tuhan.

(4) Tidak ada kitab lain di Alkitab yang demikian terang-terangan
    mengungkapkan perasaan dan kebutuhan manusia dalam hubungan dengan Allah
    dan kehidupan ini. Nyanyian pujian dan pengabdian mengalir dari
    gunung-gunung tertinggi, dan seruan-seruan keputusasaannya timbul dari
    lembah-lembah terdalam.

(5) Sekitar separuh mazmur mencakup doa iman di tengah kesengsaraan.

(6) Inilah kitab yang paling banyak dikutip di PB.

(7) Berisi banyak "pasal kesayangan" seperti pasal Mazm 1:1-6; Mazm 23:1-6;
    Mazm 24:1-10; Mazm 34:1-22; Mazm 37:1-40; Mazm 84:1-12; Mazm 91:1-16;
    Mazm 103:1-22; Mazm 119:1-176; Mazm 121:1-8; Mazm 139:1-24; dan
    Mazm 150:1-6.

(8) Mazmur 119 (Mazm 119:1-176) adalah unik dalam Alkitab karena

    (a) panjangnya (176 ayat),

    (b) kasihnya yang agung kepada Firman Allah, dan

    (c) susunan sastranya yang mencakup 22 stanza dengan masing-masing
        delapan ayat, dan setiap stanza mengawali setiap ayatnya dengan
        huruf yang sama, juga setiap stanza memakai huruf yang
        berturut-turut dari abjad Ibrani sebagai bantuan untuk
        mengingat (yaitu, suatu akrostik).

(9) Ciri sastranya yang paling menonjol adalah gaya syair yang disebut
    paralelisme, mencakup irama pemikiran dan bukan irama sajak atau matra;
    ciri khas ini menjadikan beritanya dapat diterjemahkan ke dalam bahasa
    yang lain tanpa terlalu banyak kesulitan.

Penggenapan Dalam Perjanjian Baru
Ada 186 kutipan dari kitab Mazmur dalam PB, jauh lebih banyak daripada kitab
PL lainnya. Jelaslah bahwa mazmur-mazmur begitu meresap dalam hati Yesus
dan penulis kitab PB lainnya dan bahwa Roh Kudus sering memakai mazmur
di dalam ajaran Yesus dan ayat-ayat lain di mana Yesus menggenapi
Alkitab selaku Mesias yang dinubuatkan. Misalnya, Mazm 110:1-7 yang
singkat (7 ayat) dikutip lebih banyak dalam PB daripada pasal PL lainnya;
mazmur ini berisi nubuat tentang Yesus sebagai Mesias, sebagai Anak Allah
dan sebagai imam abadi menurut peraturan Melkisedek. Mazmur Mesias lainnya
yang dikenakan kepada Yesus dalam PB adalah:Mazm 2:1-12; Mazm 8:1-9;
Mazm 16:1-11; Mazm 22:1-31; Mazm 40:1-17; Mazm 41:1-13; Mazm 45:1-17;
Mazm 68:1-35; Mazm 69:1-36; Mazm 89:1-52; Mazm 102:1-28; Mazm 109:1-31*; dan
Mazm 118:1-29. Mazmur ini dikenakan kepada

(1) Yesus selaku nabi, imam, dan raja;

(2) kedua kedatangan-Nya;

(3) kedudukan sebagai Anak dan sifat-Nya;

(4) penderitaan dan kematian-Nya yang mendamaikan; dan

(5) kebangkitan-Nya. Ringkasnya, Mazmur termasuk kitab PL dengan nubuat
    paling terinci tentang Kristus dan tertanam sangat dalam di seluruh
    amanat para penulis PB.
Kitab sebelumnya Atas Kitab berikutnya
| Tentang Kami | Dukung Kami | F.A.Q. | Buku Tamu | Situs YLSA | copyright ©2004–2013 | YLSA |
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran