Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2019/02/26

Selasa, 26 Februari 2019 (Minggu ke-8 sesudah Epifani)

Kisah Para Rasul 21:27-36
Tuhan Tetap Menyertai

Penganiayaan dan penderitaan bukanlah hal baru dalam kekristenan dan pemberitaan Injil. Para rasul, seperti Paulus, juga mengalaminya.

Saat itu, dia dituduh oleh orang-orang Yahudi dari Asia (27). Ada dua tuduhan yang diajukan kepadanya. Pertama, mereka menuduh Paulus menentang bangsa, Hukum Taurat, dan Bait Allah (28). Kedua, mereka menudingnya melakukan perbuatan-perbuatan jahat. Pasalnya, dia membawa orang-orang Yunani (tidak bersunat) masuk ke dalam Bait Allah. Padahal, itu dilarang dalam ajaran Yahudi (29).

Akhirnya, rakyat menangkap dan memukulinya (30-31). Tak lama berselang, kepala pasukan dan prajurit-prajuritnya datang untuk membawa Paulus ke markas (31-36).

Di sini, kita mendapati bahwa kepala pasukan, yang adalah seorang Romawi, menyelamatkan Paulus. Sang Komandan itu menyelamatkannya bukan karena dia peduli kepadanya, melainkan karena alasan keadilan. Sebab menurutnya, Paulus tidak boleh dipukuli sampai mati, tanpa melalui persidangan terlebih dahulu. Namun, tentu saja semua itu adalah rencana Allah. Dia memakai seorang kepala tentara untuk menyelamatkan Paulus.

Sama seperti Paulus, Allah akan tetap menyertai kita dan mengutus siapa saja untuk menolong. Dia tidak pernah meninggalkan kita, bahkan dalam lembah kekelaman sekalipun. Dia selalu ada bersama-sama dengan kita dalam banyak cara.

Mungkin, saat ini Anda sedang menderita karena memberitakan kebenaran. Anda mungkin dihina, dirundung, bahkan disiksa. Akan tetapi, ingatlah, para pendahulu kita pun telah menderita sampai mati demi Injil Kristus. Karena itu, hendaklah kita tetap percaya bahwa Allah akan selalu menyertai. Dia akan menolong kita keluar dari penderitaan dan penindasan yang sedang terjadi. Bersabarlah, Dia akan segera mengirim penolong.

Doa: Tuhan, berikan kami kemampuan untuk percaya bahwa Engkau selalu menyertai. Engkau pasti menolong kami dalam segala keadaan. [SL]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org