Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2018/11/09

Jumat, 9 November 2018 (Minggu ke-24 sesudah Pentakosta)

Zakharia 13:7-9
Yang Percaya akan Dimurnikan

Allah akan menguji setiap orang lewat suatu ujian yang tidak dapat dimanipulasi. Hingga pada akhirnya, hanya mereka yang tahan uji, berhati nurani murni, dan beriman teguh kepada Tuhanlah yang akan tetap bertahan. TUHAN akan menjadi Allah mereka dan mereka pun menjadi umat kepunyaan-Nya.

Ini adalah nubuat yang merujuk kepada Yesus Kristus dan umat yang mengikuti-Nya. Pedang adalah lambang keadilan Allah yang akan ditimpakan kepada Yesus. Dialah yang menanggung seluruh dosa umat manusia (7 bdk. Yes. 53:5). Kematian Yesus akan menjadi suatu peristiwa yang mengguncangkan iman. Akibatnya, para murid akan tercerai-berai dan hanya menyisakan sepertiga saja. Sementara, sisa selebihnya akan dilenyapkan (8). Mereka yang dilenyapkan ini adalah orang-orang yang lemah. Mereka adalah orang yang tidak percaya kepada-Nya. Mereka adalah orang-orang yang tidak dapat bertahan dalam ujian yang datang. Mereka yang percaya dan bertahan pun tetap akan mengalami dapur peleburan (9). Mereka akan dimurnikan sehingga menjadi seperti emas yang berharga. Allah melakukan semuanya ini untuk memilih umat baru yang akan memuliakan-Nya. Mereka adalah umat pilihan dan kesukaan Allah.

Kita sekalian, yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan, telah dan sedang mengalami ujian. Setiap hari, Allah memperhadapkan kita dengan ujian-ujian kehidupan. Ujian itu adalah tentang kasih, kesetiaan, kekudusan, kepercayaan, kejujuran, dan banyak lainnya. Tujuannya adalah agar kita memiliki iman dan hati nurani yang murni di hadapan Tuhan. Allah ingin kita tidak bercacat dan bercela sampai kedatangan-Nya. Di antara kita, mungkin, tidak sedikit yang gagal dalam ujian itu. Akan tetapi, Allah yang penuh kasih sanggup untuk mengangkat kita kembali. Hingga pada akhirnya, Allah akan berkata, "Mereka adalah umat-Ku." Kemudian, kita akan menjawab, "TUHAN adalah Allahku."

Doa: Ya Tuhan, kuatkanlah imanku agar ketika ujian itu tiba, aku dapat melewatinya. [IVT]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org