Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2018/10/09

Selasa, 9 Oktober 2018 (Minggu ke-20 sesudah Pentakosta)

Keluaran 6:28-7:13
Allah Memilih dan Mempersiapkan

Bagaimana usaha kita ketika mempersiapkan sesuatu? Kita biasanya akan mencoba secara maksimal, bukan? Kita tentu akan memilih hal-hal terbaik agar niat itu terwujud dengan sempurna.

Tuhan juga melakukan hal yang sama terkait rencana-Nya mengeluarkan Israel dari perbudakan di Mesir. Dia memilih dan mempersiapkan pelaksana lapangan, yaitu Musa. Alkitab merekam bahwa Musa merasa minder, bahkan cenderung menolak tugas itu (29). Akan tetapi, otoritas Tuhan mutlak dalam ketetapan-Nya (7:1-2). Allah menolong Musa mengatasi kelemahannya. Dia mengirimkan Harun sebagai juru bicaranya, untuk menyampaikan pesan Allah kepada Firaun.

Kisah pemanggilan Musa memperlihatkan bahwa Allah tidak menutupi kenyataan. Dia sadar akan ada aral kala kita mengemban tugas dari-Nya. Meski begitu, kita tidak boleh berkecil hati. Kuasa Tuhan selalu ada bagi orang pilihan-Nya. Dia pasti mempersiapkan secara matang, sehingga nama-Nya dimuliakan ke mana pun kita diutus-Nya.

Musa dan Harun pun menghadap Firaun. Mereka berbuat seperti perintah Tuhan (10). Inilah waktunya Tuhan memperagakan kuasa-Nya. Tongkat Harun, seketika, berubah jadi ular. Ahli sihir Mesir pun ternyata bisa melakukan hal serupa. Namun, tongkat Harun langsung menelan tongkat ahli sihir Mesir itu (12).

Akan tetapi, semua peristiwa ini adalah permulaan dari sebuah proses panjang. Alkitab menulis bahwa Firaun akan mengeraskan hatinya seperti yang telah difirmankan Tuhan (13).

Tuhan sudah menetapkan kita sebagai orang-orang pilihan-Nya. Oleh sebab itu, kita diberi tugas untuk menyebarkan kebaikan di tengah keluarga, gereja, dan masyarakat. Dengan begitu, kita harus melatih diri untuk tetap patuh kepada Tuhan. Kita butuh suluh dan pandu-Nya, sehingga tetap teguh menyuarakan kebenaran. Tanpa pertolongan-Nya, kita tidak bisa apa-apa.

Doa: Tuhan, kami berserah diri agar Kau pakai untuk menyatakan rencana-Mu agar maksud dan kebaikan-Mu tergenapi. [KT]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org