Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2018/05/21

Senin, 21 Mei 2018 (Minggu ke-1 sesudah Pentakosta)

Kisah Para Rasul 2:14-40
Penggenapan Nubuat

Jika kata "Alkitab" dipahami dari sisi bahasa Arab, maka Alkitab dapat dimaknai sebagai Kitab di atas segala kitab (Al = di atas, Katob = Kitab). Tentu saja pengertian tersebut tidaklah berlebihan. Sebab kita memercayainya sebagai firman Allah. Artinya, Allah adalah penulis tunggal Alkitab. Bahkan Yohanes pun mengakuinya (lih. Why. 22:18-19).

Selain itu, Alkitab juga memiliki keunikan, yaitu ditulis lebih kurang empat puluh orang dengan latar belakang profesi yang berbeda-beda. Namun, tulisan mereka memiliki keterkaitan dan kesinambungan isi antara satu kitab dan kitab lainnya. Kebenaran ini dinyatakan oleh Petrus dengan terus-terang kepada orang-orang Yahudi.

Di hadapan orang banyak, Petrus dengan keras mengatakan dirinya tidak mabuk (14-15). Ia menjelaskan bahwa semuanya itu terjadi sebagai penggenapan janji Allah melalui nubuat Nabi Yoel tentang Mesias dan pencurahan Roh Allah (Bdk.Yl. 2:28-32; Kis. 2:17-21, 2-4). Demikian juga dengan peristiwa kelahiran, penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus adalah penggenapan janji Allah bagi Daud (Kis. 2:29).

Petrus berani berbicara seperti itu karena kuasa Roh Kudus. Roh Kudus memakai Petrus untuk menyadarkan orang Yahudi bahwa mereka telah menyalibkan Yesus yang adalah Mesias. Reaksi para pendengar sungguh di luar dugaan. Mereka bertobat, meminta pengampunan Allah, dan memberikan diri untuk dibaptis (36-40).

Peristiwa ini memberi kita kepastian iman, antara lain: Pertama, Allah kita adalah konsekuen dan konsisten dengan janji-Nya. Ia selalu menepati janji-Nya. Janji-Nya tidak lekang oleh waktu. Berpeganglah pada janji Allah. Kedua, sekeras apa pun hati manusia, Roh Kudus mampu mencairkannya. Karena itu, teruslah memberitakan Injil. Jangan takut, apa lagi menyerah!

Penggenapan kedatangan Mesias yang pertama telah tergenapi. Sekarang tinggal penggenapan kedatangan-Nya yang kedua sebagai Hakim. Karena itu, kerjakanlah keselamatan Allah dalam takut dan gentar. [OYNS]

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org