Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-sh/2010/11/22

Senin, 22 November 2010

2 Tawarikh 22:1-9
Percaya pada orang yang tepat

Judul: Percaya pada orang yang tepat
Apakah Anda memiliki banyak sahabat dan orang-orang dekat dalam kehidupan Anda? Seberapa banyak di antara mereka yang Anda izinkan memberikan pengaruh dalam setiap keputusan yang Anda ambil setiap harinya? Sadar atau tidak sadar, sebenarnya setiap hari kita selalu mendapat pengaruh dari orang-orang yang dekat dengan kita. Entah itu keluarga maupun sahabat-sahabat kita. Keberadaan mereka acapkali memengaruhi baik keputusan maupun tindakan yang akan kita ambil.

Bacaan hari ini adalah tentang Ahazia, yang diangkat sebagai raja Yehuda menggantikan Yoram, ayahnya yang meninggal akibat penyakit usus yang parah (2Taw. 21:18). Ahazia merupakan anak Yoram satu-satunya yang selamat dari pembunuhan sehingga dialah yang diangkat sebagai raja untuk menggantikan ayahnya (1). Dan, sebagaimana Yoram ayahnya, Ahazia pun melakukan segala hal yang jahat di mata Tuhan. Penulis kitab 2 Tawarikh jelas memberitahukan keadaan ini disebabkan oleh karena "ibunya menasihatinya untuk melakukan hal yang jahat" (3) dan karena keluarga besar Ahab, yaitu para saudara ibunya dibiarkan menjadi "penasihat-penasihatnya yang mencelakakannya" (4). Ahazia menjadi begitu permisif dengan segala bentuk keja-hatan akibat intervensi orang-orang dekatnya. Ahazia telah salah memercayai orang-orang, sekalipun mereka adalah ibu dan orang-orang dekatnya sendiri. Pengaruh yang mereka berikan kepada Ahazia bukanlah pengaruh yang baik, menyebabkan Ahazia kemudian dimurkai oleh Tuhan dan menemui kematiannya di tangan Yehu, cucu Nimsi (7).

Kita lihat yang terjadi bila memercayai orang-orang yang salah. Pengaruh buruk yang diberikan akan merugikan diri kita sendiri. Miliki kepekaan untuk membedakan siapakah orang-orang yang tepat untuk dipercayai dan mana yang tidak, supaya kita tidak dimurkai oleh Tuhan akibat pengaruh buruk yang diberikan mereka kepada kita. Mintalah hikmat kepada Tuhan agar tidak salah memilih orang kepercayaan.

 

Mari memberkati para hamba Tuhan dan narapidana di banyak daerah
melalui edisi Santapan Harian yang kami kirim secara rutin +/- 10.000 eks.
Kirim dukungan Anda ke: BCA 106.30066.22 Yay Pancar Pijar Alkitab.

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org