Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/05/15

Selasa, 15 Mei 2018

Bacaan   : Roma 2:1-16
Setahun : 1 Tawarikh 11-13
Nas       : Karena itu, hai manusia, siapa pun engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak mempunyai dasar untuk membela diri. Sebab, dengan menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal- (Roma 2:1)

Belajar Memahami

Saat bertamu ke rumah seorang kawan, saya terkejut melihat cara ibunya berbicara dengan seorang tetangga. Ibunya berbicara dengan suara keras dan terkesan membentak-bentak. Wah, kasar betul ibu ini, pikir saya. Saya pun bertanya pada kawan saya, apakah gaya bicara ibunya memang seperti itu. Ia menjelaskan, ibu berbicara seperti itu karena pendengaran tetangganya itu terganggu.

Saat ada seseorang melakukan satu hal yang tidak kita sukai, menurut kita kurang pantas, atau kesannya jahat, alangkah baiknya kita mencoba memahami dulu kenapa ia berlaku seperti itu. Belajarlah memahami, bukan buru-buru menghakimi. Penghakiman adalah bagian Tuhan, bukan bagian kita. Alih-alih menghakimi orang lain, patutlah kita mengoreksi diri sendiri. Bisa saja karakter atau kedewasaan rohani kita malah jauh lebih buruk daripada orang yang kita pikir berlaku buruk. Kita tidak bebas dari salah. Hanya karena kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya, dan kelapangan hati-Nya, kita mendapatkan pengampunan. Kalau kita selalu berharap Tuhan dan sesama mau memahami kita, kita pun harus mau memahami orang lain.

Setiap kali kita mau menuding orang lain begini dan begitu, bertanyalah pada diri sendiri, "Kalau saya berada di posisinya, apa yang saya perbuat?" Jangan hanya menilai dari apa yang nampak, tetapi cobalah mencari tahu apa yang sebetulnya terjadi. Kita pun akan bisa memberikan penilaian yang tepat dan merespons dengan cara yang benar. --RTG/www.renunganharian.net

JANGAN BURU-BURU MENGHAKIMI, TETAPI BELAJARLAH MEMAHAMI.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org