Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/01/19

Kamis, 19 Januari 2017

Bacaan   : Keluaran 17:1-7
Setahun : Keluaran 5-7
Nas       : Maka Aku akan berdiri di sana di depanmu di atas gunung batu di Horeb; haruslah kaupukul gunung batu itu dan dari dalamnya akan keluar air, sehingga bangsa itu dapat minum. Demikianlah diperbuat Musa di depan mata tua-tua Israel. (Keluaran 17:6)

PL Digenapi di PB

Tuhan memakai Musa untuk menyelamatkan bangsa Israel. Ia memimpin mereka keluar dari negeri perbudakan, yaitu Mesir, menuju Kanaan, tanah yang dijanjikan Tuhan kepada nenek moyang mereka, agar Israel menjadi umat-Nya. Nyatanya, tidaklah mudah bagi bangsa Israel mencapai tanah perjanjian itu. Mereka harus melewati daerah yang sudah dihuni bangsa-bangsa lain yg memusuhi mereka. Dan juga harus melintasi Padang gurun Sin dan Rafidim yang tandus.

Ketika mereka kehabisan air, marahlah Israel kepada Musa. Mereka kehilangan kepercayaan bahwa Tuhan ada di tengah-tengah perjalanan hidup mereka (ay. 7). Tuhan meminta Musa naik ke atas gunung batu di Horeb, dan kemudian memerintahkan, "Haruslah kaupukul gunung batu itu dan dari dalamnya akan keluar air, sehingga bangsa itu dapat minum" (ay. 6).

Perjanjian Lama adalah bayang-bayang yang digenapi dalam Perjanjian Baru (Kol 2:17). Gunung batu ini disamakan dengan Yesus Kristus, sumber air kehidupan (1 Kor 10:4). Seperti batu karang itu dipukul, Kristus juga dipukul oleh kematian di kayu salib bagi segenap umat manusia (Yes 53:5). Sebagaimana gunung batu itu menjadi sumber berkat bagi bangsa Israel, Kristus juga merupakan sumber berkat dan pemberi Roh Kudus bagi gereja (Yes 53:4-5; Yoh 7:37-38, 20:22; Kis 2:1-4).

Sudahkah air hidup yang Kristus janjikan, yaitu Roh-Nya yang Kudus itu, memenuhi hidup kita? Jika demikian, kita tidak akan haus lagi, tetapi disegarkan oleh Dia yang selalu hadir di tengah kehidupan kita. --SST/Renungan Harian

KRISTUS GUNUNG BATU KITA, SUMBER AIR KEHIDUPAN, MEMBERIKAN
KEHIDUPAN KEKAL BAGI SETIAP ORANG YANG DATANG KEPADA-NYA.

 

Dilarang mengutip atau memperbanyak materi Renungan Harian® tanpa seizin penerbit (Yayasan Gloria)

Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
Rekening Bank BCA, No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org