Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://sabda.org/publikasi/e-konsel/38 |
|
e-Konsel edisi 38 (15-4-2003)
|
|
><> Edisi (038) -- 15 April 2003 <>< e-KONSEL *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* Milis Publikasi Elektronik Pelayanan Konseling Kristen *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* Daftar Isi: - Pengantar : Selamat Hari PASKAH 2003 - Cakrawala : Sudahkah Anda Mengenal Tuhan yang Bangkit? - Bimbingan Alkitabiah : Apa Makna Kebangkitan Kristus dalam Kepercayaan Orang Kristen? - Stop Press : Program Intensif 2003 -- STTRII Pemutaran Film Rohani "LARASATI" - Surat : e-Konsel Memberi Semangat Pelayanan! *REDAKSI -*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*- REDAKSI* -*- PENGANTAR DARI REDAKSI -*- Perayaan PASKAH tahun ini kelihatannya akan dirayakan dengan sederhana, bahkan boleh dikata mungkin akan tenggelam di tengah- tengah keadaan dunia yang saat ini sedang dilanda kegelisahan. Bukan hanya karena situasi perang di Irak, yang membuat banyak orang mengkuatirkan politik dan ekonomi dunia, tapi juga berjangkitnya penyakit SARS yang sangat merisaukan banyak orang saat ini. Bagaimanakah kita menghayati makna PASKAH dalam keadaan dunia yang sangat tidak menentu ini? Apakah fakta kebangkitan Kristus memberi pengaruh bagi hidup Anda saat ini? Melalui sajian edisi PASKAH ini kiranya kita kembali diingatkan bahwa Kristus benar-benar telah bangkit! Dialah yang telah memberikan kekuatan kepada kita untuk menghadapi hari-hari yang tidak menentu di depan kita. Dialah yang memberikan kegairahan untuk kita terus maju melayani dan memenangkan jiwa-jiwa yang terhilang. Dialah pengharapan kita satu-satunya bagi keselamatan kita yang sejati. Biarlah karya kematian dan kebangkitan Kristus yang nyata terjadi dalam sejarah dan yang kita rayakan saat ini dapat memberikan penghiburan bagi kita semua yang sedang mengalami bermacam-macam pencobaan dan memberi kekuatan kepada kita yang sedang lemah. Segenap staf Redaksi e-Konsel mengucapkan: SELAMAT HARI PASKAH 2003! Teruslah bersandar kepada-Nya, karena Dia tidak akan pernah mengecewakanmu. Tim Redaksi *CAKRAWALA *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* CAKRAWALA* -*- SUDAHKAH ANDA MENGENAL TUHAN YANG BANGKIT? -*- Oleh: Pdt. Bob Jokiman Sudah berapa kalikah Anda merayakan PASKAH, hari kebangkitan Tuhan? Mungkin ada yang akan menjawab sejak kecil, sejak saya mulai bisa mengingat. Atau ada juga yang akan menjawab sejak saya menjadi Kristen atau mungkin baru sekali ini. Tujuan saya menanyakan hal tersebut agar kita mengintrospeksi diri, setelah sekian kali merayakan PASKAH, sampai di manakah kebangkitan Tuhan itu mempengaruhi hidup kita. Bagaimanakah pengaruh kebangkitan Tuhan terhadap konsep, perspektif dan tujuan hidup kita sebagai orang- orang percaya? Apakah kita telah merefleksikan iman kita kepada Tuhan yang bangkit itu dalam kehidupan dan dunia nyata sehari-hari? Melalui kesempatan ini penulis ingin mengajak kita semua untuk belajar dari Rasul Paulus bagaimana sebenarnya atau seharusnya hidup seorang percaya dan mengenal Tuhan yang bangkit itu. Dalam suratnya yang pertama kepada jemaat di Korintus pasal 15, Rasul Paulus menguraikan bagaimana seharusnya konsep, perspektif, dan tujuan hidup orang yang percaya dan mengenal Tuhan yang bangkit itu. Jemaat Korintus ketika itu menghadapi pengajaran sesat yang mengatakan bahwa kebangkitan orang percaya sudah terjadi, yaitu dengan kebangkitan secara rohani sehingga tidak perlu lagi mengharapkan kebangkitan secara fisik (1Korintus 15:12). Seperti pengajaran kaum liberal sekarang ini yang mengatakan bahwa kebangkitan Kristus adalah fakta iman dan bukannya fakta sejarah. Kita juga tahu bahwa dalam sejarah kekristenan telah muncul banyak teori yang menyangkal fakta kebangkitan Tuhan. Misalkan 'Teori Pencurian', suatu teori terkuno yang mengatakan bahwa mayat Yesus hilang dicuri oleh murid-murid-Nya. Lainnya, 'Teori Keliru', yang mengatakan bahwa para murid wanita keliru mengunjungi kuburan Yesus. Yang dikunjungi adalah kubur yang belum pernah digunakan atau kubur yang masih baru maka tentu saja mayat Yesus tidak ditemukan di sana. Ada lagi yang disebut 'Teori Pingsan', dikatakan bahwa sebenarnya ketika dikuburkan Yesus belum mati sungguhan, Ia hanya pingsan, oleh karena itu Ia bisa keluar dari kubur. Juga ada 'Teori Halusinasi', mereka mengatakan bahwa Yesus yang dilihat oleh murid-murid itu hanyalah halusinasi karena mereka begitu terobsesi dengan ketidakrelaan bahwa Tuhan mereka mati. Tidak ketinggalan ada teori yang mengatakan bahwa ketika Tuhan Yesus di atas kayu salib, Allah dengan caranya yang ajaib menukar Tuhan Yesus dengan Yudas Iskariot, sehingga yang mati itu bukannya Tuhan Yesus melainkan Yudas Iskariot. Sebenarnya, jika kita mau berpikir jernih dan dewasa, semua teori tersebut terlalu naif dan dibuat-buat dan dapat membuat kita tertawa geli. Dalam buku Josh McDowell yang telah menjadi klasik "Evidence That Demands A Verdict" serta buku Lee Strobel yang lebih modern dan ditulis dengan gaya jurnalis yang mengadakan investigasi "The Case for Christ", keduanya mengajukan banyak argumen baik berdasarkan catatan Alkitab khususnya keempat Injil dan kitab Para Rasul, bukti- bukti sejarah maupun secara ilmiah serta pernyataan-pernyataan tokoh-tokoh Theologia mengenai kebenaran dan kenyataan kebangkitan Tuhan. Kita tidak akan membahas ulang semua argumentasi tersebut, yang mungkin oleh kebanyakan kita telah diketahui. Yang hendak kita pelajari adalah argumen yang diajukan oleh Rasul Paulus dalam suratnya kepada Jemaat Korintus tersebut yang tentunya akan lebih memantapkan iman kita. Dalam 1Korintus 15 paling sedikit Rasul Paulus mengajukan TIGA INDIKASI yang menunjukkan bagaimana seharusnya hidup orang percaya yang telah mengenal Tuhan yang bangkit itu. Mempunyai Keyakinan yang Teguh akan Kebangkitan Tuhan. ------------------------------------------------------ Di tengah dunia di mana banyak teori yang menyangkal fakta kebangkitan Tuhan, kita seharusnya mempunyai keyakinan teguh akan kebangkitan Tuhan. Kita jangan terombang-ambingkan oleh berbagai teori yang tidak benar itu. Rasul Paulus mempunyai keyakinan teguh akan kebangkitan Tuhan karena: 1. Kebangkitan Tuhan adalah penggenapan nubuatan Kitab Suci (1Korintus 15:1-4). Kebangkitan Tuhan adalah bukti kebenaran Allah dan Firman-Nya. Kebangkitan Tuhan bukanlah sesuatu yang terjadi secara mendadak atau kebetulan. Melainkan suatu peristiwa yang telah direncanakan Allah sejak kekekalan dan menjadi titik balik dari sejarah umat manusia yang seharusnya binasa selama-lamanya namun oleh kebangkitan Tuhan memberi harapan yang kekal. Kebangkitan Tuhan adalah pernyataan dan bukti kebenaran Firman Allah serta kesetiaan dan kuasa Allah. Bagi Rasul Paulus maut dan kematian adalah kenyataan dan kebangkitan Tuhan adalah kenyataan karena dikukuhkan oleh Allah sendiri dan Firman- Nya. Allah adalah Pribadi dan Firman-Nya adalah kebenaran; yang patut dan harus dipercaya. Kebangkitan Tuhan adalah refleksi perbuatan Allah yang mahakuasa dan yang tidak dapat dihalangi oleh kuasa apa pun juga. Itulah yang membuat Rasul Paulus mempunyai keyakinan yang teguh. Keyakinan yang didasarkan bukan pada teori atau kemampuan manusia melainkan pada kedaulatan Allah dalam menggenapi Firman-Nya. 2. Kebangkitan Tuhan disaksikan oleh banyak orang (1Korintus 15:5-6) Rasul Paulus mempunyai keyakinan teguh akan kebangkitan Tuhan juga berdasarkan kesaksian banyak orang. Hal ini dengan sendirinya mengugurkan Teori Halusinasi. Jika Tuhan yang bangkit dilihat oleh lebih dari 500 orang maka mustahil peristiwa tersebut adalah halusinasi. Jika mau dihitung maka setelah kebangkitan-Nya di hari Minggu pertama maka secara keseluruhan Tuhan telah menampakkan diri sebanyak 15 kali. Yang dicatat oleh Rasul Paulus hanya sebagian kecil saja. Sehingga dengan demikian tidak mengherankan dalam pemberitaan Injil oleh para Rasul dan khususnya Paulus maka inti berita mereka adalah Tuhan yang bangkit. Karena kebangkitan Tuhan bukan isapan jempol melainkan fakta sejarah dengan banyak saksi. John Warwick Montgomery, seorang sejarahwan Kristen mengatakan, "Ketika para murid memberitakan kebangkitan Tuhan, mereka melakukannya karena mereka adalah saksi mata kebangkitan Tuhan dan dilakukan ketika masih banyak diantara mereka yang berhubungan dengan peristiwa tersebut masih hidup. Sehingga dengan demikian orang-orang yang tidak percaya akan mudah saja mengatakan bahwa mereka salah jika memang Yesus tidak bangkit dengan menunjukkan tubuh Kristus." Namun itu tidak terjadi. Keyakinan Rasul Paulus akan kebangkitan Tuhan didasarkan pada banyak saksi mata yang berani mati untuk kesaksiannya. 3. Mengalami perjumpaan langsung dengan Tuhan yang bangkit (1Korintus 15:8-11). Rasul Paulus mempunyai keyakinan teguh akan kebangkitan Tuhan bukan saja karena kebangkitan Tuhan adalah penggenapan Firman Allah atau kesaksian dari banyak pengikut Tuhan tetapi terutama sekali karena ia sendiri mengalami perjumpaan langsung dengan Tuhan yang bangkit itu. Ia yakin akan Tuhan yang bangkit bukan hanya dari kesaksian orang murid-murid Tuhan, namun ia sendiri telah mengalami bagaimana hidupnya dijamah dan dibentuk Tuhan. Ia diampuni, diselamatkan, diubah, dan dipakai Tuhan secara luar biasa. Pertobatan dan perubahan hidup drastis Rasul Paulus sebenarnya merupakan bukti kebangkitan Tuhan. Ia yang dahulunya adalah musuh dan penantang Tuhan, berubah menjadi utusan dan pemberita Kabar Baik Kristus. Ia yang dahulunya selalu membanggakan latar belakang keyahudiannya, berubah menjadi hamba yang hanya membanggakan salib Kristus. Ia yang dahulunya menganggap bahwa semua kegiatan agama merupakan keuntungan baginya, berubah dengan mengatakan bahwa semuanya itu adalah sampah dibanding dengan pengenalannya akan Kristus. Ia yang dahulunya bersandarkan kepada perbuatan baik, amal dan kesalehan untuk mendapatkan keselamatan, sekarang percaya bahwa keselamatan itu hanyalah karena kasih-karunia Allah yang diperoleh melalui iman. Semua usaha manusia untuk mendapatkan keselamatan adalah sia-sia, keselamatan adalah pemberian Allah semata-mata. Rasul Paulus secara pribadi mengalami dan mengenal siapa itu Tuhan yang bangkit. Bagaimana dengan Anda dan saya? Sudahkah secara pribadi kita berjumpa dengan Tuhan yang bangkit itu. Sudahkah hidup kita diubah oleh Tuhan yang bangkit itu? Keyakinan Rasul Paulus akan kebangkitan Tuhan didasarkan pada perjumpaannya yang langsung dengan Tuhan yang bangkit. Mempunyai Ketabahan dan Harapan Menghadapi Kematian. ---------------------------------------------------- Bagi Rasul Paulus kebangkitan Tuhan adalah kenyataan yang pasti serta tidak dapat disangkal oleh apa pun dan siapa pun juga. Demikian pula dengan maut serta kematian adalah juga kenyataan yang harus dihadapi dengan penuh ketabahan dan harapan oleh orang percaya. Ketabahan dan harapan itu hanya diperoleh pada Tuhan yang telah bangkit itu. Sebelum kebangkitan Tuhan seluruh umat manusia berjalan menuju kebinasaan yang kekal. Namun dengan kebangkitan Tuhan maka kuasa maut terhadap umat manusia telah dikalahkan. Sekalipun upah dosa adalah maut dan kematian, namun bagi mereka yang percaya maut dan kematian bukan lagi sesuatu yang menakutkan dan mengerikan. Kebangkitan Tuhan telah mengalahkan kuasa maut. Maut tidak dapat berkuasa atas-Nya sehingga yang percaya pada-Nya dapat berkata dengan gagah berani seperti Rasul Paulus, "Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?" (1Korintus 15:55). Kebangkitan orang-orang percaya pada saat kedatangan Tuhan yang kedua kalinya adalah harapan kita. Karena Kristus sendiri telah bangkit dan menjadi buah sulung kebangkitan pengikut-pengikut-Nya. Kebangkitan itu adalah pasti, tidak perlu diragukan. Kita menantikan dengan penuh kerinduan dan harapan bahwa pada suatu hari kelak tatkala sangkakala sorgawi bergema kita akan memiliki tubuh kebangkitan seperti tubuh Tuhan yang tidak dapat binasa, penuh kemuliaan, penuh kekuatan, yang rohani dan yang dari sorga (1Korintus 15:42-44). Adakah kita mempunyai perspektif tersebut? Kita akan dapat memiliki perspektif tersebut apabila kita percaya dan menerima Tuhan yang bangkit itu sebagai Juruselamat kita. Sudahkah kita percaya dan menerima Dia? Karena "Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia. Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal." (1Korintus 15:19-20) Mempunyai Kegairahan dan Dinamika dalam Pelayanan. -------------------------------------------------- Rasul Paulus berkata, "Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku." (1Korintus 15:10) Oleh karena Rasul Paulus telah mengalami perjumpaan langsung dengan Tuhan yang bangkit dan hidupnya diubah, maka yang menjadi tujuan hidup selanjutnya adalah melayani Tuhan dengan penuh gairah dan dinamika, itu pun adalah karena kasih karunia Tuhan. Ia bersaksi, "Dan kami juga -- mengapakah kami setiap saat membawa diri kami ke dalam bahaya? Saudara-saudara, tiap-tiap hari aku berhadapan dengan maut. Demi kebanggaanku akan kamu dalam Kristus Yesus, Tuhan kita, aku katakan, bahwa hal ini benar. Kalau hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan manusia saja aku telah berjuang melawan binatang buas di Efesus, apakah gunanya hal itu bagiku? Jika orang mati tidak dibangkitkan, maka 'Marilah kita makan dan minum, sebab besok kita mati'." (1Korintus 15:30-32). Sebagai orang yang telah diubah hidup kita oleh Tuhan dari kebinasaan selama-lamanya menjadi hidup kekal, bagaimanakah sikap kita terhadap pelayanan? Adakah kita mempunyai kegairahan dan dinamika seperti Rasul Paulus? Atau sebaliknya kita acuh dan bermalas-malasan? Keterlibatan kita secara aktif dalam pelayanan sangat penting dalam hidup kita sebagai orang percaya. Kita melayani Tuhan dengan penuh gairah dan dinamika bukan agar kita dikenal manusia melainkan karena kita tahu bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia (1Korintus 15:58). Karena hanya apa yang kita kerjakan dalam Tuhan serta bertujuan untuk memuliakan Tuhan akan bernilai kekal dan akan mengkuti kita sampai ke sorga kelak. Adakah ketiga indikasi tersebut dalam hidup kita sebagai orang percaya yang telah mengenal Tuhan yang bangkit? Selamat Hari PASKAH! -*- Diedit dari sumber -*-: Judul Buletin: Newsletter GKI Monrovia, April 2001, Th. XV, No. 4 Judul Artikel: Sudahkah Anda Mengenal Tuhan yang Bangkit? Penulis : Pdt. Bob Jokiman Situs : GKI Monrovia URL : http://www.gki.org/article/ *BIMBINGAN *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*--*-*-*-*-*-*-*-*-* ALKITABIAH* -*- APA MAKNA KEBANGKITAN KRISTUS DALAM KEPERCAYAAN ORANG KRISTEN? -*- Pertanyaan: ----------- Apakah makna kebangkitan Kristus dalam kepercayaan orang Kristen? Jawaban: -------- "Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu." (1Korintus 15:14) Kuburan yang kosong adalah salah satu bukti bahwa Kristus telah bangkit. Kebangkitan Kristus merupakan dasar kepercayaan orang Kristen. Gereja-gereja yang Injili dan konservatif, selalu yakin bahwa kebangkitan Kristus tidak dapat disingkirkan dari pengakuan iman kekristenan. FAKTA KEBANGKITAN KRISTUS Bultmann, seorang ahli teologi aliran baru mengatakan, bahwa kebangkitan Kristus adalah suatu dongeng. Memang, banyak penentang kebenaran telah menciptakan aneka macam teori untuk menyangkal fakta kebangkitan. Pada hakekatnya, mereka adalah orang-orang yang tidak mempercayai Alkitab sebagai Firman Tuhan yang mutlak benar. Di dalam surat Roma 10:9-10, Rasul Paulus mengatakan bahwa tidak mungkin seorang diselamatkan tanpa mempercayai kebangkitan Kristus. Selanjutnya Paulus mengatakan bahwa kalau Kristus tidak bangkit, sia-sialah kepercayaan dan pemberitaan kami. Membahas tentang Kristologi, W. Pannenberg mengatakan, bahwa kebangkitan Kristus merupakan suatu peristiwa sejarah yang unik dan kisah yang tercantum di dalam 1Korintus 15:1-7 merupakan dokumen sejarah yang sah. Syukur kepada Tuhan bahwa kuburan di mana jenazah Kristus pernah dibaringkan itu kosong. Kuasa maut tidak berdaya untuk membelenggu-Nya. INTISARI INJIL Injil adalah Kabar Baik tentang Yesus Kristus. Menurut Rasul Paulus, intisari Injil adalah kematian dan kebangkitan Kristus (1Korintus 15:3-4). Sebab itu doktrin tentang kematian dan kebangkitan Kristus merupakan dua tiang yang mendukung seluruh kebenaran agama Kristen. Jikalau Kristus tidak dibangkitkan dari kematian, maka Injil yang kita kabarkan bukanlah kabar baik, melainkan kabar buruk yang menyedihkan. Setelah Yesus disalibkan dan mati, para murid, dan pengikut Tuhan dinaungi oleh awan ketakutan, kesedihan, dan kecemasan. Mereka tidak tahu apa yang hendak mereka lakukan. Kemudian tersebar berita di seluruh Yerusalem, bahwa jenazah Yesus tidak ditemukan dalam kuburan-Nya. Hal ini sangat membingungkan para murid Tuhan. Karena takut serangan dari orang Yahudi mereka berhimpun di suatu tempat dan mengunci pintu-pintu. Hal ini membuktikan bahwa mereka tidak yakin kalau Yesus yang mati dan dikubur itu telah bangkit kembali. Namun setelah Tuhan Yesus menampakkan diri-Nya kepada mereka, dan meyakinkan mereka bahwa Ia telah bangkit dari kematian, maka percayalah murid-murid itu. Dengan penuh kuasa dan berkobar-kobar, mereka memberitakan kabar kesukaan ini dari Yerusalem sampai ke ujung bumi. "Yesus yang diserahkan karena pelanggaran kita dan bangkit karena pembenaran kita" (Roma 4:25). Inilah Injil yang diberitakan oleh rasul Paulus dan sampai pada hari ini, tetap diberitakan oleh gereja-gereja di seluruh permukaan bumi. PENGHARAPAN YANG MEYAKINKAN Kebangkitan Kristus juga merupakan pengharapan yang mengutarakan iman kekristenan. Kebangkitan-Nya membuktikan bahwa Ia adalah Anak Allah yang kekal (Roma 1:3-4), yang berkuasa membangkitkan kita yang percaya kepada-Nya. Kebangkitan Kristus merupakan "buah sulung" (1Korintus 15:20-23). Buah sulung adalah bagian pertama hasil tuaian yang dikorbankan pada hari raya sebagai tanda bahwa seluruh tuaian itu berasal dari Allah (Imamat 23:17-20). Paulus memakai istilah ini untuk menghiaskan bahwa pada suatu hari, setiap orang yang beriman kepada-Nya juga akan mengalami kebangkitan yang sama seperti kebangkitan-Nya. Kita "akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus" (1Korintus 15:22). Inilah pengharapan kita. Tanpa pengharapan yang demikian, sia-sialah iman kepercayaan kita. Dalam Pengakuan Iman Rasuli yang sering kita baca bersama dikatakan: "Aku percaya kepada Allah, ... dan kepada Yesus Kristus, ... Yang disalibkan, mati dan dikuburkan. Pada hari ketiga bangkit pula dari antara orang mati." Dan selanjutnya dikatakan "Aku percaya ... kebangkitan daging dan hidup yang kekal." Dengan demikian jelas bahwa kematian dan kebangkitan Kristus merupakan dua elemen yang paling penting dalam kekristenan. Kiranya kita lebih memahami makna kebangkitan Kristus sebagai fondasi dan pengharapan iman kepercayaan kita. -*- Sumber -*-: Judul Buku : Menjawab Pertanyaan-pertanyaan Kontemporer Judul Artikel: Tentang Doktrin dan Teologi (Bab I) Penulis : Dr. David Pan Purnomo Penerbit : Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang, 1994 Halaman : 23 - 25 CD SABDA : No topik: 17312 *STOP PRESS *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* STOP PRESS* -*- PROGRAM INTENSIF 2003 -*- Sekolah Tinggi Theologia Reformed Injili Indonesia Kuliah Intensif yang diselenggarakan oleh STT Reformed Injili Indonesia ini selain dapat diikuti oleh mahasiswa/i S.Th., M.A., dan M.Div. (untuk mendapat kredit), dapat juga diikuti sebagai pendengar oleh para pemimpin gereja/yayasan/hamba Tuhan atau orang awam yang terlibat dalam pelayanan konseling. Tujuan utama adalah untuk membekali pelayan Tuhan agar lebih siap dan efektif dalam melayani. ETIKA KONSELING (1 SKS) ----------------------- Tanggal: 25 - 26 April 2003 Jadual : Jumat pk. 10.00 - 12.00 dilanjutkan pk. 13.00 - 18.00 WIB Sabtu pk. 08.00 - 12.00 dilanjutkan pk. 13.00 - 16.00 WIB Oleh : Paul Gunadi, Ph.D. Deskripsi mata kuliah: Membahas masalah-masalah etis dan hukum (tertulis maupun tidak tertulis), yang bisa timbul dalam kaitan dengan pelayanan konseling dan riset. * Biaya Kuliah: Rp. 200.000,- (tidak termasuk biaya akomodasi dan konsumsi). Cat.: Bagi peserta luar kota yang membutuhkan akomodasi dan konsumsi dapat menghubungi Sekretariat. * Pendaftaran dan Informasi: Bagian Registrasi STTRII: Iyun/Ria pada hari kerja (Senin-Sabtu), Jl. Kemang Utara IX/10, Warung Buncit, Jakarta Selatan 12760. Telp. (021) 7982819, 7990357; Fax. 7987437 ==> e-mail: < reformed@idola.net.id > *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* -*- PEMUTARAN FILM ROHANI "LARASATI" di SCTV -*- Saksikan pemutaran film 'rohani', LARASATI, di SCTV pada tanggal 22 April 2003, pukul 20.00 WIB. Film, yang diproduksi oleh yayasan Cahaya Bagi Negeri (CBN) ini, mengisahkan tentang pergumulan seorang wanita yang bernama Larasati dalam menghadapi kehamilan yang tidak diinginkannya. Bagaimana ia menghadapi keadaannya ini? Apakah ia akan mengawini pria yang tidak dicintainya? Jika Anda ingin tahu jawabannya, silakan menyaksikan film ini sendiri di SCTV. Pemutaran film ini juga didukung oleh pelayanan melalui website yang dapat Anda kunjungi di alamat: ==> http://www.larasati.tv/ Yayasan Cahaya Bagi Negeri Indonesia (CBN Indonesia) yang memproduksi film spesial LARASATI ini merupakan "kepanjangan tangan" dari pelayanan CBN WorldReach untuk wilayah Indonesia. Bentuk-bentuk pelayanan CBN Indonesia antara lain: - Pelayanan kesaksian melalui media televisi, yaitu: Acara SOLUSI di SCTV, KASIH di TVRI, SURAT di TPI, dan AJANG GAUL di TRANS TV - Penerbitan buletin "GarisDepan" - Pembagian buku dan kaset rohani bagi para pemirsa acara TV CBN - Konseling Center - 24 jam (Untuk mendukung acara-acara kesaksian yang ditayangkan melalui media televisi, Konseling Center CBN telah melayani ribuan penelpon dan pengirim surat) - JALA (Jaringan kerjasama CBN dengan gereja-gereja setempat di seluruh Indonesia.) - Pelayanan doa Menara Cahaya (Hadir sebagai wadah dimana gereja dari berbagai denominasi dan golongan bersatu untuk berdoa bagi kedamaian, kemakmuran, dan pemulihan rohani bangsa kita yang tercinta ini) Dukunglah terus pelayanan CBN Indonesia melalui doa dan dana Anda supaya Allah memakai pelayanan ini untuk menyatakan kasih-Nya kepada bangsa Indonesia. Informasi tentang CBN Indonesia dapat Anda jumpai dalam situsnya: ==> http://www.cbn.or.id/ *SURAT*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-DARI ANDA-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*SURAT* Dari: "Pdt. Yohansen Chandra" <gkkaind@> >Terima kasih atas kiriman e-Konsel yang sangat membantu dan memberi >semangat dalam pelayanan, membangun kehidupan jemaat yang tegar di >masa sukar, gagah di masa susah, dan mampu berkelit di masa sulit. >Selalu berupaya bersama do our best sesuai 2Timotius 2:15. Kami >senang menerima selain email juga dalam bentuk tulisan/journal >konseling, harap dialamatkan ke: ==cut== >Tuhan senantiasa menjadi pembimbing pelayanan kita dan selamat >berjuang ! Redaksi: Terima kasih banyak untuk dukungan Anda bagi pelayanan e-Konsel ini. Karena Anda telah mendapatkan berkat dari e-Konsel, silakan bagi- bagikan berkat itu kepada teman-teman yang lain. Informasikan kepada mereka alamat kami agar mereka juga bisa berlangganan e-Konsel. Sebagai informasi, e-Konsel tidak menerbitkan tulisan/journal konseling lain. Namun dalam waktu dekat, C3I (Christian Counseling Centre Indonesia), yaitu yayasan virtual yang menaungi penerbitan e-Konsel, akan meluncurkan situsnya bagi masyarakat Kristen Indonesia. Melalui situs C3I ini, Anda akan mendapat banyak sekali bahan-bahan yang akan menambah wawasan pelayanan konseling Anda. Mohon bantuan doa agar situs ini dapat segera diselesaikan. e-KONSEL*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*e-KONSEL STAF REDAKSI e-Konsel Yulia, Natalia, Ratri, Purwanti PENANGGUNG JAWAB ISI dan TEKNIS Yayasan Lembaga SABDA INFRASTRUKTUR dan DISTRIBUTOR Sistem Network I-KAN Copyright(c) 2003 oleh YLSA *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* Anda punya masalah atau perlu konseling? <masalah-konsel@sabda.org> Informasi/artikel/bahan/sumber konseling/surat/saran/pertanyaan/dll. dapat dikirimkan ke alamat: <owner-i-kan-konsel@xc.org> *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* Berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-konsel@xc.org Berhenti: Kirim e-mail kosong: unsubscribe-i-kan-konsel@xc.org Sistem lyris: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-konsel ARSIP publikasi e-Konsel: http://www.sabda.org/publikasi/e-konsel/ *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*
|
|
© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org |