Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://sabda.org/publikasi/e-konsel/159 |
|
e-Konsel edisi 159 (1-5-2008)
|
|
_______________________________e-KONSEL_______________________________ Milis Publikasi Elektronik Pelayanan Konseling Kristen ______________________________________________________________________ EDISI 159/1 MEI 2008 Daftar Isi: = Pengantar: Konseling yang Jarang Ditemui = Cakrawala 1: Group -- Konseling = Cakrawala 2: Keuntungan Penanganan Kelompok = Tips: Bimbingan Kelompok = Info: Regional Counseling Workshop Indonesia Timur PENGANTAR REDAKSI ____________________________________________________ Salam sejahtera, Dalam praktik konseling, ada berbagai jenis konseling yang bisa diterapkan, tergantung dari keadaan, tempat, dan kepentingannya. Ada konseling yang diperuntukkan bagi siswa sekolah yang tentu saja juga dilakukan di sekolah. Ada konseling pranikah bagi pasangan yang akan menikah, ada konseling untuk keluarga, dan ada pula konseling yang dilakukan secara bersama-sama dalam satu kelompok. Mungkin jenis yang terakhir ini jarang kita temui, namun konseling ini juga memberi dampak yang besar bagi konseli yang terlibat di dalamnya. Konseli yang terlibat dalam konseling kelompok ini pada umumnya memiliki tujuan dan permasalahan yang hampir sama pula. Lalu bagaimana konseling dalam kelompok ini bisa berjalan? Apakah setiap orang yang terlibat di dalamnya bisa dipercaya dalam memegang rahasia orang lain dalam kelompok ini? Bagaimana pula konselor menjalankan tugasnya dalam konseling kelompok ini? Simak artikel-artikel e-Konsel kali ini untuk mengenal konseling dalam kelompok. Selamat membaca, semoga menambah wawasan kita semua! Pimpinan Redaksi e-Konsel, Christiana Ratri Yuliani CAKRAWALA 1 __________________________________________________________ GROUP -- KONSELING Pada masa hidup Tuhan Yesus, Ia telah sempat berbicara dengan banyak orang mengenai kebutuhan dan persoalan-persoalan mereka. Sering kali dalam konseling-Nya, Ia melibatkan beberapa orang sekaligus. Ingat akan pertemuan-Nya dengan dua orang dalam perjalanan-Nya ke Emaus; akan pembicaraan-Nya dengan Petrus, Yakobus, dan Yohanes; akan diskusi-diskusi yang menyangkut kedua belas murid-Nya. Dalam jemaat yang mula-mula, orang-orang bertemu dalam kelompok-kelompok untuk belajar, bersekutu, merayakan perjamuan kudus, dan berdoa. Orang-orang percaya membagikan apa yang mereka punya, berbakti, makan bersama, dan memuji-muji Allah bersama pula (Kis. 2:42-47). Tentu saja dalam persekutuan-persekutuan itu mereka membicarakan persoalan-persoalan mereka dan kemudian saling tolong-menolong dengan tiap kebutuhan mereka. Dalam abad-abad yang kemudian, jemaat Metodis yang mula-mula pun selalu mulai dengan grup-grup kecil, bahkan gereja-gereja belakangan ini pun mulai lagi membagi jemaatnya dalam kelompok-kelompok kecil yang bertemu untuk membagikan pengalaman masing-masing, bersaksi, berdoa (Yak. 5:16), dan memelajari firman Tuhan bersama. Konselor-konselor Kristen menemukan bahwa ada keunikannya sendiri membimbing orang dalam grup -- termasuk kelompok keluarga. Dengan mengadakan pertemuan dengan beberapa konseli sekaligus, seorang pemimpin dapat menyediakan tempat untuk kerja sama dalam membagikan perasaannya secara jujur, saling belajar dari pengalaman orang lain, saling mendukung, menasihati, dan menolong satu terhadap yang lain. Kadang ada kelompok-kelompok yang terbentuk tanpa bimbingan konselor, yaitu melalui kelompok PA, aktivitas bersama, kelompok doa, dan kegiatan-kegiatan gereja lainnya, di mana terbuka kesempatan-kesempatan untuk saling membagikan pengalaman, kebutuhan, dan perhatian satu terhadap yang lain. Dapatkah seorang konselor Kristen membentuk kelompok untuk tujuan konseling? Jawabannya tentu saja bergantung kepada orang-orang yang terlibat dalam kelompok itu dan masyarakat di mana mereka tinggal. Kelompok "Alcoholic Anonymus" misalnya, adalah grup konseling yang sangat berhasil hampir di seluruh dunia, dan ini terjadi oleh karena tiap partisipan tidak takut untuk memberi dan menerima pertolongan, dan mereka berani mengakui secara terus terang bahwa mereka memunyai masalah dengan alkohol. Pengakuan secara terbuka tidak mudah bagi kebanyakan orang, terutama jika mereka tergabung dalam jemaat yang kecil atau tinggal di masyarakat di mana satu dengan yang lain saling mengenal. Seandainya tiap orang dapat mengatasi kesulitannya untuk mengeluarkan isi hati, sebetulnya banyak orang dapat belajar dari sesamanya yang memunyai pengalaman sejenis. Misalnya, seorang psikolog yang kreatif di suatu kota besar membentuk program khusus untuk janda-janda yang tidak memunyai teman atau keluarga dekat untuk dapat saling mendukung dan tolong-menolong. Begitu juga Anda, dapat membentuk sesuatu yang mirip untuk menolong orang-orang di jemaat atau di lingkungan sekitar Anda. Jika Anda ingin memulai suatu grup konseling, Anda dapat memberikan undangan melalui mimbar atau warta gereja, tetapi biasanya orang lebih tertarik bila mendapat undangan secara khusus dan pribadi. Jika kelompok ini sudah terbentuk, mulailah dengan masing-masing memerkenalkan diri, latar belakangnya, keluarga, data-data pribadi yang lain, namun sebaiknya jangan dipaksa. Perlahan-lahan tiap anggota grup dianjurkan untuk mengemukakan masalah yang mereka hadapi. Tanggung jawab konselor adalah untuk menstimulasi diskusi dan sesekali menyimpulkan apa yang telah dibicarakan dan memberikan pengarahan supaya pembicaraan tidak melangkah terlalu jauh dari topik. Berbagi (sharing) seperti ini, yang diikuti dengan persekutuan doa, akan banyak sekali menolong. Sukses tidaknya grup konseling tergantung kepada partisipasi anggota-anggotanya. Bila mereka rela "memikul pergumulan satu dengan yang lain" (Galatia 6:2), grup konseling dapat memerkaya pengalaman, bahkan dapat menolong tiap anggota-anggotanya. Bila anggota-anggota grup menutup diri, terpaksa harus dilanjutkan dengan konseling pribadi. Diambil dari: Judul buku: Pengantar Pelayanan; Konseling Kristen yang Efektif Penulis: Dr. Gary R. Collins Penerjemah: Esther Susabda Penerbit: Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang 1998 Halaman: 59 -- 61 CAKRAWALA 2 __________________________________________________________ KEUNTUNGAN PENANGANAN KELOMPOK Konseling kelompok kecil sangat efektif dalam menangani masalah psikologis seperti halnya masalah antarpribadi. Masalah antarpribadi telah menjadi fokus utama terapi kelompok pada masa lalu. Misalnya, orang-orang berketerampilan sosial buruk sering terbantu melalui sesi kelompok untuk mengembangkan pola interaksi yang lebih sehat, supaya lebih bersentuhan dan membicarakan masalah sambil saling memberi dorongan. Untuk pengembangan hubungan antarpribadi semacam itu, kelompok kecil berfungsi sebagai laboratorium atau lokakarya keterampilan kelompok yang efektif. Masalah psikologis bisa ditangani pada saat yang bersamaan dengan masalah antarpribadi. Harry Stack Sullivan dan pencetus teori hubungan antarpribadi lainnya menunjukkan bahwa pada saat orang-orang menyatakan dirinya dalam hubungan sosial, mereka juga mencerminkan dinamika yang mendasari fungsi internal mereka. Karena itu, orang-orang lebih mudah mengungkapkan masalah yang terjadi dalam diri mereka sendiri dalam situasi kelompok kecil. Pada saat mereka menangani masalah tersebut dalam situasi antarpribadi yang menerima dan mendukung, mereka berkembang menjadi pribadi yang semakin utuh sementara mereka mengembangkan dinamika antarpribadi yang sehat. Alasan penting untuk mempertimbangkan pendekatan konseling kelompok adalah efisiensi. Melalui konseling tradisional, satu orang dilayani satu konselor, dua puluh orang yang membutuhkan kontak akan memerlukan dua puluh pertemuan. Mungkin separo dari jumlah penduduk yang berusia antara 20 -- 30 tahun sedang mengalami stres psikologis yang berat. Dengan begitu banyaknya permintaan konseling profesional, pilihan satu orang dilayani satu konselor tidak realistis untuk setiap pertemuan. Format konseling kelompok dengan satu pemimpin atau fasilitator untuk enam sampai delapan peserta merupakan pelayanan yang cukup fleksibel dan memberi kesempatan kepada lebih banyak orang untuk mendapatkan konseling. Dalam situasi kelompok, orang-orang diperhadapkan dengan banyak stimulasi atau opsi baru untuk perilaku mereka. Jika respons tersebut dilakukan dalam kelompok, hal itu bisa diteguhkan sehingga mereka memunyai kemungkinan yang lebih besar untuk mencapai perilaku yang baru. Enam sampai delapan model perilaku yang ditawarkan oleh anggota kelompok membuat perilaku baru lebih mudah disatukan ke dalam gaya hidup seseorang. Jadi, meskipun situasi satu lawan satu lebih menjamin kerahasiaan, situasi kelompok menyediakan model perilaku baru yang lebih baik untuk ditiru seseorang dalam hidupnya sendiri. Kelompok kecil juga menawarkan keuntungan sentuhan perasaan terharu. Dalam budaya Barat, pentingnya emosi atau perasaan sudah begitu diabaikan. Laki-laki dalam budaya kita didorong untuk menyangkal perasaan mereka dan dihimbau untuk menyalurkan hal itu ke "saluran yang lebih produktif". Perempuan didorong untuk tidak jujur atau tulus dengan emosi mereka, dan hal itu sering kali menuntun pada keadaan histeris atau pelepasan emosi yang tidak sesuai. Karena tidak punya pengalaman dengan ungkapan perasaan yang sesuai, seseorang mengalami kesulitan untuk menjalin hubungan yang intim dengan orang lain, termasuk pasangannya. Format konseling kelompok bisa mengurangi ketakutan untuk mengungkapkan emosi dan menawarkan pelatihan ulang dalam pengungkapan emosi yang lebih sesuai. Kelompok Pertemuan Pada akhir tahun 1960-an dan 1970-an, ada gerakan yang kuat untuk membentuk kelompok pertemuan, kelompok kecil yang kadang-kadang memberikan tekanan terapetik. Biasanya kelompok semacam itu, yang masih hidup di beberapa kampus, menekankan kejujuran dan hubungan yang intim dengan anggota kelompok lainnya. Kelompok yang serupa itu bisa ditemukan di banyak kota metropolitan saat ini. Apakah kelompok semacam itu menguntungkan? Kelompok itu bisa membantu orang-orang melakukan "sharing" lebih banyak, tetapi juga bisa berbahaya. Beberapa orang mungkin tidak mampu bersikap jujur. Kadang-kadang para peserta saling menyerang melalui kata-kata atau melekatkan label yang dangkal untuk anggota kelompok lainnya. Salah satu penulis teks ini terlibat dalam kelompok pertemuan selama masa kuliahnya. Semua peserta adalah orang Kristen dan hampir semua mengambil jurusan psikologi atau sosiologi. Kami bertemu sekali seminggu di apartemen profesor dan menanti-nantikan saat kami bisa saling terbuka sepenuhnya. Ada saatnya ketika seseorang mendapatkan wawasan yang baru disertai dengan ungkapan tangisan atau perasaan yang hangat. Alkitab merupakan hal utama dalam diskusi dan ikatan kasih Kristen yang kuat dirasakan setiap anggota kelompok. Salah satu anggota kelompok juga terlibat dalam kelompok pertemuan sekuler di universitas yang dekat dari tempat itu. Ia melaporkan bahwa di kelompoknya ada sikap saling melecehkan melalui kata-kata, termasuk penghinaan dan kata-kata cabul. Dari ceritanya, tujuan kelompok tampaknya adalah saling merobek yang diharapkan akan diikuti dengan perkembangan diri yang lebih realistis. Kelompok pertemuan dan kelompok lain yang serupa itu mungkin bisa bersifat positif atau negatif. Jika Anda memutuskan terlibat dalam kelompok semacam itu, pastikan untuk mengikuti panduan untuk kelompok kecil. Panduan Kelompok Kecil Sudut pandang bab ini sangat konsisten dengan penggunaan kelompok kecil untuk tujuan terapetik seperti dilakukan oleh Roger (1970). Namun, ada beberapa bahaya dalam kelompok kecil yang perlu dikenali (Back, 1972). Bahaya tersebut diminimalkan jika panduan tertentu diikuti. 1. Hindari pelabelan perilaku dan orang-orang. Pelabelan mengubah persepsi seseorang tentang orang lain dan diri mereka sendiri dan mungkin menghambat pengungkapan diri dengan jujur. 2. Buatlah partisipasi verbal sebagai kegiatan yang sukarela bagi anggota kelompok. Jangan memaksa orang lain memberi pendapat tentang satu topik tertentu. 3. Pastikan kelompok memiliki pemimpin yang baik, yang mampu bertanggung jawab jika situasi lepas kendali. 4. Jagalah kerahasiaan. Ekspresi bebas dalam kelompok harus didorong, tetapi apa yang dibahas tidak boleh keluar dari kelompok. Hal ini membutuhkan kedewasaan sikap anggota. 5. Hindari sikap mempermalukan atau menjadikan seseorang sebagai pusat perhatian. Bersikaplah ramah dalam kejujuran Anda. 6. Hanya anggota yang emosinya seimbang yang boleh dilibatkan. Orang-orang yang memiliki masalah emosional yang berat membutuhkan konseling profesional dan mungkin konseling kelompok dengan orang-orang lain yang terganggu emosinya. 7. Jagalah dasar kerohanian kelompok. Buatlah pemahaman Alkitab dan doa sebagai kegiatan rutin. Kepemimpinan Kelompok yang Efektif Pemimpin dalam situasi konseling kelompok harus menunjukkan karakteristik tertentu, yang terutama adalah sehat secara mental. Lebih disukai, pemimpin itu sendiri sudah berpengalaman dalam terapi kelompok dan terlatih dalam kepemimpinan kelompok kecil. Pemimpin harus mengambil peranan sebagai fasilitator dan memindahkan kelompok dari orientasi belajar yang terstruktur secara tradisional ke orientasi belajar melalui proses (lihat catatan di akhir artikel ini). Dalam proses belajar tradisional, peranan ditentukan dengan tepat: pemimpin adalah guru atau sumber informasi, sedang pendengar adalah murid-murid. Pemimpin dipandang sebagai penguasa yang harus dihormati dan dipandang sebagai orang yang paling ahli. Proses belajar dalam situasi seperti itu biasanya didasarkan pada sikap menghargai otoritas pemimpin, artinya, pada seberapa baik mereka menunjukkan penguasaan materi dan kemampuan mereka untuk memberikan jawaban. Sering kali pemimpin menjawab berdasarkan informasi abstrak yang tidak diperoleh dalam konteks kelompok itu. Sebagai bandingan, fasilitator seharusnya adalah pemimpin yang berorientasi pada proses, yang peranannya adalah menyediakan jaringan hubungan yang semakin berkembang sebagai hasil interaksi partisipasi. Pemimpin bisa menjadi pelajar dan pelajar bisa menjadi pemimpin. Fungsi utama pemimpin adalah mengarahkan fokus terus-menerus pada masalah yang ada, bukan yang bersifat abstrak. Pemimpin harus merumuskan masalah dan membantu merumuskan masalah, tetapi ia tidak perlu menjadi ahli. Pemimpin tidak menyediakan jawaban. Komitmen kepada kelompok dipandang sebagai komitmen pada proses belajar. Peserta mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah dan standar untuk solusi mereka sendiri. Dalam kelompok belajar melalui proses, peserta biasanya berorientasi pada keinginan untuk menyelidiki dan mengembangkan mekanisme penyelesaian masalah itu sendiri. Dalam cara belajar tradisional, di mana anggota-anggota bekerja dengan faktor eksternal dan abstrak, mereka berusaha mendapatkan informasi sebanyak mungkin dari pemimpin, yang menentukan apa yang harus mereka pelajari. Bukannya menemukan diri mereka sendiri melalui waktu yang dilewatkan dalam kelompok, peserta mengukur diri mereka sendiri dengan membandingkan dengan pemimpin yang menjadi tipe ideal, dan berorientasi untuk mencapai prestasi yang diharapkan pemimpin. Dalam format belajar tradisional, murid-murid menghadapi masalah bagaimana menyimpan dan menggunakan informasi yang disediakan oleh ahli. Mereka sering kali merasakan kebutuhan untuk menjadi sempurna dan memenuhi harapan orang yang ahli. Motivasi menjadi masalah dan murid mungkin melupakan banyak materi yang dipelajari selama sesi tradisional. Sebagian besar materi yang disampaikan di kelas, jika tidak diulang, hilang dalam waktu satu atau dua hari. Sebab itu dalam situasi belajar tradisional, murid perlu terus-menerus mengulang apa yang disampaikan orang yang ahli. "Ahli" jarang menimbang faktor kehilangan memori dan cenderung memberikan materi yang lebih abstrak daripada yang mampu disimpan atau ditumpuk orang-orang. Dalam konteks kelompok proses, peserta bekerja dengan faktor eksternal dan internal. Artinya, mereka mendefinisikan kebutuhan pendidikan mereka sendiri dan mengembangkan metode belajar mereka sendiri. Pemimpin kelompok, sebagai fasilitator, membantu memertajam definisi anggota tentang tujuan mereka sendiri. Beberapa orang yang datang untuk konseling merasa takut dan mungkin mencari pemimpin tradisional yang kuat. Penilaian terhadap anggota kelompok yang potensial mungkin membutuhkan evaluasi tentang motivasi mereka untuk menyelesaikan masalah. Makin besar motivasi mereka, makin besar kemungkinannya mereka melakukan perubahan. Prospek yang baik untuk kelompok adalah orang-orang yang berusaha mengenal diri mereka sendiri melalui pilihan yang mereka buat, hubungan yang mereka masuki, dan pengetahuan yang mereka cari. Tanggung jawab tiap-tiap orang atas pilihan pribadinya ditekankan sepanjang Alkitab. Kelompok kecil berfungsi sebagai tempat di mana tiap-tiap anggota bisa menjadi lebih bertanggung jawab atas pilihan mereka dan lebih memahami sepenuhnya mengapa mereka membuat pilihan tertentu. Peserta harus didorong untuk menetapkan standar penampilan mereka sendiri. Semakin banyak seseorang bertumbuh dalam bidang keterbukaan, komunikasi, dan partisipasi, semakin besar kemampuan mereka menyelesaikan masalah yang bisa diterapkan di luar kelompok. Catatan: Cara Belajar Tradisional Versus Melalui Proses Cara Belajar Tradisional: 1. Peranan didefinisikan dengan tepat. Pemimpin mengajar; anggota mendengar dan belajar. 2. Pemimpin adalah "otoritas". Ia harus seorang yang "ahli" dan dihormati anggota-anggotanya. Ia menyediakan semua "jawaban". Proses belajar didasarkan pada otoritas, pengetahuan, dan penguasaan isi (informasi)-nya. 3. Anggota bekerja dengan data (isi) eksternal dan abstrak yang disediakan pemimpin. Pemimpin mendefinisikan apa yang perlu dipelajari. Anggota berusaha mengenal diri sendiri dengan mengukur diri dengan tipe ideal. Mereka berorientasi ke luar dan bertindak sesuai dengan harapan orang lain. 4. Masalah utama dalam belajar melibatkan akumulasi dan penyimpanan informasi eksternal, dan pemerolehan "jawaban yang benar". Motivasi sulit, dan kesulitan mengingat merusak keefektifan. Cara Belajar Melalui Proses: 1. Peranan ditentukan oleh keterlibatan dan interaksi. Pemimpin bisa menjadi pelajar; anggota bisa menjadi guru. 2. Pemimpin membantu merumuskan masalah dan membantu mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah. Ia membantu orang lain "belajar bagaimana cara belajar". Cara belajar didasarkan pada komitmen/keterlibatan masing-masing anggota. Setiap anggota mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah secara pribadi. 3. Anggota bekerja dengan data eksternal dan internal. Anggota menentukan apa yang perlu mereka pelajari. Anggota berkonsultasi dengan pemimpin untuk mendapat bantuan. Anggota berusaha mengenal hubungan yang mereka jalin dan pengetahuan yang mereka kejar. Mereka berorientasi ke dalam dan menetapkan standar prestasi mereka sendiri. 4. Masalah utama dalam belajar melibatkan komunikasi (meningkatkan pemahaman), keterlibatan (partisipasi), dan transparansi (mudah dihubungi). Tekanannya pada pengembangan keterampilan menyelesaikan masalah, menjaga motivasi belajar, dan mendapatkan pengetahuan yang relevan. Diambil dari: Judul buku: Pengantar Psikologi dan Konseling Kristen (2) Penulis: Paul D. Meier, M.D., Frank B. Minirth, M.D., Frank B. Wichern, Ph.D., Donald E. Ratcliff, Ph.D. Penerbit: ANDI, Yogyakarta 2004 Halaman: 199 -- 203 dan 206 TIPS _________________________________________________________________ BIMBINGAN KELOMPOK Bimbingan kelompok memunyai beberapa keuntungan dibandingkan dengan metode bimbingan secara pribadi. - Banyak bimbingan penggembalaan yang dilakukan dalam suatu kelompok kecil, hasilnya lebih efektif daripada dilakukan secara pribadi. - Lebih baik waktu digunakan untuk membantu 5 -- 15 orang sekaligus daripada hanya untuk membantu seorang saja. Bimbingan kelompok ringkas dan cepat sesuai dengan kebutuhan kelompok tersebut adalah cara memerluas penginjilan dalam suatu gereja. Para pendeta yang menggunakan cara ini memunyai cara mendukung, menantang, mengasuh, dan membantu sejumlah orang berulang kali. - Metode bimbingan kelompok dapat juga digunakan untuk mendorong orang yang tidak ingin mengikuti bimbingan secara formal. - Bimbingan kelompok cenderung memperkenankan para klien saling membantu. Salah satu hal baru dalam bimbingan kelompok adalah timbulnya hubungan yang saling memberi. Hal ini berbeda dengan hubungan dalam bimbingan secara pribadi yang kebanyakan hanya menerima saja. Hal ini sesuai dengan apa yang tertulis dalam Galatia 6:2, "bertolong-tolonglah menanggung bebanmu." - Kelompok kecil adalah suatu kelompok umum untuk bimbingan pendidikan jangka pendek. Beberapa Prinsip Bimbingan Pendidikan 1. Beberapa faktor cenderung menarik anggota ke dalam suatu kelompok. 2. Anggota suatu kelompok bimbingan pendidikan tidak boleh terlalu banyak agar semua anggota dapat berpartisipasi. 3. Kehadiran pembimbing pertama kali dalam suatu pertemuan harus ringkas dan sesuai dengan kebutuhan kelompok tersebut. 4. Pembimbing menggunakan buku sebagai sumber, topik, atau ikhtisar yang luwes yang dapat dipakai dalam pertemuan untuk mengurangi kecemasan yang sedang dihadapi oleh anggota. Pemimpin kelompok bertindak sebagai instruktur. 5. Fungsi pemimpin dalam "group centered" dilukiskan sebagai seseorang yang menciptakan suasana yang hangat dan dengan teliti mengikuti apa yang diucapkan oleh setiap orang, serta mendorong timbulnya komunikasi. 6. Pemimpin boleh mengusulkan hal-hal lain yang saling memengaruhi. Misalnya, setiap orang diberi kesempatan untuk menceritakan masa kanak-kanaknya yang dapat menggambarkan latar belakang yang berbeda-beda. Setiap anggota dalam kelompok boleh memberi komentar atas apa yang telah mereka dengar. Dengan demikian, terjadilah suatu aktivitas yang hidup. Mereka juga boleh menceritakan kisah mereka dengan gerakan, seperti bersandiwara. Hal ini disebut sosio drama. 7. Pemimpin harus bersikap hati-hati terhadap kelompok, seperti halnya terhadap setiap pribadi. Timbulnya kelompok kecil merupakan suatu perkembangan yang menggembirakan dalam gereja-gereja. Diambil dari: Judul buku: Seri Diktat; Pembimbingan Penggembalaan Penulis: Pdt. Lukas Tjandra Penerbit: Seminari Alkitab Asia Tenggara, Malang, 1976 Halaman: 101 -- 102 INFO _________________________________________________________________ REGIONAL COUNSELING WORKSHOP INDONESIA TIMUR Makassar, 8 -- 10 Mei 2008 "Memperkuat Sistem Keluarga dan Gereja dengan Pelayanan Konseling" Kepedulian orang Kristen semakin besar terhadap konseling dan pentingnya mengutamakan keluarga serta keterampilan pengasuhan anak. Inilah yang kami kerjakan dan lihat dalam enam tahun terakhir. Bila dahulu orang tidak begitu antusias menghadiri seminar dan pelatihan konseling, sekarang tidak. Orang tua, pemimpin gereja, dan guru makin menyadari pentingnya keterampilan dan wawasan baru dalam mengajar di sekolah dan membangun sebuah pernikahan yang kuat dan menjadi berkat. Banyak saudara dari seratus gereja dan lembaga telah mengikuti seminar-seminar serta pelatihan konseling LK3 di 35 kota. Sementara ratusan ribu lainnya mengikuti lewat radio, TV, buku-buku konseling, dan kursus Jarak Jauh LK3. Kami mengundang Saudara yang peduli konseling dan pentingnya pengasuhan anak serta membangun keluarga yang sehat di REGIONAL COUNSELING WORKSHOP INDONESIA TIMUR, di Aula STT Jaffray Makassar, 8 -- 10 Mei 2008. Dengan tema "Memperkuat Sistem Keluarga dan Gereja dengan Pelayanan Konseling". Acara ini terselenggara berkat kerja sama Institut Konseling LK3 dan STT Jaffray Makassar. Acara ini akan dihadiri oleh saudara-saudara kita dari Sulawesi, Papua, Maluku, Kalimantan, dan sekitarnya. Pembicara: 1. Prof. Dr. Taliziduhu Ndraha (Kybernolog). 2. Prof. Yohanes Surya, Ph.D. (Rektor Univ. Multimedia Nusantara -- Kompas Gramedia) 3. Pdt. Dr. Daniel Ronda (Rektor/Ketua STT Jaffray Makassar). 4. dr. Andik Wijaya, M.Rep. Med (Seksolog, Founder YADA Institute). 5. Pdt. Martin Elvis, MA (Rohaniwan Gereja Kristus, Pakar Penanganan Anak Kecanduan Game/Internet). 6. Dra. Roswitha Ndraha (Founder LK3, Penulis Buku). 7. Julianto Simanjuntak (Ketua LK3, Direktur Program Magister Konseling STT Jaffray dan IFTKJ Jakarta). Keuntungan: Bagi dua puluh pendaftar via e-mail akan mendapatkan buku "Perlengkapan Seorang Konselor" (Buku Pegangan Konseling LK3, 500 halaman). Keuntungan lain: 1. Mendapatkan info dan bisa mengikuti tes Magister Konseling STT Jaffray (tanggal 10 Mei). 2. Diskon paket buku dan VCD konseling terbaik Julianto dan Roswitha sebesar 40%. 3. Beasiswa mengikuti Kursus Konseling Jarak Jauh (KKJJ) LK3 hingga 75% -- FREE 30 VCD KONSELING. 4. Anak para peserta FREE mengikuti pertemuan dan dialog dengan Prof. Yohanes Surya Ph.D., pada hari Sabtu, 10 Mei 2008, pukul 08.00 -- 10.00 di Aula STT Jaffray Makassar. Biaya Rp. 250.000,- (sebelum 27 April 2008) -- TERBATAS! Informasi dan Pendaftaran: - Beatrix Tumbol STT Jaffray, Jl. Gunung Merapi No. 103 Makassar Telp. 0411-324129. Fax. 0411-311766 HP: 081543388940 (Beatrix) - Budin Nurung (Ketua Pelaksana) -- 081342378461 - Ferdi Lairan -- 08194298858 - Hotline SMS JAKARTA -- 021-70555705 TEMA-TEMA RCW MAKASSAR 2008 KAMIS, 8 MEI 2008 - Pukul 09.00 -- 10.15: PLENO Mandat Pelayanan Pendidikan dan Konseling dalam Amanat Agung, dan integrasinya dengan Penginjilan (Pdt. Julianto Simanjuntak dan Pdt. Dr. Daniel Ronda). - Pukul 10.45 -- 12.15: PLENO AYAH-ANAK-CUCU: Membangun Watak Anak dan Cara Mewariskan Nilai Luhur pada Anak (Prof. Dr. Taliziduhu Ndraha dan Roswitha Ndraha). - Pukul 12.15 -- 13.15: Lunch - Pukul 13.15 -- 17.00: KAPITA SELEKTA 1 1. Kiat Memilihkan Sekolah dan Lingkungan Anak yang Memaksimalkan Perkembangan Anak (Prof. Dr. Taliziduhu Ndraha dan Pdt. Dr. Daniel Ronda). 2. Mendisiplin Anak dengan Cerita (Roswitha Ndraha). 3. "Relational and Emotional Healing" (Pdt. Julianto Simanjuntak). 4. "Spiritual Wars In Computer Games": Menangani Adiksi Game pada Anak (Pdt. Ir. Marthin Elvis). JUMAT 9 MEI 2008 - Pukul 09.00 -- 10.15: PLENO "Counseling, Coaching, and Leadership" (Pdt. Julianto Simanjuntak). - Pukul 10.45 -- 12.15: PLENO "The Advantage of Abstinence Education" (dr. Andik Wijaya, M.Rep. Med.) - Pukul 13.15 -- 16.00: KAPITA 2 1. Konseling pada Remaja yang "Sulit" (Julianto Simanjuntak). 2. "Developing Sexual Integrity": Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Seks Anak (dr. Andik Wijaya, M.Rep. Med.). 3. Seni Mendisiplin dan Membangun Kecerdasan Anak Usia 3 -- 10 Tahun (Roswitha Ndraha). 4. Karakter Guru yang Dicintai Anak-Anak (Pdt. Dr. Daniel Ronda). - Pukul 16.00 -- 17.00: OPEN HOUSE MAGISTER KONSELING STT JAFFRAY MAKASSAR - Pukul 18.30 -- 21.30: PLENO (Terbuka untuk Umum). "Sexual Behavior Transformation" (dr. Andik Wijaya, M.Rep. Med). SABTU, 10 MEI 2008 - Pukul 08.00 -- 09.30: Acara Remaja dengan Prof. Yohanes Surya, Pd.D.). Sains itu Asyik dan Menyenangkan. - Pukul 10.00 -- 11.15: PLENO "Everlasting Intimacy" (dr. Andik Wijaya, M.Rep. Med.). - Pukul 11.30 - 12.45 Memotivasi Anak Belajar Mencapai Hasil Optimal (Prof. Yohanes Surya, Ph.D.) - Pukul 12.45 -- 13.30: Lunch - Pukul 13.30 -- 15.30: Kepemimpinan "Ala Fisika" (Prof. Yohanes Surya, Ph.D.). - Pukul 16.00 -- 17.00: PENUTUPAN Bagaimana Bersikap terhadap Tantangan Global dan Perubahan dalam Masyarakat Indonesia Masa Kini (Pdt. Dr. Daniel Ronda). - Pukul 17.00 -- Selesai: TES MAGISTER KONSELING STT JAFFRAY MAKASSAR _______________________________e-KONSEL ______________________________ Pimpinan Redaksi: Christiana Ratri Yuliani Staf Redaksi: Evie Wisnubroto Penanggung Jawab Isi Dan Teknis Yayasan Lembaga SABDA INFRASTRUKTUR dan DISTRIBUTOR Sistem Network I-KAN Copyright(c) 2008 -- YLSA < http://www.ylsa.org/ > http://katalog.sabda.org/ Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati ______________________________________________________________________ Anda punya masalah/perlu konseling? atau ingin mengirimkan Informasi/artikel/bahan/sumber konseling/surat/saran/pertanyaan/dll. silakan kirim ke: <konsel(at)sabda.org> atau <owner-i-kan-konsel(at)hub.xc.org> Berlangganan: subscribe-i-kan-konsel(at)hub.xc.org Berhenti: unsubscribe-i-kan-konsel(at)hub.xc.org ARSIP: http://www.sabda.org/publikasi/e-konsel/ Situs C3I: http://c3i.sabda.org/ Network Konseling: http://www.in-christ.net/komunitas_umum/network_konseling ______________________________________________________________________
|
|
© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org |