Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://sabda.org/publikasi/e-konsel/14 |
|
e-Konsel edisi 14 (15-4-2002)
|
|
><> Edisi (014) -- 15 April 2002 <>< e-KONSEL *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* Milis Publikasi Elektronik Pelayanan Konseling Kristen *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* Daftar Isi: - Pengantar : Mengenal Gejala Penyakit Jiwa - Cakrawala : Pengenalan akan Tanda-tanda Utama dari Penyakit Jiwa - Telaga : Pola Pikir Hitam Putih ( 10A) - Bimbingan Alkitabiah : Mengatasi Ganguan Rasa Salah - Surat : Konseling untuk Remaja dan Pemuda? *REDAKSI -*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*- REDAKSI* -*- PENGANTAR DARI REDAKSI -*- Salam dalam kasih Kristus, Publikasi e-Konsel pada edisi kali ini akan memberikan uraian panjang lebar tentang "Pengenalan akan Tanda-tanda Utama dari Penyakit Jiwa" yang kami kutipkan dari buku yang ditulis oleh Dr. Yakub B. Susabda. Melalui tulisan beliau diharapkan kita, khususnya para konselor awam, dapat belajar membedakan berbagai gejala penyakit jiwa sehingga kita tidak salah dalam memberikan penilaian terhadap konselee yang sedang kita layani. Kolom TELAGA dan Bimbingan Alkitabiah menyajikan uraian mengenai penyebab/masalah kejiwaan lain yang akan melengkapi topik edisi ini. Harapan kami sajian ini dapat menambah referensi untuk mengenal, mengerti, dan menolong mereka yang mengalami masalah kejiwaan. Selamat melayani. Staf Redaksi *CAKRAWALA *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* CAKRAWALA* -*- PENGENALAN AKAN TANDA-TANDA UTAMA DARI PENYAKIT JIWA -*- Tidak ada satu manusia pun di bumi ini yang terbebas sama sekali dari kemungkinan untuk menjadi penderita gangguan kejiwaan. Dalam pemakaian "defense mechanism" misalnya, barangkali dapat dikatakan bahwa perbedaan normal dan abnormal hanya terletak pada frekuensi dan intensitas dari penggunaan defense itu. Begitu juga dengan gejala dan tanda-tanda yang abnormal pada umumnya. Hampir setiap orang yang tergolong normal pada saat-saat tertentu dan dalam kondisi hidup yang tertentu pernah menunjukkan gejala abnormal dalam sikap, cara berpikir, dan tingkah laku mereka. Oleh karena itu, hamba-hamba Tuhan sebagai konselor harus berhati- hati dalam mengenali dan mengklasifikasikan klien dalam kelompok orang-orang yang disebut penderita gangguan kejiwaan. Hal ini disebabkan oleh karena: -- Tanda-tanda dan gejala-gejala abnormal yang klien tunjukkan belum tentu gejala penyakit jiwa yang sesungguhnya sehingga harus/perlu di-refer ke dokter jiwa. -- Kita menyadari keterbatasan dan kelemahan manusiawi dokter- dokter jiwa dan petugas rumah sakit jiwa yang sering kali salah men-diagnosa klien/pasien. D.N. Rosenhan telah membuktikan hal ini dengan eksperimen- eksperimennya, yang seharusnya membuat setiap hamba Tuhan lebih waspada dan berhati-hati dalam mengirimkan pasien ke rumah sakit jiwa. ==contoh dipotong== Ini tidak berarti bahwa hamba Tuhan tidak perlu bekerja sama dengan psikiater dan rumah sakit jiwa, karena hal tersebut di atas menunjukkan kepada kelemahan manusiawi si dokter dan pihak rumah sakit jiwa dan bukan menunjukkan pada "ketidakbenaran" ilmu psikatri dan psikologi itu sendiri. Kelemahan-kelemahan manusiawi dari profesional-profesional lain justru menyadarkan hamba-hamba Tuhan betapa besar tanggung jawab mereka dalam pelayanan konseling. Untuk itu ia harus mempunyai pengenalan umum tentang gejala-gejala dan tanda-tanda utama dari penyakit jiwa. a. Beberapa gejala yang muncul secara bersamaan. ------------------------------------------------ Bagi orang yang tergolong normal, gejala abnormal biasanya muncul sebagai satu-satunya gejala, sedangkan aspek-aspek hidup lainnya tidak menunjukkan gejala abnormal. Misalnya: Oleh karena tekanan kehidupan, seorang dapat menangis meraung- raung; tetapi begitu muncul orang lain ia sadar dan tahu mengontrol ataupun mengarahkan tangisan itu pada tujuan yang rasional dan dapat diterima oleh lingkungan itu pada umumnya. Tapi lain halnya dengan penderita penyakit. Beberapa gejala abnormal muncul dan nampak secara bersamaan; ia menangis meraung- raung, tidak menyadari bagaimana pikiran orang lain terhadap tingkah lakunya dan ia mengarahkan tangisan itu pada sesuatu yang kacau dan irrasional. b. Gejala-gejala itu membuat dirinya lain daripada sebelumnya. -------------------------------------------------------------- Munculnya gejala itu membuat orang yang bersangkutan lain daripada sebelumnya. Orang-orang lain mengenali bahwa ia sesungguhnya tidak seperti itu, dan seharusnya tidak melakukan tingkah laku yang semacam itu. Misalnya: -- Bermain-main dengan kotorannya sendiri, bahkan kadang-kadang dimakannya. c. Gejala-gejala itu bertahan sampai jangka waktu yang cukup lama dan muncul terus-menerus. ----------------------------------------------------------------- Orang yang normal dapat bertingkah laku abnormal, tetapi akan segera menyadari dirinya dan cenderung untuk segera menyesuaikan diri dengan apa yang diinginkan lingkungannya. Tetapi lain halnya dengan penderita penyakit jiwa. Di samping itu penyakit jiwa juga dapat dikenali melalui gejala- gejala: 1. Physical (fisik/badani) -------------------------- Banyak sekali gejala kejiwaan (seperti misalnya, perasaan tidak aman, sedih, marah, cemas, dsb.) yang langsung dapat mempengaruhi kondisi tubuh orang yang bersangkutan. Jikalau orang tersebut kemudian menderita sakit, maka jelas penyakit itu pertama-tama disebabkan oleh keadaan kejiwaannya. Ini yang seringkali disebut sebagai 'psychosomatic' atau 'psychophysiological reaction', yaitu gangguan kejiwaan yang menggejala secara badani sebagai gangguan tubuh. Penyakit-penyakit yang biasanya (tidak selalu) tergolong 'psychosomatic reaction' antara lain: asma, sakit kepala, insomnia, radang usus besar, diarrhea, beberapa penyakit kulit seperti: eksem, gatal-gatal, borok yang tidak sembuh-sembuh, dsb. Tentu saja orang-orang dengan gejala psyhosomatis tidak begitu saja dapat digolongkan sebagai penderita sakit jiwa, meskipun gejala- gejala itu timbul oleh karena gangguan-gangguan kejiwaan. Sebagian besar dari gejala-gejala ini ada pada orang-orang yang normal, oleh karena itu meskipun memerlukan pengobatan dari dokter, mereka tidak boleh sama sekali diperlakukan sebagai pasien-pasien penyakit jiwa. 2. Psychological (jiwani) ------------------------- Penyakit dan gangguan kejiwaan biasanya juga diekspresikan secara jiwani misalnya: i. Faulty Perception (persepsi yang kacau) Manusia diperlengkapi dengan bermacam-macam indera. Jikalau rangsangan tiba, maka rangsangan itu akan diteruskan melalui sistem persyaratan ke otak. Dengan inilah orang dapat melihat, mengenali, mendengar suara, merasa panas dingin, sakit, mencium bau, dsb. Tetapi, ada kasus-kasus kejiwaan yang kadang-kadang dapat menyebabkan terganggunya proses persepsi ini sehingga orang tersebut dengan mata, hidung, telinga, lidah dan kulit yang normal ternyata mempunyai persepsi yang berbeda bahkan kacau balau. Ia bisa seolah-olah buta (psychological blindness), tidak dapat mendengar apa-apa, atau selalu mendengar suara yang orang lain tidak dengar, dan melihat penglihatan yang orang lain tidak lihat. Gangguan kejiwaan dapat menyebabkan orang merasa lampu 20 watt dalam kamar itu terlalu terang, atau suara titik air yang jatuh satu per satu dari kran sebagai suara pukulan palu di kepalanya, dsb. Dari sini kita mengenal istilah-istilah seperti: -- Ilusi, yaitu penyalahtafsiran stimulan pada indera penglihatan. Misalnya: Melihat pohon sebagai orang. -- Halusinasi, yaitu persepsi yang terjadi meskipun tidak ada stimulan yang sesungguhnya. Misalnya: - Melihat suami yang sudah meninggal, bahkan dapat berkata-kata kepadanya. - Mendengar suara-suara aneh, dsb. ii. Distorted thinking (pemikiran yang menyimpang dan kacau) Gangguan kejiwaan sering kali juga diekspresikan dalam bentuk pemikiran yang kacau dan tidak masuk akal. Misalnya: -- Si Amir yang yakin bahwa ia lahir 2000 tahun yang lalu. -- Si Ahmad yang begitu yakin bahwa di bawah tempat tidurnya ada bom waktu yang dipasang oleh anak buah Khomeini. Inilah yang disebut 'distorted thinking', yang menjadi salah satu tanda dari gangguan kejiwaan. Melihat isinya, 'distorted thinking' dapat dibagi dalam tiga golongan yaitu: -- Obession (obsesi): yaitu pemikiran yang irasional yang timbul karena dorongan dan kenangan yang tidak menyenangkan, sehingga seolah-olah ada sesuatu yang membuat dia terus-menerus berpikir, "...saya harus..." atau "pasti akan...", dsb. Misalnya: Pengalaman melihat orang yang dianiaya dalam peperangan, menyebabkan ia berpikir "pasti suatu hari saya akan mengalami hal yang serupa". Ia begitu yakin di luar rumah sudah menanti orang-orang yang akan menganiaya dia, sehingga ia terdorong untuk terus-menerus melakukan hal-hal yang irasional, seperti bersembunyi di bawah kolong, mengintip melalui lubang pintu, dsb. Pengalaman dengan orangtua yang perfectionist, membuat ia selalu merasa ada dorongan "saya harus membereskan ini", "saya harus menyelesaikan itu"; dan ini sering kali tidak masuk akal, misalnya, bangun tengah malam hanya untuk membersihkan mobil, dsb. -- Phobia: yaitu rasa takut yang irasional. Dan ini bisa berbentuk rasa takut berada dalam ruangan gelap, rasa takut pada darah, air, ular, angin, di tengah banyak orang, berada di tempat tinggi, lewat jembatan, dsb. -- Delusion (delusi): yaitu pemikiran yang irasional yang menggejala dalam bentuk munculnya keyakinan (palsu) bahwa hal itu benar-benar ia alami, atau ia dengar, atau ia lihat, dsb. Misalnya: Yakin betul bahwa ia bertemu dengan Tuhan Yesus, bahkan yakin betul bahwa ia sendiri telah diangkat menjadi rasul dan menuntut orang-orang lain mengikut dan menyembah dia. iii. Faulty Emotional Expression (Ekpresi dari emosi yang keliru) Setiap orang sudah belajar sejak kecil bagaimana mengekspresikan perasaan senang, susah, sakit, bahagia, kasih, benci, dsb. Dan umumnya orang yang normal mempunyai pengekspresian yang mirip dengan orang-orang lain. Misalnya, tertawa sebagai ekspresi dari rasa sedih. Tetapi tidak demikian halnya dengan orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan, mereka seringkali melakukan pengekspresian emosi secara keliru, dan tentunya berbeda daripada orang-orang pada umumnya. Pengekspresian emosi yang keliru ini dapat berbentuk: a. Tanpa ekspresi Penderita sakit jiwa seringkali hidup dalam dunianya sendiri, sehingga emosinya tidak tergerak oleh keadaan dan situasi di sekelilingnya. Mereka tidak tertawa atas hal-hal yang lucu dan menyenangkan, juga tidak sedih atas hal-hal yang menyedihkan. b. Elation atau Euphoria (ekspresi/gembira yang berlebih-lebihan) Penderita sakit jiwa juga sering kali mengekspresikan emosi secara berlebih-lebihan. Untuk hal yang kecil dia bisa tertawa sampai menangis. c. Depresi Pada saat-saat tertentu setiap orang bisa mengalami/merasa tidak bergairah, kecil hati dan susah, tetapi hanya untuk sementara saja. Tetapi tidak demikian halnya dengan penderita sakit jiwa. Ada kasus-kasus di mana tanpa alasan yang jelas perasaan sedih itu timbul tenggelam dan bahkan bertahan lama. Mereka memang dapat mengatakan bahwa mereka kuatir terhadap sesuatu (entah pekerjaan, keluarga, kesehatan, masa depan, dll.) tetapi sebenarnya hal-hal itu bukan penyebab utama dari kekuatiran yang berlebih-lebihan itu. Hal-hal itu hanyalah 'precipitating factor' yang menjadi gangguan kejiwaan oleh karena sudah ada 'predisposing factor' pada mereka itu. Oleh karena itu, hal-hal yang bagi orang lain cuma menimbulkan perasaan sedih yang normal dan untuk sementara, bagi mereka menjadi "depresi" dimana putus asa dan tidak bahagia yang terus-menerus. Enos D. Martin seorang psikiater menyebutkan tentang tiga jenis depresi dengan contoh-contoh praktis: -- normal grief reaction (rasa sedih sebagai reaksi yang normal atas suatu 'kehilangan') Seorang pendeta yang mendekati masa pensiun merasa sedih oleh karena munculnya perasaan 'tidak berguna dan tidak dapat dipakai lagi'. Tekanan kesedihan itu telah menimbulkan macam- macam gangguan seperti misalnya kehilangan nafsu makan, tidak bisa tidur, sakit kepala, dsb. Ternyata setelah majelis gereja menyatakan bahwa pensiun baginya cuma berarti bahwa ia tidak perlu lagi mengerjakan tugas-tugas administrasi (yang berarti bahwa ia masih boleh berkotbah, melakukan konseling, dsb.) langsung gejala-gejala kejiwaan itu lenyap. -- neurotic depression (depresi yang neurotis) Pendeta X mengalami depresi oleh karena sebagai pendeta senior ia merasa tersaing dengan munculnya pendeta muda yang dalam beberapa hal sangat dikagumi oleh jemaat. Ia tidak bisa tidur, kehilangan nafsu makan, dsb. Penghiburan dari banyak orang bahwa ia mempunyai lebih banyak kelebihan ternyata tidak menolong. Dalam kasus ini jelas bahwa kesedihannya bukan sekedar 'normal grief reaction', ia betul-betul menderita depresi dan harus mendapatkan pengobatan dari dokter. Diketemukan oleh dokter jiwa bahwa pendeta ini ternyata mempunyai 'predisposing faktor' untuk depresi, seperti misalnya, kegoncangan emosi cukup hebat pada masa kecil ketika ia sakit dan harus masuk rumah sakit, juga faktor lain bahwa semasa kecilnya ia kurang mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya. -- endogenous depression (bakat depresi yang diturunkan dari orang-tuanya) Pendeta Y mengalami depresi oleh karena usahanya untuk mendamaikan dua orang tokoh gerejanya tidak berhasil, bahkan berakibat fatal, yaitu kedua-duanya justru menyalahkan dia. Ia sekarang merasa bahwa seluruh kehidupannya termasuk pelayanannya gagal. Ia kemudian menderita insomnia (tidak dapat tidur), kehilangan nafsu seksuil, nafsu makan, tidak ada gairah lagi pada segala hobinya, sering menangis dan menjauhkan diri dari perjumpaan dengan orang lain bahkan berkali-kali mencoba untuk bunuh diri. Diketemukan pada pendeta ini, adanya 'predisposing factor' depresi yang lebih berat dari pendeta X; karena pendeta Y mempunyai bakat-bakat biologis yang diturunkan dari orangtuanya. Ibunya juga seorang penderita depresi berat. ("What is Depression", Leadership, Winter 1982, Vol. III, No. 1, pp. 82-83). d. Emotional variability (macam-macam pengekspresian emosi) Setiap orang akan mengalami naik turunnya emosi sebagai reaksi atas pengalaman-pengalaman kehidupan ini. Tetapi bagi penderita penyakit jiwa naik turunnya emosi ini tidak sesuai dengan realita yang ada. Mungkin pengalaman yang menyenangkan ini sudah terjadi beberapa hari yang lalu dan tiba-tiba ia bisa tersenyum-tersenyum bahkan tertawa-tawa tanpa dapat dikontrol oleh karena ingat akan hal itu. Sering juga diketemukan penderita penyakit jiwa yang menangis tanpa alasan untuk menangis, atau tiba-tiba marah dan menyerang orang lain tanpa sebab, dsb. e. Inappropriate affect (reaksi emosi yang tidak tepat) Sedikit berbeda dengan 'emotional variability', di sini orang yang mendapat gangguan kejiwaan biasanya memberikan reaksi emosi yang tidak cocok dengan stimulan yang ada. Misalnya: -- Menangis mendengar cerita yang lucu -- Tertawa geli melihat orang yang sedih menangis ditinggalkan kekasihnya. iv. Unusual motor activity (activitas motorik yang tidak normal) Dalam kehidupan ini kita kadang-kadang dapat melakukan aktivitas motorik yang tidak biasa, misalnya: berlari, berkata, berpikir, berbuat lebih cepat atau lebih lambat daripada biasanya. Tetapi untuk itu selalu ada alasan dan tujuan yang jelas dan disadari, dan hanya untuk sementara saja, tetapi lain halnya dengan penderita penyakit jiwa. Sering kali kita bisa mengenali adanya tanda-tanda gangguan kejiwaan melalui aktivitas motorik yang tidak normal, misalnya: a. Over activity (activitas yang berlebihan) Sebagai contoh, pasien yang berbicara terus-menerus dengan susunan kalimat yang tidak mengandung pengertian sama sekali (kacau, dan irasional). Ketidakmampuan untuk duduk tenang, terus- menerus gelisah; terkejut bahkan lari ketakutan atas suara tertentu; tangan dan kaki bahkan mata yang bergerak-gerak terus, dsb. b. Under activity (kurang aktif) Sebagai kebalikan dari 'over activity', maka gejala penyakit jiwa sering kali ditandai oleh sikap diam, tidak bergerak-gerak, seperti seolah-olah lemah badan, tidak dapat berbicara, dsb. c. Compulsive activity (aktivitas yang tidak terkendalikan) Dalam hidup ini sering kali kita merasakan adanya dorongan yang besar untuk melakukan sesuatu, tetapi sering kali oleh karena sebab-sebab tertentu hal itu belum dapat dilaksanakan. Bagi orang yang normal hal ini biasa dan ia bisa menyesuaikan diri dengan mengalihkan perhatian pada aktivitas-aktivitas yang lain. Tetapi pada penderita penyakit jiwa tidak demikian, mungkin apa yang ia ingin lakukan sendiri tidak ia sadari lagi, tetapi ia merasakan adanya dorongan yang kuat untuk melakukan sesuatu aktivitas. Dan ini diekspresikan dengan menggigit-gigit kuku terus-menerus, menggaruk-garuk kaki, mempermainkan alat kelamin, menggigit-gigit bibir, melipat-lipat tangan, menulis-nulis dengan jari, menghisap ujung baju, dsb. v. Gejala abnormal yang lain Tanda-tanda lain dari adanya gangguan kejiwaan dalam ketegori ini sering kali dapat diketemukan dalam kehidupan sehari-hari dari orang-orang yang normal. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dan tidak menyamaratakan setiap gejala sebagai abnormal atau gejala penyakit jiwa. Misalnya: -- Disorientasi; dimana seorang bisa tidak tahu di mana ia berada, siapa dirinya, hari apa sekarang, dsb. -- Withdrawal; menarik diri dari pertemuan-pertemuan dengan orang-orang lain. -- Kecurigaan yang berlebih-lebihan. -- Kepekaan yang berlebih-lebihan terhadap otoritas. -- Menyembunyikan sesuatu secara tidak normal, misal, uang disimpan di bawah tanah. -- Rangsangan dan kebutuhan seksuil yang tidak normal. -- Kekanak-kanakan, dsb. 3. Sosial --------- Biasanya yang disebut abnormal oleh karena ia menunjukkan tingkah laku, sikap, cara berpikir, yang tidak cocok dengan standar normal masyarakat atau lingkungan di mana ia hidup. Manusia adalah makhluk sosial, karena itu ia mempunyai kebutuhan-kebutuhan sosial dan ingin menjadi bagian integral dari lingkungannya. Karena itu normal jika ia selalu cenderung untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Meskipun demikian, tidak secara otomatis orang yang "tidak dapat menyesuaikan diri" dapat disebut sebagai orang yang tidak normal atau punya gejala penyakit jiwa, jikalau ia dengan sadar melakukan hal itu. Yang mungkin oleh karena ia memang tidak/belum menjadi bagian integral dari masayarakat itu. Kasus-kasus seperti misionaris konteks sosial, kita baru bisa mengenali adanya gejala abnormal, jikalau orang yang bersangkutan secara tidak sadar bertingkah laku yang tidak sesuai dengan standar normal masyarakat, yang secara integral ia sendiri menjadi bagian di dalamnya. 4. Spiritual (rohani) --------------------- Gejala-gejala penyakit jiwa dapat pula mengekspresikan diri secara spiritual, misalnya gagasan perasaan berdosa yang tidak terampunkan, fanatik, keragu-raguan yang terus-menerus, dsb. Frank Minirth mengatakan bahwa gangguan-gangguan kejiwaan bisa menggejala secara rohani: "A person with an impending psychotic break may display an intense religious preoccupation. Someone having an obsessive compulsive neurosis may struggle with a fear of having committed the unpardonable sin. Or he may fear he hasn't really trusted Christ as Savior. Emotional and physical problems manifest still another spiritual cloaks. Individuals with temporal lobe epilepsy may communicate renewed religious interest and moral piety. Those with a manic-depressive psychosis may talk in a religious jargon. People diagnosed as having schizophrenia, obsessive-compulsive, ego-alien thought, and multiple personalities are sometimes victims of demon-possession." ("Why Christians Crack-Up". Moody Monthly. Feb. 1982. p.13) -*- Sumber -*-: Judul Buku: Pastoral Konseling (1) Penulis : Dr. Yakub B. Susabda Penerbit : Yayasan Penerbit Gandum Mas, Cetakan Kesembilan, 2000 Halaman : 139 - 146 *TELAGA *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* TELAGA* "Pola pikir hitam putih" adalah pola pikir tidak sehat yang membuat orang mempunyai kecenderungan untuk mengalami problem kejiwaan, misalnya depresi. Disebut "pola pikir hitam putih" karena ia membagi pola pikir dalam dua kutub -- hitam atau putih, benar atau salah, jelek atau baik. "Pola pikir hitam putih" bisa mengganggu kestabilan jiwa seseorang dan itu tentunya akan mengganggu juga kehidupan berkeluarga. Bagaimana cara mengatasinya? Simak cuplikan diskusi TELAGA dengan Pdt. Dr. Paul Gunadi berikut ini: -*- POLA PIKIR HITAM PUTIH -*- ------- T: Ada banyak pola pikir didalam kehidupan kita sehari-hari, tetapi saya pernah mendengar ada satu bentuk pola pikir yang bisa mengganggu kestabilan jiwa seseorang dan itu dapat mengganggu kehidupan berkeluarga, baik hubungan suami-istri ataupun hubungan antara orangtua dengan anak. Apakah Bapak bisa menjelaskan masalah ini lebih jauh? J: Ada pola pikir tertentu yang tidak sehat yang membuat seseorang dapat mempunyai kecenderungan untuk mengalami problem kejiwaan, salah satunya yang mungkin bisa diidap olehnya adalah problem depresi atau masalah yang berkaitan dengan relasinya dengan orang lain. Pola pikir itu disebut "pola pikir hitam putih". Sebetulnya ini berasal dari ungkapan yang saya petik dari seorang pakar psikologi bernama David Burn dalam bukunya "New Mood Therapy". Dia menyebut pola pikir "Either or Neither" atau "All or Nothing" yang saya singkat menjadi "pola pikir hitam putih". Maksudnya begini, "pola pikir hitam putih" adalah pola pikir yang cenderung membagi dunia ini dalam dua kutub, hitam atau putih, benar atau salah, jelek atau baik, suka atau tidak suka. Padahal hidup ini tidak selalu bisa kita bagi dalam dua kutub sejelas itu. Hidup ini seperti pelangi dimana banyak warna yang terdapat di antara hitam dan putih itu, abu-abu misalnya. Nah, orang-orang yang ber-"pola pikir hitam putih" cenderung bertabrakan dengan peristiwa-peristiwa hidup yang dialaminya. Jadi memang betul "pola pikir hitam putih" bisa mengganggu bukan hanya kehidupan pribadinya tapi juga hubungannya dengan orang lain. ------- T: Kalau boleh tahu, bagaimana "pola pikir hitam putih" itu bisa terbentuk dalam diri seseorang? J: Ini biasanya bersumber dari pengalaman-pengalaman masa lampau. Ada juga yang berteori bahwa pola pikir seperti ini bisa muncul secara genetik artinya: kalau memang salah satu orangtuanya berpola pikir sangat kaku seperti itu maka ia pun akan mewarisi pola pikir yang serupa. Saya akan berikan satu contoh praktis. Misalkan seorang anak dibesarkan oleh seorang ayah yang sangat keras sekali dimana dia dituntut untuk harus memenuhi syarat si ayah sehingga dia tidak bisa berkelit, kalau berkelit dianggap dia tidak benar, dianggap salah. Jadi benar-benar tuntutan itu sangat tinggi sekali. Nah, kalau seseorang dibesarkan dalam sistem keluarga yang mempunyai tuntutan tinggi dan kaku seperti itu si anak bisa tertular akhirnya. Dia akhirnya juga membentuk tuntutan yang sama yang dia letakkan baik terhadap dirinya maupun terhadap orang lain. Dia menuntut orang juga harus memenuhi permintaannya atau syaratnya. Kalau orang tidak memenuhi syaratnya, berarti orang itu berniat untuk mengecewakannya, sebab itulah yang dialaminya waktu dia masih kecil atau waktu dalam masa pertumbuhannya. Tatkala dia gagal memenuhi permintaan si ayah misalnya, si ayah marah sekali dan menuduhnya sengaja ingin mengecewakannya. Nah akhirnya pola pikir itu atau perlakuan seperti itu membentuk pola pikirnya yang ia terapkan pada dirinya dan pada orang lain juga, bahwa orang itu harus memenuhi tuntutan, kalau tidak memenuhi tuntutan berarti memang sengaja ingin mengecewakannya. Nah, akhirnya hal itu makin menjadi bagian dari hidupnya, itu salah satu contohnya. ------- T: Memang pola pikir yang sudah terbentuk sejak dia kecil itu akan sangat-sangat sulit untuk bisa dilepaskan begitu saja kecuali kuasa dari Tuhan Yesus sendiri yang sanggup memerdekakan dia. J: Ya, sesungguhnya kerangka atau tulang belakang dari iman Kristen adalah anugerah dan anugerah itu sebetulnya adalah lawan dari hitam putih atau pola pikir seperti ini. Tuhan benar-benar memberikan kita suatu ruang gerak yang sangat lapang, Dia menerima kita apa adanya. Tuhan tidak menoleransi dosa tetapi Tuhan menerima orang yang berdosa. Jadi memang ini sesuatu yang kadangkala susah untuk kita cerna, tapi memang itulah anugerah, anugerah benar-benar menerima kita apa adanya. ------- T: Jadi satu-satunya jalan untuk penyembuhan orang yang punya pola pikir seperti itu kalau mereka itu sudah lahir baru? J: Ya itu langkah pertamanya. Meskipun saya harus juga mengakui bahwa ada orang Kristen yang sudah lahir baru pun masih membawa masalah ini, karena pengaruh latar belakang kita itu kuat terhadap diri kita sekarang ini. -*- Sumber -*-: [[Sajian kami di atas, kami ambil dari isi salah satu kaset TELAGA No. 10A, yang telah kami ringkas/sajikan dalam bentuk tulisan.]] -- Jika anda ingin mendapatkan transkrip seluruh kaset ini lewat e-mail, silakan kirim surat ke: < owner-i-kan-konsel@xc.org > -- Informasi tentang pelayanan TELAGA/Tegur Sapa Gembala Keluarga dapat anda lihat dalam kolom INFO edisi e-Konsel 03 dari URL: ==> http://www.sabda.org/publikasi/e-konsel/003/ [01 Nov 2001] *BIMBINGAN *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* ALKITABIAH* -*- MENGATASI GANGGUAN RASA SALAH -*- Pengampunan ----------- O.H. Mowrer, seorang ahli psikologi, mengatakan bahwa: "Orang yang neurotik atau orang yang menderita gangguan syaraf, menurut pengalaman pengarang, semuanya, tanpa kecuali adalah orang yang telah melakukan hal-hal yang menyebabkan ia merasa malu, tetapi ia tidak mau mengakui dan membuang sifat ketidak- dewasaannya itu, malah mencoba menyangkal, tidak mau mengakui diri bodoh, serta memendam perasaan malu, dan perasaan bersalah itu." (Learning Theory and Personality Dynamics, Ronald, N.Y.) Dengan tidak mau mengakui kegagalan-kegagalan dan menghadapi pilihan-pilihan yang salah, kita menanam benih-benih perasaan bersalah, kekhawatiran dan tindakan-tindakan yang salah lainnya dalam kepribadian kita. Alkitab selalu memperingatkan kita agar berhati-hati mengenai cara menanggulangi kesalahan-kesalahan dan kegagalan-kegagalan kita. Kitab Suci menamakan "hal-hal yang membuat kita merasa malu itu" sebagai dosa. Alkitab pun mengatakan bahwa kita tidak hanya merasa bersalah terhadap hal-hal semacam itu; bahkan kita benar-benar bersalah. Di sinilah Kitab Suci dan ahli-ahli psikologi sering bertentangan. Dalam pandangan Alkitabiah, kesalahan itu nyata, dan kesalahan itu sendiri harus ditanggulangi. Bagi psikologi yang bersifat keduniawian, perasaan-perasaan bersalah itu merupakan inti persoalan. Kesalahan itu sendiri semata-mata bersifat kultural dan relatif -- tidak obyektif dan tidak nyata. Tetapi jika pandangan Alkitab itu benar, cara pengobatan yang dicoba diterapkan oleh ahli-ahli psikologi semacam itu (mengemukakan alasan- alasan bagi kekhawatiran dan perasaan bersalah serta mencoba menghilangkannya) benar-benar akan mengobati gejalanya, tetapi bukan penyakitnya! Di sini jurang pemisah antara pandangan duniawi dan pandangan Kristus terhadap manusia sekali lagi dinyatakan dengan jelas. Jika kehidupan di dunia ini merupakan satu-satunya hal yang dipersoalkan, maka menyembuhkan gejala-gejala saja mungkin cukup. Tetapi apabila manusia dipandang sebagai pribadi-pribadi yang terus hidup, yang direncanakan untuk terus sadar akan dirinya selama-lamanya, tidaklah cukup jika menanggulangi perasaan bebas dari gejala-gejala itu hanya untuk sementara saja. Kesalahan itu sendiri harus ditanggulangi dan dihilangkan. Cara-cara Peringatan Allah Sejak Awal Mula ------------------------------------------ Perasaan bersalah serta kekhawatiran dapat pula dipandang sebagai karunia Allah bagi kita, karunia-karunia yang memperingatkan kita akan sesuatu yang salah dalam kepribadian kita. Kesalahan membiarkan kita menghayati kenyataan dosa dan mendorong kita untuk memohon pengampunan kepada Allah. Pengampunanlah yang merupakan obat utama bagi kesalahan. Melalui pengampunan, Allah menghilangkan kesalahan yang sebenarnya dan membebaskan kita dari perasaan-perasaan dan kekhawatiran- kekhawatiran yang berakar di dalamnya. Jika Allah mengampuni dosa- dosa kita, Ia melupakannya (Ibrani 10:17), dan kita pun berhak untuk melupakan juga. Bukan karena kita memendamnya, melainkan karena dosa itu sungguh-sungguh hilang. Hidup dalam Pengampunan ----------------------- Yohanes menulis kepada orang-orang Kristen, "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan." (1Yohanes 1:9) Ayat ini mengatakan bahwa kita perlu belajar mengatasi kegagalan- kegagalan kita sehari-hari dengan bersandar pada pengampunan, bukan dengan mencoba menyembunyikannya dari pandangan Allah dan diri sendiri. Jika kita mengakui kegagalan-kegagalan kita kepada Allah secara terus-terang, kita pun akan menerima janji Allah bahwa proses penyucian Allah yang menyenangkan itu akan berlangsung dalam pribadi kita. Allah akan terus membuat kita baru. Mengungkapkan frustasi-frustasi, kegagalan-kegagalan dan kesalahan kita yang dipendam mungkin membebaskan kita dari perasaan tertekan. Psikologi telah menemukan suatu cara untuk menolongnya. Namun datang dengan jujur kepada Allah dan menerima pengampunan-Nya akan menghilangkan sebab-sebab dari kesalahan serta kekhawatiran kita, serta menempatkan kita pada jalan yang mengubah kita menjadi sungguh- sungguh baru. -*- Sumber -*-: Judul Buku: Psikologi dan Alkitab Penulis : Larry Richards, Ph.D. Penerbit : Yayasan Kalam Hidup Halaman : 29 - 31 *SURAT *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*- DARI ANDA -*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* SURAT* Dari: "Darmawan T" <darmawan_t@> >Kepada ekonsel, >Terimakasih atas artikelnya, khususnya edisi mengenai menjadi >konselor bagi orang awam. Saya mengharapkan akan banyak hal >seperti ini pada edisi2 mendatang. >Saya pada saat ini melayani di dalam kelompok2 kecil para pemuda >dan remaja, yang sangat membutuhkan konselor2 untuk membantu mereka >bukan saja mengetahui tetapi sungguh2 meresapi serta menerapkan >seluruh kebenaran FT di dalam hidup mereka. >Kalau boleh apa suatu saat dapat dibawakan mengenai konseling >untuk remaja dan pemuda, khususnya mengenai pencarian jati diri, >pergaulan, dsb. >Terimakasih banyak atas segala jerih payahnya. >Tuhan yang empunya segala pelayanan memberkati saudara2 sekalian. >Terimakasih. GBU Redaksi: Terima kasih untuk suratnya. Sehubungan dengan pertanyaan anda tentang konseling bagi remaja dan pemuda, Redaksi akan memasukkannya sebagai salah satu topik yang akan kami rencanakan pada masa yang akan datang. Sedangkan tema mengenai pencarian jati diri secara umum pernah kami bahas dalam e-Konsel edisi 007. Silakan membaca arsipnya di alamat: ==> http://www.sabda.org/publikasi/e-konsel/007/ Terima kasih untuk doanya bagi pelayanan e-Konsel ini. Kami pun berdoa biarlah pelayanan anda dipakai oleh Tuhan untuk memenangkan remaja dan pemuda bagi Kristus! Selamat melayani. e-KONSEL*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*e-KONSEL STAF REDAKSI e-Konsel Yulia O., Lani M., Ka Fung PENANGGUNG JAWAB ISI dan TEKNIS Yayasan Lembaga SABDA INFRASTRUKTUR dan DISTRIBUTOR Sistem Network I-KAN Copyright(c) 2002 oleh YLSA *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* Anda punya masalah atau perlu konseling? <masalah-konsel@sabda.org> Informasi/artikel/bahan/sumber konseling/surat/saran/pertanyaan/dll. dapat dikirimkan ke alamat: <owner-i-kan-konsel@xc.org> *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-* Berlangganan: Kirim e-mail kosong ke: subscribe-i-kan-konsel@xc.org Berhenti: Kirim e-mail kosong: unsubscribe-i-kan-konsel@xc.org Sistem Lyris: http://hub.xc.org/scripts/lyris.pl?enter=i-kan-konsel ARSIP publikasi e-Konsel: http://www.sabda.org/publikasi/e-konsel/ *-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*-*
|
|
© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org |