Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://sabda.org/publikasi/e-binaanak/489 |
|
e-BinaAnak edisi 489 (30-6-2010)
|
|
___e-BinaAnak (Milis Publikasi Elektronik untuk Para Pembina Anak)____ DAFTAR ISI EDISI 489/Juni/2010 - SALAM DARI REDAKSI: Perlombaan dalam Sekolah Minggu - ARTIKEL: Metode Perlombaan untuk Mengembangkan Sekolah Minggu - TIPS: Semuanya adalah Pemenang - MUTIARA GURU - BAHAN MENGAJAR: Berbagai Permainan yang Dapat Dilombakan - WARNET PENA: Permainan dalam Sekolah Minggu: Ministry-To-Children.com ______________________________________________________________________ Korespondensi dan kontribusi bahan dapat dikirimkan ke redaksi: < binaanak(at)sabda.org> atau <owner-i-kan-binaanak(at)hub.xc.org > Bergabunglah dalam Fan Page e-BinaAnak di Facebook! Kunjungi sekarang juga: http://fb.sabda.org/binaanak ______________________________________________________________________ SALAM DARI REDAKSI PERLOMBAAN DALAM SEKOLAH MINGGU Tidak terasa kita sudah berada pada minggu terakhir bulan Juni ini. Pada minggu-minggu sebelumnya kita sudah membahas mengenai panggung boneka, musik, drama, dan permainan. Edisi e-BinaAnak kali ini membahas mengenai mengajar sekolah minggu dengan perlombaan. Perlombaan membuat anak layan Anda terlibat untuk aktif dan tanggap dengan situasi di sekitarnya. Melalui perlombaan, anak-anak juga dapat belajar untuk saling bekerja sama, bergembira, dan memupuk sportivitas. Sekolah minggu dapat menjadi tempat yang dirindukan anak-anak apabila dunia mereka diwakili di sekolah minggu. Dunia yang penuh keceriaan dan sukacita. Untuk itu, pelayan anak harus bisa menciptakan suasana semacam ini dengan tetap fokus pada tujuan utama sekolah minggu, yaitu mengajarkan firman Tuhan. Untuk itu, e-BinaAnak menyajikan artikel, tip-tip, bahan mengajar seputar perlombaan, dan situs untuk menambah referensi pelayanan Anda tentang perlombaan. Simaklah dengan baik dan dapatkan manfaat serta berkat yang sungguh indah dari Tuhan untuk sekolah minggu Anda. Selamat melayani, Tuhan memberkati! Staf Redaksi e-BinaAnak Santi Titik Lestari http://pepak.sabda.org http://fb.sabda.org/binaanak ____________________________________________________________________ "Seorang olahragawan hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara, apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga." (2 Timotius 2:5) < http://alkitab.sabda.org/?2Timotius+2:5 > ____________________________________________________________________ ARTIKEL METODE PERLOMBAAN UNTUK MENGEMBANGKAN SEKOLAH MINGGU Apakah Saudara ingin sekolah minggu Saudara berkembang? Ada bermacam-macam metode mengajar kreatif yang dapat mendorong perkembangan sekolah minggu. Salah satu teknik yang paling efektif adalah perlombaan. Seorang guru sekolah minggu bercerita tentang perlombaan yang diadakan di dalam kelasnya. Setiap anak layan yang hadir diberikan sebuah gambar lokomotif yang dibuat dari karton manila. Secarik pita yang panjang terulur dari bagian belakang lokomotif itu. Tiap Minggu sesudah itu ditambahkan sebuah gerbong lain bagi tiap teman yang dibawa anak layan itu -- misalnya gerbong batu bara, gerbong minyak, gerbong bagasi. Gerbong untuk penumpang kereta api ditambahkan pada hari Minggu terakhir dari perlombaan itu. Pada akhir perlombaan ini masing-masing anak layan menerima kereta apinya dengan jumlah gerbong sebanyak jumlah teman yang telah dibawanya. Anak layan dengan gerbong yang terbanyak menerima sebuah hadiah tambahan. Perlombaan ini dapat menggunakan gambar-gambar lain, misalnya: ikan, tupai, atau anjing. Pada gambar ikan yang besar dapat ditambahkan gambar ikan-ikan yang lebih kecil. Tiap Minggu dapat dilekatkan gambar sebuah kelapa pada pita gambar tupai. Pada gambar anjing ditambahkan tulang-tulang. Gambar-gambar ini tidak mahal bila dibuat dari karton manila dan pita. Dalam jemaat yang lain, diadakan perlombaan "meteran" (dengan memakai tongkat pengukur kain) untuk mengukur pertumbuhan sekolah minggunya. Juara dalam perlombaan itu menerima semeter kembang gula yang diikatkan pada tongkat pengukur itu. Beberapa perlombaan mendorong kaum muda untuk mengunjungi kamp remaja dan sekaligus mempromosikan sekolah minggu dengan menawarkan akan menanggung semua biaya ke kamp itu bagi anak layan yang membawa teman terbanyak. Dalam suatu perlombaan lain, pemenangnya dapat memilih hadiahnya sendiri. Hadiah bagi juara dalam suatu perlombaan lain lagi yaitu sekeranjang buah-buahan. Banyak gereja mencapai hasil yang baik dengan mengadakan perlombaan antara regu-regu. Satu regu memakai pita merah dan regu yang lain pita biru. Regu yang kalah menjamu regu yang menang, yakni di rumah makan di gereja atau pada suatu piknik. Cara ini mendorong tiap anak untuk berusaha. Beberapa gereja dapat berlomba bersama-sama untuk mencapai angka rata-rata yang lebih tinggi dari angka yang sebelumnya. Yang menang dalam perlombaan ini adalah gereja yang mencapai kemajuan terbesar dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Gereja yang kalah harus menjamu gereja yang menang. Perlombaan ini tidak hanya memperbanyak anak sekolah minggu, tetapi menciptakan perasaan harga-menghargai antargereja. Hampir setiap orang dengan sedikit kreativitas dapat membuat perlombaan yang cocok dengan tujuan pelayanannya. Suatu perlombaan membangunkan kerinduan yang kuat untuk bekerja bagi Kristus di dalam hati mereka yang ikut serta. Masing-masing memiliki perasaan berguna dan pencapaian yang jauh melebihi ganjaran yang materiil. Inginkah Anda melihat sekolah minggu Saudara berkembang? Cobalah salah satu ide mengenai perlombaan-perlombaan itu dan lihatlah hasil-hasil yang menakjubkan. Diambil dan disunting dari: Judul buku: Buku Pintar Sekolah Minggu Jilid I Penyusun: Pembina Departemen Sekolah MInggu Gereja Sidang-Sidang Jemaat Allah Penerbit: Gandum Mas, Malang 1997 Halaman: 193 ______________________________________________________________________ TIPS SEMUANYA ADALAH PEMENANG Bermain dan belajar! Anak-anak sering tidak menyadari nilai atau pelajaran dari sebuah permainan atau perlombaan. Akan tetapi, mereka sangat antusias berpartisipasi karena mereka menikmati sebuah permainan. Permainan seputar Alkitab merupakan alat yang sangat berguna untuk mengajak anak-anak menemukan, menggunakan, dan menghafalkan kebenaran ayat-ayat Alkitab dengan cara yang menyenangkan. Contoh: 1. guru sekolah minggu dapat memakai permainan mencocokkan kata-kata dalam Alkitab dengan definisinya. Permainan ini memberikan guru kesempatan untuk meminta kepada anak-anak agar menceritakan pengalaman-pengalaman mereka ketika melakukan atau tidak melakukan makna dari kata-kata tersebut, 2. guru sekolah minggu dapat menerapkan permainan ",20 Pertanyaan" tentang karakter-karakter Alkitab (murid menanyakan pertanyaan yang dijawab dengan "ya" atau "tidak" [oleh guru yang memberikan soal]). Permainan ini dapat membantu anak-anak memikirkan beragam tindakan atau kualitas dari setiap karakter, 3. guru sekolah minggu juga dapat menerapkan teka-teki Alkitab. Permainan ini memberikan banyak kesempatan bagi anak-anak untuk membahas arti dan aplikasi dari ayat-ayat tersebut. Dengan melakukan permainan Alkitab, anak dapat: 1. menemukan informasi baru, 2. membahas kebenaran Alkitab, 3. meningkatkan keahlian untuk menggunakan Alkitab dan bahan-bahan penelitian atau pendalaman Alkitab, 4. menerapkan kebenaran Alkitab, 5. menghafalkan ayat-ayat Alkitab, 6. meningkatkan keahlian anak untuk berinteraksi dalam suasana kelompok (bergiliran, bersikap adil, dan jujur). Tip-Tip Untuk Memimpin Permainan/Perlombaan 1. Jelaskanlah peraturannya dengan jelas dan mudah dimengerti. Anda akan sangat tertolong jika Anda menuliskan peraturannya. Pastikanlah Anda menjelaskan peraturan-peraturan tersebut langkah demi langkah. 2. Berikanlah "babak pemanasan". Saat kelas Anda bermain suatu permainan untuk pertama kalinya, mainkanlah permainan tersebut beberapa kali hanya untuk pemanasan. Anak-anak akan mempelajari peraturan-peraturan tersebut secara maksimal ketika memainkan permainan tersebut. 3. Pilihlah permainan-permainan yang sesuai dengan tingkat kemampuan kelas Anda. Jika Anda menyadari bahwa ada beberapa anak di kelas Anda yang tidak bisa membaca atau menulis seperti yang lain, janganlah bermain permainan yang dapat dimenangkan dengan mengandalkan kemampuan membaca atau menulis saja. Ketika bermain permainan tanya-jawab (pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab oleh para murid), sarankan kepada murid-murid Anda bahwa murid yang mendapatkan giliran bisa menjawab atau meminta anggota dari kelompoknya untuk menjawab pertanyaan tersebut. 4. Variasikanlah proses pembentukan kelompok. Biarkanlah murid-murid Anda membentuk kelompok mereka sendiri yang terdiri dari tiga atau empat anggota. Mainkan permainan itu sekali saja. Kemudian, umumkan bahwa anggota dari setiap kelompok yang memakai warna baju yang paling banyak dikenakan oleh murid-murid Anda (contohnya merah) perlu pindah ke tim lain. Kemudian mainkan permainan tersebut sekali lagi. Saat Anda mengulang proses perputaran ini, variasikan cara perputarannya agar murid-murid Anda bermain dengan anak-anak yang berbeda setiap kalinya. (t/Uly) Diterjemahkan dan disunting dari: Judul asli artikel: Everyone`s a Winner in These Games Nama buku: Sunday School Smart Pages Penyunting: Wes dan Sheryl Haystead Penerbit: Gospel Light, USA 1992 Halaman: 117 __________________________________________________________________ MUTIARA GURU "Perlombaan bukan sebatas kalah dan menang, tapi seberapa banyak pelajaran berharga yang didapat seseorang dari perlombaan itu." ______________________________________________________________________ BAHAN MENGAJAR BERBAGAI PERMAINAN YANG DAPAT DILOMBAKAN MERANGKAI GERBONG Peralatan: tidak ada. Jumlah pemain: beberapa regu. Waktu: 3 -- 5 menit. Tujuan: - memupuk dan menjalin kerja sama, - memupuk sportivitas, dan - untuk diperlombakan. Semua regu berbaris di satu sisi ruangan, dengan ketua regunya berdiri sejauh 6 meter di depan yang lain dan semuanya menghadap ke jurusan yang sama. Ketua regu ini adalah "lokomotif"nya dan yang lain adalah "gerbong"nya. Setelah permainan dimulai, "lokomotif" ini harus mundur sampai ke "gerbong" pertama dari regunya. Temannya ini menggabungkan diri dengan lokomotif dengan meletakkan tangan di pundak lokomotif, kemudian mereka berlari bersama ke ujung ruangan. Lokomotif menyentuh dinding di depannya, kemudian sambil tetap bertautan mereka kembali sambil mundur untuk menjemput gerbong berikutnya. Gerakan maju mundur ini -- tiap kali mengambil satu gerbong -- diteruskan sampai semua gerbong terangkai. Regu yang pertama menjadi kereta api lengkap dialah yang menang. BUKU BERANTING Peralatan: satu buku untuk tiap regu. Jumlah pemain: beberapa regu. Waktu: 4 -- 5 menit. Tujuan: - menumbuhkan sikap persaingan yang sehat, - membangkitkan kegembiraan, dan - dapat diperlombakan. Semua regu berbaris di salah satu sisi ruangan. Tiap ketua regu diberi sebuah buku. Ketua regu harus membawa buku itu di atas kepalanya menyeberang ruangan dan kembali. Dia sama sekali tidak boleh menyentuh buku itu dengan tangannya. Bila jatuh ia harus kembali ke tempatnya dan mengulanginya. Anggota regu yang lain bergiliran melakukan hal yang sama. Regu yang pertama selesai, itulah yang menang. Sebagai variasi bukunya dapat dijepit di antara lutut. BALON BERANTING Peralatan: satu balon untuk tiap regu dan beberapa buah untuk persediaan. Jumlah pemain: beberapa regu. Waktu: 3 -- 5 menit. Tujuan: - memupuk dan menjalin kerja sama, - memupuk daya juang, dan - dapat diperlombakan. Semua regu berbaris di satu sisi ruangan. Tiap regu diberikan satu balon. Begitu dimulai, ketua regu membawa balon dengan menggunakan kepalanya ke seberang ruang dan kembali. Bila bola jatuh, ia harus mulai lagi. Setiap anggota regu mendapat giliran, dan regu yang pertama selesai, itu yang menang. Salah satu variasi permainan ini ialah dengan cara menaruh balon itu di lantai dan anak-anak harus meniupnya menyeberang ruangan dan kembali. Diambil dan disunting seperlunya dari: Judul buku: Permainan untuk Segala Usia Penulis: A.M. Patty Penerbit: PT. BPK Gunung Mulia, Jakarta Halaman: 92 -- 95 ____________________________________________________________________ WARNET PENA PERMAINAN DALAM SEKOLAH MINGGU: MINISTRY-TO-CHILDREN.COM http://ministry-to-children.com/kids-sunday-school-games Biasanya, anak-anak sekolah minggu menanti-nantikan acara permainan dalam sekolah minggu. Acara permainan dapat sederhana dan pendek, namun tetap menyenangkan. Banyak guru yang menggunakan permainan sebagai cara agar anak-anak dapat berpartisipasi dalam kegiatan belajar Alkitab. Apakah Anda kesulitan mencari ide untuk sesi permainan dalam kegiatan belajar di sekolah minggu Anda? Halaman Kids Sunday School Games dalam situs Ministry-To-Children.com memberikan tautan sumber-sumber ide permainan maupun tautan ke situs-situs lain yang menyediakan ide-ide serupa. Beberapa ide permainan yang dapat Anda temukan dalam situs ini antara lain: permainan buah roh, permainan menghafal ayat, permainan trivia Alkitab untuk anak, dan sebagainya. (t/Davida) Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari: Judul artikel: Sunday School Games Nama situs: Ministry-To-Children.com Penulis: Tidak dicantumkan Alamat URL: http://ministry-to-children.com/kids-sunday-school-games Tanggal akses: 30 Juni 2010 _____________________________________________________________________ Anda terdaftar dengan alamat email: tatik@in-christ.net Alamat berlangganan: <subscribe-i-kan-BinaAnak(at)hub.xc.org> Alamat berhenti: <unsubscribe-i-kan-BinaAnak(at)hub.xc.org> Pertanyaan/saran/bahan: < owner-i-kan-BinaAnak(at)hub.xc.org > Arsip e-BinaAnak: http://www.sabda.org/publikasi/e-binaanak Pusat Elektronik Pelayanan Anak Kristen: http://pepak.sabda.org Kunjungi Blog SABDA di: http://blog.sabda.org Bergabunglah dalam forum diskusi pelayanan anak di In-Christ.Net di: http://www.in-christ.net/forum/?board=8.0 Bergabunglah dalam Fan Page e-BinaAnak: http://fb.sabda.org/binaanak ______________________________________________________________________ Pimpinan Redaksi: Davida Welni Dana Staf Redaksi: Tatik Wahyuningsih, Santi Titik Lestari Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA Didistribusikan melalui sistem network I-KAN Copyright (c) 2010 e-BinaAnak / YLSA -- http://www.ylsa.org Katalog SABDA: http://katalog.sabda.org Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati ______________PUBLIKASI ELEKTRONIK UNTUK PEMBINAAN GURU_______________
|
|
© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org |