Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://sabda.org/publikasi/bio-kristi/107

Bio-Kristi edisi 107 (21-1-2013)

Cyril dari Aleksandria

                           Buletin Elektronik
                    BIO-KRISTI (Biografi Kristiani)
_______________________Edisi 107, Januari 2013_______________________


Bio-Kristi -- Cyril dari Aleksandria
Edisi 107/Januari 2013

Salam sejahtera,

Mempertahankan suatu kebenaran tidaklah semudah membalik telapak 
tangan. Ada banyak hal yang harus dikorbankan, bukan hanya uang, 
pikiran, dan tenaga, melainkan juga reputasi. Inilah yang telah 
dialami oleh Cyril, seorang teolog cerdas dari Aleksandria yang tidak 
henti-hentinya mempertahankan kemurnian ajaran Kristen yang 
sesungguhnya. Melalui karya-karyanya, ia telah memberikan banyak 
kontribusi bagi perkembangan ajaran Kristen untuk generasi berikutnya. 
Cyril pun terus berjuang agar kebenaran Alkitab tidak diselewengkan. 
Pada edisi ini, selain mengupas kehidupan dan karya Cyril, Bio-Kristi 
juga menyajikan hasil diskusi komunitas Bio-Kristi tentang tokoh-tokoh 
penyesat ajaran Kristen. Selamat membaca, Tuhan Yesus memberkati.

Pemimpin Redaksi Bio-Kristi,
Doni K.
< doni(at)in-christ.net >
< http://biokristi.sabda.org/ >


"Manusia tidak sanggup untuk tidak membuat kesalahan; tetapi dari 
pelanggaran dan kesalahan yang dibuat, orang-orang bijaksana dan 
orang-orang yang baik dapat belajar memperoleh hikmat untuk masa 
depan." Plutarch -- Penulis Biografi dan Penulis Esai


                  KARYA: CYRIL DARI ALEKSANDRIA
                (375 -- 444) Bapa Gereja, Teolog
                   Dirangkum oleh: S. Setyawati

Cyril lahir di Aleksandria, Mesir, pada tahun 375. Cyril adalah teolog 
Kristen dan Uskup yang aktif dalam memperjuangkan doktrin-doktrin yang 
kompleks pada abad ke-5. Ia sangat terkenal dengan kampanyenya yang 
menentang Nestorius, Uskup Konstantinopel, yang pandangannya terhadap 
natur Kristus dideklarasikan sebagai bidah.

Cyril adalah keponakan bangsawan ternama di kota Aleksandria, 
Theofilus. Ia mendapatkan pendidikan klasik dan teologi di 
Aleksandria. Pada tahun 403, ia menemani Theofilus ke Konstantinopel 
dan tinggal di Sinode Provinsi di Konstantinopel (Synod of the Oak) 
yang dinonaktifkan oleh Yohanes Krisostomus.

Seperti pamannya, Theofilus, Cyril pun menjadi orang yang disegani di 
Aleksandria setelah kematian Theofilus pada tahun 412. Sayangnya, ia 
menghadapi masalah dengan administrasi sipil karena kesalehan yang 
diperjuangkannya dengan mati-matian. Cyril pun terlibat dalam 
kerusuhan antara pendukungnya dan pengikut dari musuhnya, Timotius. 
Cyril terlebih dulu menembakkan serangan terhadap para pengikut 
Novatian (orang-orang Kristen awal yang mengikuti ajaran anti Paus, 
memegang teguh pandangan yang menolak pendaftaran kembali atas komuni 
Lapsi -- orang-orang Kristen yang sudah dibaptis tetapi menyangkal 
iman mereka atau menunjukkan formalitas ritual korban bagi para dewa 
pagan, di bawah tekanan penganiayaan yang disetujui oleh Kaisar Desius 
- Red.), sekte yang dikeluarkan dari gereja, yang menyangkal kekuasaan 
gereja untuk membebaskan orang-orang yang telah melakukan perzinahan 
selama masa penghukuman. Cyril menutup gereja-gereja mereka dan 
mengusir orang-orang Yahudi dari kota, serta Gubernur Orestes, yang 
tidak sepaham dengannya. Pada tahun 430, Cyril menentang Nestorius, 
orang yang disegani dari Konstantinopel, yang mengkhotbahkan bahwa 
Maria bukanlah ibu dari Yesus karena Kristus adalah Allah dan bukan 
manusia. Dengan demikian, Maria seharusnya tidak disebut sebagai 
wanita yang mengandung Tuhan (Theotokos).

Sementara itu, Cyril tetap menjadi pemimpin penduduk Mesir. Dalam 
pertentangannya dengan Nestorius, Cyril menjadi aktivis politik dan 
pemimpin agama. Pertentangan tersebut bukan hanya berfokus pada 
masalah-masalah doktrin, namun juga merefleksikan ketakutan orang-
orang Mesir bahwa Konstantinopel akan menguasai mereka. Pertentangan 
agama juga melibatkan kaitan antara keilahian dan kemanusiaan dalam 
diri Yesus Kristus. Cyril menegaskan kesatuan dari keduanya dalam satu 
Pribadi. Sebaliknya, Nestorius amat menegaskan keterpisahan keduanya. 
Ia memisahkan Kristus ke dalam dua Pribadi yang sedang bermain peran 
dalam sebuah pertunjukan. Konflik pun semakin menyeruak ke permukaan 
karena keteguhan Cyril yang menyatakan bahwa Perawan Maria dapat 
disebut Theotokos (Yunani - Mengandung Tuhan) untuk menjelaskan 
kesatuan intim dari dua natur dalam wacana inkarnasi. Nestorius 
menolak untuk menerima terminologi/istilah tersebut dan perselisihan 
mereka merujuk pada Sidang Umum di Efesus pada tahun 431.

Selanjutnya, ia membujuk Paus Celestine I untuk mengadakan sidang 
sinode di Roma, yang menghukum Nestorius dan kemudian melakukan hal 
yang sama pada sinodenya sendiri di Aleksandria. Celestine mengarahkan 
Cyril untuk memberhentikan Nestorius dan pada tahun 431, Cyril 
memimpin Persidangan Umum ke-3 di Efesus. Persidangan itu dihadiri 
oleh sekitar 200 Uskup, yang mengutuk semua ajaran Nestorius dan para 
pengikutnya sebelum kedatangan Uskup Agung John dari Antiokhia dan 42 
pengikutnya yang percaya Nestorius tidak bersalah. Ketika mereka 
menyadari apa yang telah terjadi, mereka mengadakan sidang sendiri dan 
menghentikan Cyril. Kaisar Theodosius II menahan Cyril dan Nestorius, 
tetapi membebaskan Cyril bersamaan dengan kedatangan perwakilan Paus 
yang mengonfirmasi aksi Dewan menentang Nestorius dan menyatakan Cyril 
tidak bersalah atas segala tuduhan. Dua tahun kemudian, Uskup Agung 
John, mewakili Uskup Antiokhia yang moderat dan Cyril, mencapai 
kesepakatan dan bergabung dengan aksi pengutukan, dan Nestorius 
terpaksa diasingkan ke pembuangan. Walaupun begitu, perselisihan 
berlanjut dan kedamaian dalam gereja baru diperbaiki pada tahun 433, 
ketika Cyril menerima pernyataan, mewakili kompromi dengan Antiokhia, 
yang menekankan pemisahan antara dua natur dalam satu Pribadi Kristus.

Selama sisa hidupnya, Cyril menulis risalah-risalah yang 
mengklarifikasikan doktrin-doktrin Trinitas, Inkarnasi, dan hal itu 
membantu mencegah paham Nestorianisme (doktrin yang menekankan pada 
keterpisahan antara natur manusia dan keilahian Yesus) dan 
Pelagianisme (keyakinan bahwa dosa asal bukan dicemari oleh natur 
manusia dan keinginan fana itu masih bisa memilih yang baik dan yang 
jahat tanpa petunjuk ilahi) dari pengakaran jangka panjang dalam 
komunitas umat Kristen. Ia adalah seorang teolog tradisi Aleksandria 
yang paling cerdas. Ciri khas tulisannya terlihat dari ketepatan 
berpikir, penjabaran yang tepat, serta keterampilan mengemukakan 
alasan yang amat baik. Di antara tulisan-tulisannya, ada beberapa yang 
merupakan komentar-komentar terhadap Kitab Yohanes, Lukas, dan 5 Kitab 
Taurat, surat-surat tentang teologi dogmatik, dan khotbah-khotbah, 
serta surat-surat balasan untuk tulisan Julian ("Against The 
Galileans") -- sang pembelot kekaisaran Romawi dari tahun 361 -- 363, 
yang dibesarkan sebagai orang Kristen namun mengumumkan perubahan 
imannya dengan berbalik pada penyembahan berhala pada masa 
kejayaannya. Balasan ini merupakan karya apologetika Kristen kuno yang 
menentang paganisme dan juga melindungi inti-inti terpenting dari 
peninggalan-peninggalan Julian.

Sebagai penulis yang produktif, Cyril menghasilkan beberapa eksegese, 
di antaranya: "Commentaries on the Old Testament", "Thesaurus", 
"Discourse Against Arians Commentary on St. John`s Gospel", dan 
"Dialogues on the Trinity". Pada tahun 429, ketika kontroversi 
Kristologi semakin meningkat, ia menghasilkan tulisan-tulisan yang 
tidak bisa diterima oleh orang-orang yang tidak sepakat dengannya. 
Tulisan dan teologinya yang masih diaplikasikan sebagai tradisi Bapa 
Gereja dan semua aliran Ortodoks hingga kini adalah "Becoming Temples 
of God" (in Greek original and English), "Second Epistle of Cyril to 
Nestorius", "Third Epistle of Cyril to Nestorius" (containing the 
twelve anathemas), "Formula of Reunion: In Brief" (A summation of the 
reunion between Cyril and John of Antioch), "The `Formula of Reunion` 
between Cyril and John of Antioch", "Five tomes against Nestorius 
(Adversus Nestorii blasphemias)", "That Christ is One (Quod unus sit 
Christus)", "Scholia on the incarnation of the Only-Begotten (Scholia 
de incarnatione Unigeniti)", "Against Diodore of Tarsus and Theodore 
of Mopsuestia (fragments)", "Against the synousiasts (fragments)", 
"Commentary on the Gospel of Luke", "Commentary on the Gospel of 
John", dan "Against Julian the Apostate".

Setelah menjabat Uskup selama hampir 30 tahun, Cyril meninggal pada 
bulan Juni tahun 444. (t/N. Risanti)

Dirangkum dari:
1. ________. "Cyril of Alexandria". Dalam   
   http://www.ccel.org/ccel/cyril
2. ________. "". Dalam   
   http://www.britannica.com/EBchecked/topic/148691/Saint-Cyril-of-Alexandria
3. ________. "Cyril of Alexandria". Dalam 
   http://en.wikipedia.org/wiki/Cyril_of_Alexandria


      KOMUNITAS BIO-KRISTI: HATI-HATI DENGAN TOKOH PENYESAT

Bio-Kristi pernah mengangkat sebuah artikel tentang tokoh penyesat di 
dunia kekristenan. Hal ini bukan karena Bio-Kristi menyetujui 
pemikiran mereka, melainkan untuk memberikan wacana bagi pembaca Bio-
Kristi untuk mewaspadai pandangan mereka. Nah, bagaimana pendapat para 
Sahabat Bio-Kristi? Demikian pendapat mereka.

Bio-Kristi: Apakah Anda pernah mendengar tokoh sesat yang berpengaruh 
di dunia? Siapa mereka?

Komentar:
Veronica Meigha: Adolf Hitler.

Bio-Kristi: Mengapa Anda menganggap Adolf Hitler masuk dalam golongan 
tokoh sesat, Veronica?

Epafras Theofilus: Arius.

Bio-Kristi: Arius? Siapa dia, Epafras?

Veronica Meigha: Dia membunuh orang-orang yang tidak berdosa.

Epafras Theofilus: Teolog pada zaman gereja awal, yang menyangkal 
keilahian Kristus dan dikucilkan dalam konsil Nicea. Hal ini terjadi 
pada zaman konstantin Agung.

Bio-Kristi: Baiklah, definisi sesat yang Anda pikirkan seperti apa? 
Kalau membunuh orang-orang tak berdosa, saya rasa bukan sesat tetapi 
kejam dan bengis.

Veronica Meigha: Oh, I see. Berarti ini berkaitan dengan orang-orang 
yang menyangkal Kristus ya?

Bio-Kristi: Betul, Veronica. Penyesat berbicara tentang mereka yang 
menyelewengkan ajaran Alkitab.

Anda ingin memberi jawaban atas pertanyaan di atas? Silakan tuliskan 
komentar Anda di 
< http://www.facebook.com/sabdabiokristi/posts/10151092312613090 >.


     STOP PRESS 1: BERGABUNGLAH DALAM KELAS PASKAH DARI YLSA!

Apakah Anda ingin mengerti lebih dalam tentang makna Paskah?

Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org > melalui program Pendidikan 
Elektronik Studi Teologi Awam (PESTA) kembali membuka Kelas Diskusi 
PASKAH 2013. Dalam kelas diskusi ini, akan dibahas topik-topik diskusi 
seputar kematian dan kebangkitan Kristus. Pastinya setiap peserta akan 
lebih diperkaya lagi tentang makna Paskah yang sejati melalui kelas 
ini.

Diskusi akan dilangsungkan melalui milis diskusi (email) dan berjalan 
selama 1 bulan (21 Februari -- 25 Maret 2013). Anda dapat mengikuti 
kelas diskusi ini tanpa dipungut biaya apa pun (GRATIS)! Pendaftaran 
dibuka mulai 15 Januari -- 15 Februari 2013.

Segeralah mendaftarkan diri ke Admin PESTA di < kusuma(at)in-
christ.net > Kami tunggu!


           STOP PRESS 2: KUMPULAN BAHAN PASKAH DARI YLSA

Apakah Anda sedang bingung mempersiapkan acara Paskah di gereja, 
persekutuan, atau komunitas Anda? Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) < 
http://www.ylsa.org > menyediakan sejumlah sumber bahan Paskah pilihan 
dan alkitabiah untuk membantu Anda menemukan pengetahuan tentang 
Alkitab dan inspirasi untuk menyambut Paskah.

Kunjungilah situs Paskah Indonesia! Situs Paskah Indonesia < 
http://paskah.sabda.org/ > memuat segudang bahan menarik seputar 
Paskah, antara lain artikel, drama, puisi, kesaksian, dan buku. Anda 
juga bisa menyumbangkan bahan-bahan Paskah karya Anda di situs ini dan 
membagikannya kepada orang lain. Jika waktu Anda terbatas dan Anda 
membutuhkan referensi tepercaya seputar bahan Paskah, berbagai link 
dan daftar kategori di situs mini < http://paskah.co/ > akan menolong 
Anda menyeleksi bahan-bahan yang Anda butuhkan.

YLSA juga menghadirkan kisah-kisah Paskah dalam bentuk video menarik 
yang memadukan unsur teks, audio, dan grafis, yang dapat diunduh 
secara gratis di YouTube < http://youtube.com/user/sabdaalkitab >. 
Anda juga kami undang untuk berinteraksi dengan anak-anak Tuhan yang 
lain melalui "sharing" dan diskusi seputar perayaan Paskah di Facebook 
Paskah < http://fb.sabda.org/paskah >.

Paskah segera datang, jangan menunda lagi. Segeralah kunjungi keempat 
pranala kami dan dapatkan bahan-bahan Paskah dari YLSA!


Kontak: biografi(at)sabda.org
Redaksi: Doni K., Kusuma Negara, dan S. Setyawati
Berlangganan: subscribe-i-kan-bio-kristi(at)hub.xc.org
Berhenti: unsubscribe-i-kan-bio-kristi(at)hub.xc.org
Arsip: http://sabda.org/publikasi/Bio-Kristi/arsip/
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
(c) 2013 -- Yayasan Lembaga SABDA < http://ylsa.org >

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org