Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://www.sabda.org/publikasi/berita_pesta/122

Berita PESTA edisi 122 (31-8-2017)

Agustus 2017

Berita PESTA -- Edisi 122, Agustus 2017
 
SABDA PESTA
Berita PESTA -- Edisi 122, Agustus 2017

DAFTAR ISI

 
EDITORIAL

Salam damai sejahtera,

Pertama-tama, saya bersyukur kepada Tuhan untuk pelayanan PESTA yang dipercayakan Tuhan kepada Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Pelayanan PESTA tidak dimulai dengan mudah, banyak kendala yang harus dihadapi. Salah satunya adalah kesulitan mendapatkan staf yang memiliki pendidikan teologia dan sekaligus tertarik dengan pelayanan digital (komputer). Karena itu, saya secara pribadi harus terlibat langsung dan mempelajari seluk-beluk pelayanan ini untuk mendapatkan sistem pembelajaran yang bisa dijalankan dengan keterbatasan yang ada.

Tak terasa, pelayanan PESTA sudah berlangsung selama 18 tahun. Dengan berjalannya waktu, sistem pembelajaran PESTA perlahan-lahan berubah sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada. Walaupun saya sudah lama tidak lagi terlibat secara langsung, saya terus berdoa kiranya Tuhan berbelas kasih untuk mengirimkan orang-orang yang memiliki hati pelayan untuk terlibat dalam pelayanan PESTA. Puji Tuhan, Tuhan ternyata tidak hanya mengirim satu atau dua orang, tetapi banyak orang yang terlibat dalam pelayanan PESTA. Dengan kemampuan dan kerinduan hati untuk dipakai Tuhan, mereka telah membimbing dan memuridkan setiap peserta yang hadir dalam kelas PESTA sehingga mereka boleh mengenal firman dan rencana-Nya.

Hanya pujian untuk Tuhan yang patut kita naikkan karena Dialah yang memungkinkan pelayanan PESTA tetap berlangsung hingga 18 tahun. Penyertaan-Nya terus diberikan karena masih banyak orang yang Tuhan ingin jangkau supaya mereka dekat kepada-Nya dan hidup sesuai dengan panggilan-Nya. Mari kita terus bekerja sama melayani Dia sesuai dengan porsi yang Dia berikan supaya kita boleh menyenangkan hati Tuhan.

Ketua YLSA,
Yulia Oeniyati

Yulia Oeniyati
Situs PESTA

 
BERITA PESTA & POKOK DOA

1. Informasi Kelas PKS dan KRP Juli/Agustus 2017

Kelas Diskusi Juli/Agustus

Pada Juli/Agustus 2017, PESTA membuka kelas Pernikahan Kristen Sejati (PKS) dan kelas Kehidupan Rasul Paulus (KRP). Kedua kelas diskusi ini dijalankan dengan Facebook Grup. Kelas PKS diikuti oleh 17 peserta, dan salah satu topik yang didiskusikan adalah komunikasi dalam rumah tangga. Untuk kelas KRP, ada 20 peserta yang mengikuti kelas ini, dan salah satu topik diskusinya mengenai pandangan Paulus terhadap Wanita. Kami sungguh bersyukur di tengah segala aktivitas dan kesibukan para peserta, mereka tetap berusaha untuk terlibat dalam setiap topik diskusi. Dukunglah dalam doa supaya diskusi kedua kelas ini dapat berlangsung baik hingga selesai. Doakan pula agar Tuhan memampukan seluruh peserta dan moderator untuk belajar lebih dalam serta bertumbuh secara rohani dari mengikuti kelas ini.

2. Pokok Doa: Kesempatan Melayani sebagai Staf PESTA dan Moderator PESTA

Lowongan YLSA

Kami menyampaikan kepada sahabat-sahabat PESTA yang terkasih untuk dapat mengambil bagian dalam melayani Tuhan melalui pelayanan digital bersama Yayasan Lembaga SABDA. PESTA membuka kesempatan untuk mereka yang rindu melayani secara purnawaktu sebagai Staf PESTA dengan kriteria seperti yang tertera pada Brosur Lowongan YLSA dan sebagai moderator kelas PESTA dengan kriteria telah menjadi peserta PESTA dan mengikuti setidak-tidaknya lima kelas diskusi. Untuk alumni PESTA yang terbeban membantu kelas diskusi, Anda dapat membantu moderator sebagai asisten. Anda ingin melayani bersama PESTA? Silakan menghubungi Kusuma. Kiranya kesempatan ini sekaligus menjadi pokok doa bagi kita, kiranya Tuhan mengirimkan pekerja-pekerja-Nya yang siap melayani dan rindu untuk memperjuangkan pendidikan teologi bagi jemaat awam.

Terima Kasih kepada Seluruh Moderator PESTA

Terima kasih Moderator

Pada kesempatan ini, tim PESTA ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para relawan moderator PESTA yang telah melayani kelas diskusi PESTA dan turut mendorong setiap peserta untuk belajar dengan sungguh-sungguh. Kami berterima kasih kepada Ibu Linda Purnamadewi, Ibu Eveline Tay, Ibu Feronica Se, Bapak Tjuk Imansafi, Ibu Lanita Cicilia, Sdr. Dedy Yanuar, Bapak Eko S. Sulistyono, Bapak Joses Kodoh, Ibu Maria Marpaung, Bapak Indriatmo, Bapak Lawah bin Saleh, Bapak Yusak bin Gopog, Bapak Luki F. Hardian, dan Ibu Francisca Sukadana. Kami yakin bahwa pelayanan dan jerih lelah Anda selama melayani bersama PESTA tidak akan pernah sia-sia.

 
ARTIKEL: PELAYANAN DAN PENGEMBANGAN PESTA PADA 2016/2017

Ditulis oleh: Amidya

18 tahun PESTA

Melayani Tuhan melalui ladang pelayanan digital merupakan kesempatan yang berharga dan memiliki peluang yang tidak terbatas. Perkembangan teknologi, baik dalam segi media sosial, situs web, maupun ruang belajar virtual, mendorong Yayasan Lembaga SABDA untuk terus melihat peluang memuridkan jemaat Kristen awam dengan pendidikan teologi yang setia pada Alkitab. Memperlengkapi orang Kristen awam dengan pendidikan teologi akan menolong mereka semakin mengerti dan memahami panggilan hidupnya sebagai orang Kristen yang ditempatkan Tuhan dalam dunia pekerjaan di mana mereka berada. Inilah visi dari Pendidikan Eletronik Studi Teologia Awam (PESTA) yang diselenggarakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) sejak Agustus 1999. Tidak terasa, bulan ini pelayanan PESTA sudah menginjak usia yang ke-18 tahun.

Mengingat kembali rekam jejak pelayanan PESTA, tentu ada fluktuatif yang terjadi. Dimulai dari penyelenggaraan pertama kelas PESTA tahun 1998, dan sempat terhenti pada akhir 1999, kemudian dimulai lagi tahun 2000 hingga sekarang. Pergantian staf, pengembangan sarana dari mailing list (Milis) hingga kini dengan kelas media sosial Facebook Grup, dan berbagai kesulitan, baik teknis maupun yang nonteknis, Tuhan terus menyertai dan menolong. Dalam semua perjalanan pelayanan PESTA, kami percaya Tuhan akan terus membawa kami berjalan menuju visi yang Allah tunjukkan, yaitu menggenapi visi untuk memperlengkapi orang Kristen dengan pendidikan teologi berbasis digital learning abad ke-21. Selama 18 tahun pelayanan PESTA, Tuhan tidak hanya menuntun, Tuhan juga yang membuka pintu-pintu baru untuk pengembangan pelayanan PESTA. Harapan kami pada usia yang semakin dewasa, Tuhan akan memercayakan jemaat-Nya untuk didewasakan dengan pengajaran Alkitab yang bertanggung jawab. Doakan juga agar kita, baik seluruh staf PESTA maupun moderator tamu, semakin berkomitmen dan bertanggung jawab untuk menjalankan tugas masing-masing sesuai dengan porsinya.

Pengembangan Pelayanan PESTA 2016/2017

1. Situs Moodle e-Learning PESTA

e-Learning PESTA

Setelah direncanakan sejak pertengahan tahun 2016, puji Tuhan, situs e-Learning PESTA dapat diluncurkan dan siap digunakan bagi kemajuan kelas-kelas PESTA pada 2017. Situs e-Learning PESTA diharapkan dapat menjadi wadah "kelas virtual" yang lebih interaktif dan efektif bagi peserta untuk mengikut dan melakukan kegiatan-kegiatan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas PESTA. Selain itu, kami berharap semakin hari, semakin banyak generasi digital yang terdorong untuk dapat mengikuti program PESTA melalui situs ini. Anda bisa lebih mudah untuk mendaftarkan diri, yaitu dengan mengisi formulir pendaftaran yang terdapat pada kanal "Mendaftar". Peserta yang telah terdaftar akan mendapatkan email konfirmasi dan akun yang dapat digunakan untuk mengakses kelas virtual yang dibuka sesuai dengan kalender akademis PESTA. Kiranya Tuhan mengirimkan jiwa-jiwa baru untuk dimuridkan melalui pelayanan PESTA.

2. e-Sertifikat PESTA

e-Sertifikat PESTA

Bila pada tahun-tahun sebelumnya para peserta PESTA menerima sertifikat dalam versi cetak, pada awal tahun 2017, PESTA telah mengirimkan e-Sertifikat. e-Sertifikat adalah sertifikat digital yang akan dikirimkan melalui email kepada setiap peserta yang telah lulus mengikuti kelas PESTA dalam satu tahun. Tahun ini, e-Sertifikat PESTA diberikan secara perdana kepada para peserta kelas PESTA yang telah mengikuti kelas PESTA selama tahun 2016. Semoga e-Sertifikat PESTA dapat menjadi penyemangat bagi peserta untuk semakin rindu belajar firman Tuhan.

3. Brosur Cetak dan Digital PESTA

Brosur PESTA

PESTA menyediakan brosur PESTA sebagai sarana pomosi untuk memperkenalkan pelayanan PESTA. Anda dapat memperoleh brosur ini, baik dalam bentuk cetak (menghubungi Kusuma) maupun dalam versi digital, di situs PESTA. Kami berharap setiap alumni dan keluarga besar PESTA dapat berpartisipasi untuk menjadi Duta PESTA dengan memperkenalkan pelayanan PESTA kepada anggota keluarga, sahabat, rekan pelayanan, dan jemaat di masing-masing gereja Saudara. Mari kita bergandeng tangan menjaring jemaat Kristen dan generasi digital untuk bersemangat belajar firman Tuhan.

4. e-Book Modul DIK dan PKB

e-Book PKB

E-book Modul PESTA ini dibuat untuk menjawab kebutuhan peserta PESTA untuk mengakses pelajaran PESTA secara offline melalui berbagai gadget yang dimiliki tanpa dibatasi waktu dan tempat. Saat ini, sudah ada 2 modul PESTA dalam format e-book, yaitu modul DIK dan PKB. Akan segera menyusul e-book GSM dan PIR. Doakan pelaksanaan program ini, khususnya kerja sama antara tim PESTA dan tim Multimedia YLSA. Kiranya Tuhan memberi hikmat sehingga proses pengerjaan bisa cepat dan efisien.

5. Postingan Quotes PESTA melalui Instagram YLSA

Quotes PESTA

Semakin berkembangnya media sosial berbasis gambar, Yayasan Lembaga SABDA juga terus berkembang dan menjangkau para pengguna Instagram dengan postingan quotes berbasis gambar. Quotes gambar ini dibuat oleh masing-masing tim pelayanan di YLSA, salah satunya adalah PESTA. Sejak Januari 2017, PESTA secara rutin mem-posting quotes-quotes di Instragram YLSA yang bertujuan mengajak seluruh pengguna Instagram untuk mengenal lebih dalam pendidikan teologi, baik berupa doktrin, ayat, maupun kutipan dari tokoh-tokoh Kristen. Saudara ingin mendapatkan gambar=gambar quotes ini? Silakan follow akun Instagram YLSA, dapatkan postingan yang menguatkan iman kita dari PESTA dan tim pelayanan YLSA lainnya.

6. Audio Artikel Publikasi Berita PESTA

17 tahun PESTA

Memasuki tahun 2017, artikel di situs PESTA juga telah dilengkapi dengan format Audio MP3. Anda dapat mengunduhnya dengan cara mengeklik "Download Audio". Semuanya dapat Anda unduh secara gratis. Bagikanlah informasi ini kepada rekan-rekan Anda yang lain supaya menjadi berkat bagi lebih banyak orang.

Testimoni HUT 18 PESTA

1. Sdr. Rialdi Pasaribu (Bandung)

Rialdi

"Saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun untuk PESTA kiranya dapat menjadi pendidikan elektronik bagi kami orang-orang awam, supaya kami lebih dibekali dengan pengetahuan Alkitab yang benar, sehingga PESTA dapat memenangkan banyak jiwa yang rindu untuk mendalami Alkitab, mempelajari Alkitab, dan menyatakan kebenaran Kristus bagi seluruh insan di dunia. Maju terus PESTA! Tuhan Yesus memberkati."

2. Ibu Eveline Tay (Jakarta)

Eveline Tay

"Hai PESTA, selamat ulang tahun, kiranya Tuhan semakin memberkati PESTA, semakin menjadi berkat bagi orang banyak. Saya alumni PESTA sejak tahun 2014. Saya sangat bersyukur di mana saya boleh belajar lebih banyak firman Tuhan, di mana saya selalu merasa ada sesuatu yang belum saya mengerti yang harus saya gali, tetapi di PESTA saya mendapatkan banyak. Jadi, sekarang, iman kepercayaan saya kepada Tuhan yang saya sembah semakin bertumbuh dan pengenalan saya kepada Tuhan semakin banyak. Mari teman-teman yang belum bergabung, silakan datang dan bergabunglah kepada PESTA. Di sana Anda bisa mendapatkan banyak sekali bahan-bahan firman Tuhan yang selama ini kalian belum mengerti. Mari bergabung bersama, Tuhan Yesus Memberkati!"

3. Bapak Tjuk Imansafi (Solo)

Tjuk

"Di momen testimoni HUT 17 PESTA, saya Tjuk Imansafi mengucapkan Selamat Ulang Tahun bagi PESTA ke-18. Teruslah berkarya bagi kemuliaan nama Tuhan! Terima kasih untuk pelayanan PESTA yang selama ini telah menjadi berkat rohani bagi saya, memotivasi saya untuk terus belajar kebenaran firman Tuhan, bertumbuh dalam pengenalan yang lebih dalam akan Kristus, membuat saya semakin mengasihi, dan memberi kesempatan kepada saya untuk memiliki teman-teman dari berbagai kota dan latar belakang yang saling menguatkan. Tetap semangat untuk segenap pengurus, moderator, staf, dan tak lupa segenap alumni PESTA di mana pun berada, mari kita terus berkarya bagi Tuhan dan terus menjadi berkat lebih, dan lebih lagi. Tuhan Yesus memberkati."

4. Ibu Veronica binti Saimon Enyuh (Sandakan, Malaysia)

Veronica

"Selamat Ulang Tahun PESTA. Diberkatilah para ahli lembaga pengurusan (badan pendiri) PESTA karena PESTA yang telah didirikan memberikan manfaat dan peran yang besar. Bukan hanya kepada warga Indonesia, tetapi juga kepada kami yang tinggal di Malaysia. Syukur dan puji Tuhan. Semoga PESTA terus berkembang agar dapat membimbing lebih banyak umat Kristen untuk terus mengembangkan iman mereka."

 
STOP PRESS: BERKARYA MELALUI LOMBA VLOG SABDA SPACE
Stop Press! BERKARYA MELALUI LOMBA VLOG SABDA SPACE

Dalam rangka merayakan ulang tahun SABDA Space (Komunitas blogger Kristen) ke-10, tim SS mengadakan lomba vlog untuk mendorong blogger-blogger Kristen semakin kreatif dan berkreasi dalam menyampaikan ide-idenya. Kami mengajak Anda untuk terlibat dalam lomba ini. Sebelum mengikuti lomba ini, silakan menjadi anggota di komunitas blogger Kristen SABDA Space. Informasi selengkapnya bisa dibaca di http://sabdaspace.org/ulang_tahun_sabda_space_ke_10

 

Anda terdaftar dengan alamat: $subst('Recip.EmailAddr')
Anda menerima publikasi ini karena Anda berlangganan Berita PESTA.

Redaksi: Amidya dan Yulia
Kontak | Berlangganan | Berhenti | Arsip
BCA Ps. Legi Solo, No. 0790266579, a.n. Yulia Oeniyati
©, 2017 -- Yayasan Lembaga SABDA

 

 

© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org