Halaman ini adalah versi tampilan cetak (print view) dari:
http://sabda.org/publikasi/berita_pesta/42 |
|
![]() |
|
Berita PESTA edisi 42 (26-5-2010)
|
|
______________________________________________________________________ BERITA PESTA Edisi 42/Mei/2010 DAFTAR ISI EDITORIAL BERITA PESTA: 1. Penerimaan Peserta Kelas Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) -- Periode Juni/Juli 2010 2. Kelas Pengantar Perjanjian Baru (PPB) Periode Mei/Juni 2010 -- Sedang Berlangsung 3. Modul baru: Tafsiran Markus (TMR) -- Segera Diluncurkan 4. Terima Kasih untuk Tim Moderator PESTA ARTIKEL: Kristologi dalam Kitab Mazmur (Pengharapan Tentang Kristus) APPRECIATION: Selamat Ulang Tahun! KESAKSIAN: Kesaksian Peserta Kelas Paskah -- Maret 2010 POKOK DOA STOP PRESS: Situs Wanita Kristen: Wanita dalam Kristus ______________________________________________________________________ EDITORIAL Shalom, Apa kabar semua Pembaca Berita PESTA? Kami berharap semua dalam keadaan baik dan penuh dengan sukacita yang dari Tuhan saja. Pada bulan Mei 2010 ini kami kembali berbagi informasi mengenai kegiatan-kegiatan PESTA, di antaranya pendaftaran kelas DIK Juni/Juli 2010, kelas diskusi PPB Mei/Juni 2010, dan rencana pembukaan kursus lanjutan baru -- Tafsiran Markus (TMR). Selain itu, kami juga menyajikan sebuah artikel yang diharapkan dapat memperlengkapi pemahaman kita tentang penyingkapan Kristus dalam kitab Mazmur sebagai salah satu nubuatan Perjanjian Lama akan kedatangan sang Juru Selamat, Yesus Kristus. Selamat menyimak. Tuhan memberkati. Dalam kasih-Nya, Pimpinan Redaksi Berita PESTA, Desi Rianto < ryan@in-christ.net > http://pesta.sabda.org http://fb.sabda.org/pesta ______________________________________________________________________ BERITA PESTA 1. Penerimaan Peserta Kelas Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) -- Periode Juni/Juli 2010 PESTA kembali membuka kelas diskusi Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) periode Juni/Juli 2010 bagi peserta PESTA yang baru pertama kali ini bergabung di kelas PESTA. Puji Tuhan, saat ini sudah ada 24 orang peserta yang telah terdaftar dan menyelesaikan tugas tertulis. Materi utama yang dipelajari adalah tentang kejatuhan manusia, dosa, rencana keselamatan dan penebusan melalui Yesus Kristus, dan hidup baru dalam Kristus. Menurut jadwal, kelas diskusi ini akan dimulai pada tanggal 1 Juni 2010 sampai 6 Juli 2010. Setelah dibuka dengan acara perkenalan peserta, maka moderator akan memberikan topik-topik diskusi untuk peserta segera dapat memulai diskusi selama 1 bulan ke depan. Doakan agar setiap peserta disiapkan Tuhan untuk mendapat berkat rohani selama mengikuti kelas diskusi ini. ==> http://pesta.sabda.org/dik_sil 2. Kelas Pengantar Perjanjian Baru (PPB) Periode Mei/Juni 2010 -- Sedang Berlangsung Saat ini, 24 peserta sedang mengikuti kelas diskusi Pengantar Perjanjian Baru (PPB) periode Mei/Juni 2010. Dari tiga termin yang sudah berjalan, ada tiga peserta yang dicoret karena tidak ikut aktif dalam diskusi dan satu peserta yang mengundurkan diri karena kesibukan. Kami sungguh salut dengan para peserta karena meskipun mereka memiliki aktivitas keseharian yang padat, namun mereka tetap meluangkan waktu untuk belajar kebenaran firman Tuhan. Biarlah ini menjadi contoh kita semua supaya kita terus bertumbuh dalam Tuhan. Kelas diskusi masih akan berjalan 1 minggu lagi, doakan agar setiap peserta dapat saling berbagi pengetahuan dan pemahaman sehingga mereka semakin diperkaya dengan pengetahuan kebenaran firman Tuhan. Terus doakan agar para peserta mendapat kesegaran kerohanian dan semakin teguh dalam mengiring Yesus Kristus. ==> http://pesta.sabda.org/ppb_sil 3. Modul Baru: Tafsiran Markus (TMR) -- Segera Diluncurkan Modul baru PESTA Tafsiran Markus (TMR) sedang dalam proses penyelesaian. Rencana Tim PESTA adalah supaya modul TMR ini akan bisa diunduh bagi peserta yang ingin mengikuti kelas TMR pada bulan Juli 2010. Secara keseluruhan, modul TMR mempelajari dan menyoroti eksposisi sederhana Injil Markus, yang terdiri dari 16 pasal. Dengan mempelajari modul TMR, diharapkan peserta akan diperkaya dengan pemahaman pasal per pasal sehingga memahami keseluruhan Injil Markus dengan lebih baik. Dukunglah dalam doa agar proses penyelesaian modul TMR ini tepat waktu dan segera dipasang di situs PESTA Online. ==> http://www.pesta.org 4. Terima Kasih untuk Tim Moderator PESTA Pada kesempatan ini, kami ingin meluangkan waktu sejenak untuk memberikan apresiasi sebesar-besarnya untuk Tim Moderator PESTA, khususnya para alumni peserta PESTA yang telah bersedia melayani dan menolong kelancaran jalannya diskusi. Tim Moderator PESTA yang telah membantu kami adalah Ibu Naomi, Pak Eko Sulistiono, Pak Indriatmo, Pak Djuniaidi (tapi saat ini sedang tidak aktif karena kesibukan keluarga), dan Pak Roditus Mangunsaputro. Dan untuk periode berikutnya, kami juga telah mengundang Pak Martinez Meinardi untuk ikut bergabung dalam Tim Moderator PESTA. Pengurus YLSA sungguh bersyukur kepada Tuhan karena keterlibatan para anggota moderator di atas telah sangat membantu jalannya kelas-kelas diskusi PESTA yang selalu membutuhkan bantuan tenaga untuk mendampingi peserta berdiskusi. Sekali lagi, Tim PESTA mengucapkan terima kasih kepada semua anggota Tim Moderator. Biarlah segala jerih payah yang telah Anda curahkan dalam pelayanan PESTA dapat menjadi berkat bagi banyak orang. ______________________________________________________________________ ARTIKEL KRISTOLOGI DALAM KITAB MAZMUR (Pengharapan Tentang Kristus) Tradisi Yahudi dan Kristen meyakini bahwa banyak pasal-pasal dalam kitab Mazmur berbicara tentang Kristus. Pasal-pasal tersebut digolongkan dalam mazmur-mazmur mesianis (pasal 2, 16, 22, 40, 45, 49, 72, 110, dll.). Dalam mazmur-mazmur tersebut, pengharapan tentang pribadi dan karya Kristus dinyatakan. Ada penafsir (mis. T. K. Cheyne) yang berpendapat bahwa nubuatan tentang Kristus tidak terdapat dalam kitab Mazmur. Ia berkata bahwa mazmur-mazmur yang digolongkan sebagai mazmur mesianis hanyalah benar secara psikologis. Jadi, mazmur-mazmur tersebut bukanlah nubuatan kepada Kristus [l]. Jika anggapan Cheyne ini benar, maka rasul-rasul dan pemberita Injil Perjanjian Baru tidak dapat mendasarkan pandangan mereka pada kitab Mazmur. Alhasil, kutipan-kutipan mazmur dalam PB harus dibuang [2]. J.B. Payne, I.L. Jensen, E.W. Hengstenberg, dan F. Delitzsch mengakui bahwa dalam kitab Mazmur terdapat nubuatan tentang Kristus, walaupun jumlah perhitungan mereka berbeda-beda. Kesaksian Tuhan Yesus sendiri menyatakan bahwa kitab Mazmur berbicara tentang Dia (Lukas 24:44). Di samping itu, penulis-penulis PB memisahkan nubuatan-nubuatan tentang Kristus dalam Mazmur, sehingga bagi orang Kristen masa kini tinggal mencocokkannya [3]. Hal-Hal Khusus Tentang Kristologi Mazmur Kristologi dalam kitab Mazmur ditulis dalam konteks PL, sehingga Kristologi itu berbentuk nubuatan. Ada beberapa kekhususan Kristologi dalam Mazmur: Pertama, Kristologi Puisi. Kristologi dalam kitab Mazmur ditulis bukan dalam bentuk prosa seperti dalam PB, tetapi dalam bentuk puisi. Dalam puisi, pemazmur lebih bebas mengeluarkan isi hatinya daripada dalam prosa. Dalam Mazmur, segala pikiran dan perasaan Kristus dituliskan, berbeda dengan Injil yang hanya mencatat peristiwa yang terlihat [4]. Memang dalam menggunakan puisi, pemazmur berhasil mengatakan apa yang ia katakan dengan cara sedemikian rupa, sehingga dalam waktu yang sama ia menyampaikan apa yang tidak dapat dikatakan [5]. Kristologi dalam bentuk puisi mampu menggerakkan pendengar atau pembacanya untuk ikut serta dalam pengalaman Kristus. Di samping itu juga, Kristologi dalam sebuah puisi berbicara kepada kita pertama-tama bukan kepada pemikiran kita, tetapi kepada segala daya kemampuan insani kita. Puisi tersebut ingin menyentuh segala dawai insani kita untuk memuja kebenaran dan merasakan keindahannya [6]. Jadi Kristologi puisi dalam kitab Mazmur adalah kekayaan yang mahal harganya, sebab ia menyingkapkan sisi lain tentang Kristus daripada apa yang dapat kita baca dalam bentuk prosa. Kedua, Kristologi Mazmur adalah ekspresi kerinduan orang saleh PL akan kerajaan damai yang kekal. Orang-orang saleh PL mengharapkan keturunan Hawa melepaskan mereka dari penderitaan dan menegakkan kerajaan damai yang kekal (Kejadian 3:15). Hal itu masih tercermin dari pertanyaan murid-murid waktu Yesus masih di bumi, "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?" (Kisah 1:6). Dalam pengharapan seperti inilah orang-orang PL hidup. Akan tetapi dalam PL belum jelas bahwa sebenarnya terdapat tenggang waktu antara kedatangan Kristus yang pertama dan kedua. Kristus datang yang pertama kali untuk membebaskan mereka dari penjajahan dosa, dan kedatangan Kristus yang kedua akan melepaskan mereka secara total dari segala jenis penderitaan. Bagi orang-orang PL, kedatangan Kristus dilihat secara serempak, sehingga kedatangan-Nya dianggap sebagai kedatangan yang membawa damai secara jasmani dalam bentuk kerajaan damai yang kekal [7]. Dalam kondisi seperti inilah Kristologi Mazmur ditulis (mis., "... semua raja sujud menyembah kepadanya, dan segala bangsa menjadi hambanya!" (Mazmur 72:11) atau "... segala bangsa saling memberkati dengan namanya...." (Mazmur 72:17b)), sehingga pemerintahan Kristus dilihat sebagai pemerintahan untuk seluruh bumi dan pemerintahan yang penuh berkat dan kedamaian. Jadi, Kristologi dalam Mazmur terikat kepada kerinduan akan kedatangan Kristus yang memerintah mereka dalam kedamaian. Ketiga, Kristologi Mazmur memiliki relasi dengan sejarah dan posisi Daud. Kristologi dalam kitab Mazmur harus dilihat dalam relasi dengan sejarah dan posisi Daud, sebab mazmur-mazmur yang menubuatkan Kristus banyak ditulis oleh Daud dan dikumpulkan dalam zamannya. Daud sebagai raja yang terkenal di Israel seringkali menjadi prototipe Kristus (mis., "... Aku akan menumbuhkan Tunas keadilan bagi Daud. Ia akan melaksanakan keadilan dan kebenaran di negeri." (Yeremia 33:15) atau "... Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya" (Lukas 1:32)). Jadi, Kristologi Mazmur berkaitan dengan posisi Daud sebagai raja. Kekhususan Kristologi Mazmur ini tidaklah bertentangan dengan Kristologi dalam PB. Para penulis PB yang mengutip mazmur-mazmur mesianis tidak pernah meninggalkan kesan bagi kemungkinan suatu arti yang lain dari apa yang dimaksud dalam PL. Kutipan ayat-ayat berikut ini menampakkan pertalian arti yang sejajar antara PL dan PB. "... Haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud.... " (Kisah 1:16) atau "... Engkau adalah imam untuk selama-lamanya...." (dicatat dalam Ibrani 7:17 yang diambil dari Mazmur. 110:4). Jika Kristologi Mazmur bertalian erat dengan posisi Daud sebagai raja, bagaimanakah hubungan pemazmur dan para pembaca mazmur dengan nubuatan-nubuatan tersebut. Bisakah mereka mengerti arti ilahi dari mazmur-mazmur tersebut? Pertanyaan semacam ini hanya dapat dijawab sesuai dengan kesaksian Alkitab sendiri. Mazmur 16:8-11 dicatat juga oleh Petrus dalam khotbahnya pada hari Pentakosta dalam Kisah 2:25-28. Petrus sendiri menafsirkan ayat-ayat ini sebagai janji kebangkitan Kristus (bdk. ayat 22-24 dan 29-33). Dengan demikian, dapat kita katakan bahwa Petrus memiliki penglihatan yang mendalam mengenai arti nubuatan tersebut. Hal ini dapat terjadi bila Roh Kudus yang menginspirasikan pandangan bahwa pemenuhan mazmur-mazmur itu terjadi kepada Kristus. Demikian juga tujuan dari nubuatan itu dijelaskan kepada kita dalam PB sebagai kaidah penafsiran [8]. Keempat, berbeda dengan PB, maka dalam kitab Mazmur Pribadi Kristus dicatat dalam tiga bentuk kata ganti orang. Pertama, Pribadi Kristus dipakai dalam kata ganti orang ketiga (mis. Mazmur 2:11 "... ciumlah [Anak itu]...." [9] atau "... ia seperti hujan yang turun...."; (Mazmur 72:6, bdk. ayat-ayat berikutnya)). Kedua, Pribadi Kristus dipakai dalam kata ganti orang kedua ("Takhtamu kepunyaan Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya...." (Mazmur 45:7) [10] atau "Demikianlah firman TUHAN kepada tuanku [TUHAN Daud]: `Duduklah di sebelah kanan-Ku....`" (Mazmur 110:1, bdk. ayat 45). Mazmur 2:7-9 juga berbunyi, "Ia berkata kepadaku:`Anak-Ku engkau!`"). Ketiga, Pribadi Kristus dipakai dalam kata ganti orang pertama. Kasus ini terlihat dalam Mazmur 22, sehingga segala ayat-ayat di dalamnya dapat langsung diaplikasikan kepada Kristus. Misalnya, "Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku? ..." (Mazmur 22:2, bdk. ayat selanjutnya). Dalam Mazmur 16, kasus kata ganti orang pertama juga dipakai, hanya saja dalam pasal ini nubuatan ditujukan kepada Kristus dan Daud pribadi. Tentang penggenapan ganda ini, Sampey berkata bahwa hal itu terjadi karena pekerjaan dan kehadiran Roh Kudus yang menginspirasikan nubuatan tentang Kristus sekaligus menyatakan pengalaman psikologis pemazmur. Selanjutnya ia berkata bahwa kita seharusnya tidak terkejut kalau kita tidak dapat menerangkan teori ini sepenuhnya, yaitu Roh Kudus aktif memimpin pikiran nabi-nabi dan pemazmur dalam nubuatan mereka, baik dalam penderitaan Kristus juga kemuliaan yang harus mengikuti mereka [11]. Eksistensi Kristologi Mazmur Kristus yang mulia seperti yang digambarkan dalam pemerintahan teokrasi di bumi dan Kristus yang menderita adalah eksistensi Kristologi Mazmur. Mazmur pasal 2, 45, 72, dan 110 menggambarkan tentang kemuliaan Kristus dan pemerintahan-Nya. Dalam Mazmur 2:2 tercatat kalimat: "... melawan TUHAN dan yang diurapi-Nya," juga ayat 6 berbunyi: "Akulah yang telah melantik raja-Ku ...," adalah bagian yang menunjukkan bahwa yang diurapi yaitu Mesias adalah Raja. Mazmur 45:2-3 (bdk. ayat 7-8) menunjukkan bahwa takhta raja itu kekal. Ia memerintah secara universal atas semua raja (Mazmur 72:11, 19). Namanya mendatangkan berkat atas segala bangsa (Mazmur 72:17). Pekerjaan Kristus sebagai imam benar dicatat dalam Mazmur 110:4, "... Engkau adalah imam untuk selama-lamanya menurut Melkisedek." Ia juga menjadi hakim atas bangsa-bangsa (Mazmur 110:6). Tuhan sendiri akan menaklukkan musuh-musuh-Nya (Mazmur 110:1), dan memerintah dari Sion (ayat 2). Sedangkan Mazmur 16, 22, 40, dan 69 termasuk dalam kategori penderitaan Kristus, Mazmur 16 dikutip dan ditempatkan Petrus pada Kisah 2:25-28 dan Kisah 13:35 dalam konteks penjelasan akan kematian dan kebangkitan Kristus. Jadi Petrus sendiri sebagai rasul PB mengklaim nubuat pemazmur kepada pribadi dan karya Kristus. Sedangkan Mazmur 22 ditujukan sepenuhnya pada saat penyaliban Kristus dan kematian-Nya (bdk. Matius 27:35-46; Markus 15:24-34; Lukas 23:35 dan Yohanes 19:24). Tujuan penderitaan-Nya adalah agar anak-cucu-Nya beribadah kepada-Nya dan menceritakan tentang TUHAN (Mazmur 22:31). Penulis kitab Ibrani juga mencocokkan nubuatan dalam Mazmur 40:7-11 kepada Kristus sebagai kurban yang sempurna (bdk. Ibrani 10:1-10). Kristus yang dicatat dalam Mazmur 40 menunjukkan karya-Nya sebagai Imam dan sekaligus sebagai Kurban. Daud melukiskan penderitaan-Nya sebagai kurban dalam ucapan kutuk dari Mazmur 40:15-16. Selanjutnya, Mazmur 69:26 ditafsirkan Lukas dalam konteks pengkhianatan Yudas kepada Kristus. Dengan demikian, Lukas juga meyakini nubuatan dalam Mazmur ditujukan kepada Kristus. Jadi, dalam Kristologi Mazmur, kita melihat secara khusus tentang karya Kristus. Karya-Nya tersebut menjadi dasar bagi gelar-gelar pribadi-Nya yang ditulis dalam PB, seperti misalnya "Anak Manusia", "Anak Allah", dan lain sebagainya. Kesimpulan Sebagaimana kata Yesus dalam Lukas 24:44 bahwa dalam kitab Mazmur ada tertulis tentang Dia, kita menyimpulkan bahwa perkataan itu adalah benar. Sebagian nubuatan tentang Dia dalam kitab Mazmur telah digenapi pada kedatangan-Nya yang pertama; sebagian lagi, yaitu mengenai pemerintahan-Nya yang abadi, akan digenapi pada masa kedatangan-Nya yang kedua. Perlu dicatat bahwa apabila di sini kita menekankan hal-hal khusus yang menjadi ciri khas Kristologi Mazmur, hal ini tidaklah berarti bahwa Mazmur lebih tinggi dari pemberitaan Kristus yang terdapat dalam kitab-kitab yang lain. Kristologi Mazmur adalah bagian dari Kristologi Alkitab secara menyeluruh, sehingga ia menjadi bagian yang tidak terlepas dari hasil inspirasi Roh Kudus. Kristologi Mazmur merupakan kekayaan penyataan Allah karena ia menyoroti hal-hal yang tidak dilihat dalam bagian Alkitab yang lain. Kristologi Mazmur tidak bertentangan dengan Kristologi Alkitabiah, sebab apa yang dinubuatkan dalam kitab Mazmur tidak bertentangan dengan peristiwa-peristiwa dalam PL dan PB. Malahan nubuatan Kristus dalam Mazmur digenapi dalam PB dan diklaim sendiri oleh Yesus Kristus (Lukas 24:44). Catatan Kaki: [1] Bdk. T. K. Cheyne seperti dikutip oleh J. B. Payne, `Psalms` dalam Encyclopedia of Biblical Prophecy (Grand Rapids: Baker, 1989) 257. [2] Y. Hattori (Exegetical Study on The Selected Psalms in Search of The Devotional - Messages for Christian Life [diktat tidak diterbitkan; Batu: Institut Injil Indonesia, 1989] 1), mencatat 400 kutipan mazmur dalam PB, 104 di antaranya adalah kutipan langsung. [3] Bdk. J. B. Payne, "Book of Psalms" dalam The Zondervan Pictorial Encyclopedia of The Bible, M. C. Tenney (ed.) (Grand Rapids: Zondervan, 1976): 940. [4] I. L. Jensen, Jensen`s Survey of The Old Testament (Chicago: Moody, 1978) 280-281. [5] J. C. Renard, seperti dikutip M. C. Barth dan B. A. Pareira, Pembimbing Kepada Mazmur (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1984) I:48. [6] ibid. 43-44 [7] T. G. R. Boeker, "Kerajaan Allah Yang Akan Datang" dalam Teologi Perjanjian Lama (diktat tidak diterbitkan; Batu: Institut Injil Indonesia, 1990) 5. [8] Bdk. Barrows, seperti dikutip Payne, "Psalms", 262. [9] Terjemahan KJV "Kiss the Son" [Mazmur 2:12, ayat dipotong berbeda, Red.] sesuai dengan teks Ibrani. LAI menerjemahkan dengan "... ciumlah kaki-Nya...." [10] Alamat ayat ini bukan ditujukan kepada Allah Bapa atau kepada pembaca mazmur ini, tetapi ditujukan kepada Anak-Nya yaitu Mesias yang dijanjikan (bdk. R. L. Harris seperti dikutip Payne, "Book of Psalms") 941. [11] Sampey, seperti dikutip Payne, "Psalms", 261. Diambil dan disunting seperlunya dari: Judul buku: Jurnal PELITA ZAMAN, volume 7, nomor 1 (Mei 1992) Penulis: Andreas Hauw Penerbit: Yayasan Pengembangan Pelayanan Kristen Pelita Zaman, Surabaya 1992 Halaman: 99 -- 103 ______________________________________________________________________ APPRECIATION Seluruh pengurus PESTA mengucapkan "Selamat ulang tahun" kepada para alumni PESTA yang pada bulan Juni 2010 nanti akan merayakan pertambahan umurnya. Biarlah kita semakin teguh dan bergantung sepenuhnya kepada Tuhan sebagai satu-satunya pengharapan kita dalam menapaki langkah perjalanan kehidupan yang semakin berat ini. Biarlah kita terus mengucap syukur dan memandang Tuhan, jangan sampai perhatian dan pandangan kita teralihkan dari Dia. SELAMAT ULANG TAHUN! Jenny 03 Juni 1985 Junita Christine 03 Juni 1981 Lidia Nani S. 03 Juni 1941 Irving Luntungan 04 Juni 1980 Ratna Kristanty 05 Juni 1973 Lucia Indrawati 06 Juni 1962 Benny Sitorus 06 Juni 1977 James Kurniawan 08 Juni 1970 Lanny Yuniawaty 08 Juni 1981 Marino Silalahi 10 Juni 1978 Janice 11 Juni 1978 Victor Prahara 11 Juni 1985 Yuni Susana 13 Juni 1975 Elisda Limbong 14 Juni 1978 Inriaty J. 14 Juni 1970 Djuniaidi Pramono 17 Juni 1971 Lidia Titis W. 20 Juni 1985 Bangun Gultom 22 Juni 1958 Yohanes C. Rayon 22 Juni 1982 Idajanti Magdalena 25 Juni 1967 Didik Triyanto 26 Juni 1980 Nelson F. Saragih 27 Juni 1967 Feronica 29 Juni 1966 TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera. (Bilangan 6:26) < http://alkitab.sabda.org/?Bilangan+6:26 > ______________________________________________________________________ KESAKSIAN KESAKSIAN PESERTA KELAS PASKAH -- MARET 2010 Memahami Arti Paskah Sesungguhnya (Lahung Mering) Saya bersyukur kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah menyerahkan nyawa-Nya untuk menebus setiap dosa saya. Tidak ada karya terbesar di dalam hidup manusia selain pengurbanan-Nya yang sanggup menyelamatkan setiap kita. Melalui kelas Paskah ini saya banyak belajar hal yang baru dan yang tidak pernah terpikirkan, sehingga dapat membantu saya untuk memahami arti Paskah yang sebenarnya. Terima kasih para peserta diskusi Paskah 2010 dan para pembimbing yang telah memberikan wawasan baru dalam pemahaman saya. Tuhan memberkati. Firman Tuhan yang Memberi Hidup (Tony Adiel) Banyak berkat Paskah yang saya terima melalui kelas diskusi ini. Banyak hal baru yang saya terima mengenai penggalian firman Tuhan, khususnya berkaitan dengan perayaan Paskah yang berpusat pada pengurbanan Yesus Kristus. Pengurbanan-Nya yang Memberi Hidup (Suradi) Saya bersyukur telah mengikuti kelas Paskah dan mendapatkan berkat yang luar biasa. Saya lebih mengerti betapa besar pengurbanan Tuhan Yesus di kayu salib yang menggantikan manusia berdosa yang selayaknya mendapatkan hukuman dan dimurkai Allah. Amin. Memperkaya Pemahaman Saya (Asta Abraham) Kelas Paskah di PESTA memberikan dampak yang cukup luar biasa dalam mempertajam pengajaran saya mengenai Paskah. Banyak hal-hal yang baru seputar topik tentang kematian dan kebangkitan Kristus memperkaya pemahaman saya yang sebelumnya pengajaran ini belum [pernah] saya dapatkan. Belajar Mengikuti teladan-Nya (Harold Manoppo) Diskusi Paskah sangat menolong saya dalam memaknai kematian dan kebangkitan Kristus. Yesus telah rela mengosongkan diri-Nya dan mengambil rupa sebagai seorang hamba yang taat, ketaatan-Nya membawa-Nya hingga mati di kayu salib. Oleh karena kematian dan kebangkitan-Nya saya mendapatkan hidup yang kekal. Kepastian keselamatan telah saya peroleh dalam Kristus Yesus Tuhan kita. ______________________________________________________________________ POKOK DOA 1. Doakan para peserta kelas diskusi Pengantar Perjanjian Baru (PPB) yang saat ini sedang mengikuti kelas diskusi; doakan agar melalui kelas ini pengetahuan mereka tentang Perjanjian Baru bertambah dan mereka belajar mencintai firman Tuhan dengan lebih sungguh-sungguh. 2. Doakan juga untuk pembukaan kelas untuk para peserta baru kelas Dasar-Dasar Iman Kristen (DIK) yang akan dilaksanakan pada awal Juni nanti agar dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana. 3. Dukung doa untuk Tim Moderator yang senantiasa setia menolong Staf PESTA untuk mendampingi peserta berdiskusi. Semoga selain menjadi berkat, mereka pun mendapat berkat melalui pelayanan ini. 4. Dukung dalam doa juga untuk tahap penyelesaian modul baru Tafsiran Markus agar dapat selesai tepat waktu, dan dapat dipasang di situs PESTA Online. 5. Berdoa agar Tuhan senantiasa memelihara dan terus mengingatkan para alumni PESTA yang tersebar di berbagai tempat. Doakan pula supaya mereka terus setia dan senantiasa bertumbuh dan berbuah dalam Kristus. ______________________________________________________________________ STOP PRESS SITUS WANITA KRISTEN: WANITA DALAM KRISTUS < http://wanita.sabda.org > Berbahagialah Anda, para wanita Kristen Indonesia karena sebuah situs yang secara khusus ditujukan bagi Anda telah hadir, yakni situs Wanita Kristen. Situs yang diluncurkan oleh Yayasan Lembaga SABDA < http://www.ylsa.org > ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk para wanita Kristen bertemu dan berbagi berkat, baik dengan saling bertukar bahan maupun bertukar pikiran. Mari, segeralah berkunjung ke alamat situs di atas karena kami jamin wawasan dan pengetahuan Anda pasti akan bertambah luas. Apakah ada banyak bahan yang bisa dibagikan? Ya, tentu saja! Situs Wanita Kristen menyediakan artikel, renungan, kesaksian, biografi, dan tips yang mengupas berbagai topik, yang semuanya sangat berguna untuk para wanita Kristen, di antaranya topik tentang keluarga, kesehatan, konseling, pernikahan, hidup membujang, karier, kehidupan rohani, relasi, dan pengembangan diri. Selain itu, Anda juga diajak untuk saling berbagi, yakni dengan mengirimkan tulisan dan komentar, sehingga Anda pun dapat menjadi berkat bagi wanita lain. Guna menambah kreativitas Anda, silakan nikmati fasilitas sajian ayat hari ini, kata bijak, pencarian ayat, dan RSS, yang akan sayang sekali untuk dilewatkan. Nah, jangan tunda lagi! Kunjungilah dan berpartisipasilah di situs Wanita Kristen -- tempat yang tepat untuk para wanita Kristen saling menajamkan pikiran dan memperkuat iman. ______________________________________________________________________ Kontak: < owner-i-kan-berita-pesta(at)hub.xc.org > Alamat berlangganan: < subscribe-i-kan-berita-pesta(at)hub.xc.org > Alamat membatalkan: < unsubscribe-i-kan-berita-pesta(at)hub.xc.org > Arsip Berita PESTA: http://www.sabda.org/publikasi/berita_pesta Situs PESTA: http://www.pesta.org Facebook PESTA: http://fb.sabda.org/pesta Twitter PESTA: http://twitter.com/sabdapesta ______________________________________________________________________ Staf Redaksi: Desi Rianto, Yulia, dan Anik Isi dan bahan adalah tanggung jawab Yayasan Lembaga SABDA Didistribusikan melalui sistem network I-KAN Copyright(c) Berita PESTA 2009 / YLSA -- http://www.ylsa.org Katalog SABDA: http://katalog.sabda.org Rekening: BCA Pasar Legi Solo No. 0790266579 / a.n. Yulia Oeniyati ______________________________________________________________________
|
|
![]() |
|
© 1997-2016 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi dan non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org |