Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Menulis Kurikulum Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Enam Langkah Mudah untuk Membuat Rencana Mengajarkan Alkitab Penerbit-penerbit kurikulum Kristen senantiasa membutuhkan pelajaran-pelajaran sekolah minggu yang kreatif untuk penerbitan mereka. Daftar di bawah ini memberikan garis besar komponen-komponen yang utuh dari suatu rencana pelajaran yang kuat. Seseorang yang menulis kurikulum harus selalu ingat sasaran pelajarannya. Tentukan pendengar dari pelajaran tersebut. Topik dan aktivitas-aktivitas seharusnya tepat sesuai dengan usia, menarik, dan

Enam Langkah Mudah untuk Membuat Rencana Mengajarkan Alkitab

Penerbit-penerbit kurikulum Kristen senantiasa membutuhkan pelajaran-pelajaran sekolah minggu yang kreatif untuk penerbitan mereka. Daftar di bawah ini memberikan garis besar komponen-komponen yang utuh dari suatu rencana pelajaran yang kuat. Seseorang yang menulis kurikulum harus selalu ingat sasaran pelajarannya.

  1. Tentukan pendengar dari pelajaran tersebut. Topik dan aktivitas-aktivitas seharusnya tepat sesuai dengan usia, menarik, dan bermakna.

  2. Tentukan tujuan dari pelajaran tersebut. Lengkapilah kalimat berikut ini: "Murid-murid akan ...." Setiap kegiatan seharusnya dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

  3. Menentukan lamanya jam pelajaran. Sebagian besar sesi di sekolah minggu berlangsung tidak lebih dari satu jam; beberapa di antaranya sekitar 30 hingga 45 menit. Tulislah untuk sesi selama 30 menit, dengan beberapa pilihan aktivitas yang akan dapat memperpanjang waktu belajar bila guru membutuhkannya.

  4. Tentukan arah yang alkitabiah dari pelajaran tersebut. Pelajaran sekolah minggu menulis "Alkitab untuk hidup" atau "Hidup untuk Alkitab". Rencanakan dengan selalu ingat pada tujuan pelajaran. Pelajaran dapat dimulai dengan "fokus pada Alkitab" atau "fokus pada kehidupan", yang keduanya bertujuan mengupas dampak dan penerapannya dalam kehidupan yang alkitabiah.

  5. Tentukan arah dari pelajaran tersebut. Pada umumnya, kebanyakan pelajaran dimulai dengan aktivitas singkat (kurang lebih 5 menit) untuk menarik anak-anak. Aktivitas ini bisa berupa cerita atau permainan yang lucu bagi anak-anak kecil. Kemudian, topik tersebut diperkenalkan. Setelah itu topik tersebut dikupas, sering kali melalui interaksi atau diskusi kelompok. Aktivitas mandiri dan/atau refleksi adalah aspek penting untuk sebuah perencanaan pelajaran yang bagus. Pelajaran ditutup dengan memberikan tantangan kepada anak-anak untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dan atau panggilan untuk melakukannya.

  6. Tentukan beberapa "alat bantu" untuk guru. Buatlah daftar yang berhubungan dengan situs-situs, buku-buku, alat- alat bantu belajar, atau alat bantu mengajar.

Sebuah pembelajaran dan penjelasan tentang Alkitab adalah hal yang penting dalam merencanakan pelajaran sekolah minggu. Mempelajari pasal yang lebih singkat akan memadatkan pelajaran dan membuat pelajaran menjadi lebih lebih diperhatikan. Ketika mengajar anak- anak dan remaja, banyak-banyaklah melakukan kegiatan yang menggunakan pensil dan kertas. Pertimbangkan untuk mengajar dengan menggunakan berbagai variasi gaya belajar. Pelajaran bisa menggunakan alat bantu visual (dapat dilihat), aural (dapat didengar), dan yang dapat disentuh, seperti kesempatan untuk bergerak dan melakukan interaksi pribadi. Permainan, musik, dan seni juga merupakan hal-hal yang sangat membantu untuk proses belajar.

Ujilah Rencana Pelajaran itu

Ketika rencana pelajaran ditulis, para guru sekolah minggu harus "mengujinya" di gereja lokal. Bila tes ini berhasil dilalui, bawalah pelajaran sekolah minggu tersebut ke penerbit agar dipertimbangkan untuk diterbitkan. Bila masih ada sedikit hal yang harus diperbaiki, segeralah benahi rencana pelajaran itu sebelum diberikan ke penerbit. (t/Kristin)

*) Jika Pelayan Anak ingin mengetahui lebih banyak tentang artikel di e-BinaAnak yang membahas tentang kurikulum, silakan berkunjung ke alamat berikut ini.

==>http://www.sabda.org/publikasi/e-binaanak/031/

-- Bergabunglah dalam: http://fb.sabda.org/binaanak --

Kategori Bahan PEPAK: Kurikulum - Pedoman Mengajar

Sumber
Judul Artikel: 
How to Write a Sunday School Lesson; Six Easy Steps to Create a Plan to Teach the Bible
Situs: 

Komentar