Home
       

Resources
Artikel
Artikel-artikel MISI
Bahan PA
Misi Allah Bagi Dunia &
Para Pengubah Dunia
Cerita Misi
Alkitab di Seluruh Dunia :
48 Kisah Nyata
Buku
Buku-buku Misi
Doa
Doa bagi Negara
Doa bagi Kota
Doa bagi Suku
PD Timotius
40 Hari Doa
e-KJDN
Info

Sejarah
Ulasan Tokoh MISI
Lembaga
Lebih dekat dengan lembaga MISI
Media
Berbagai program pengabaran Injil
Lintas Budaya
Lintas Religi
Profil Suku di Indonesia
 
 Renungan
 Kesaksian
 
| suku 66
dari 128 suku

SUKU BIMA

Rumpun : Sasak
Wilayah : Nusa Tenggara
Jumlah Penduduk : 500.000
Persentase Kristen : < 1%
Kristen yang diketahui : 20
Alkitab : Belum
Film Yesus : Ada
Radio : Belum

Suku Bima tinggal di dataran rendah, wilayah Kabupaten Bima termasuk pulau Sangeang, dan sebagai Kabupaten Dompu, di pulau Sumbawa, Propinsi Nusa Tengara Barat. Mata pencaharian utama adalah meramu. Selain itu, mereka juga bersawah, beternak kuda dan berburu. Suku Bima terkenal dengan kudanya yang kecil tetapi kuat. Bahasa Bima terdiri dari berbagai dialek, yaitu dialek Bima, Bima Donggo dan Sangiang. Kepercayaan asli orang Bima disebut pare no bongi, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang. Mereka juga mempercayai dunia roh yang menakutkan. Tenaga kesehatan sangat diperlukan bagi orang Bima. Tingkat kematian sangat tinggi. Kebutuhan lainnya dari orang Bima adalah penyediaan modal usaha serta ketrampilan dalam menggunakan teknologi tepat guna.

  1. Doakan agar Allah membuka pintu pelayanan yang tertutup. Mari panjatkan doa supaya terang-Nya bercahaya di tengah-tengah suku ini. Doakan juga untuk orang-orang yang sudah percaya agar mereka senantiasa bertumbuh imannya.
  2. Doakan pemerintah dan program pembangunannya agar memenuhi kebutuhan minimum dari masyarakat.
  3. Doakan perintisan dan penelitian. Supaya menghasilkan informasi bagi pelayanan. Kebutuhan tenaga penerjemah yang berbeban ke sana. Doakan juga bagi gereja/lembaga yang mengadopsi suku ini agar dapat saling bermitra.
  4. Mohon kepada Tuhan Yesus supaya Ia membuka hati orang dan gereja mengambil bagian langsung membebaskan umat yang terhilang. Kuasa-kuasa gelap dapat dihalaukan dan disingkirkan.


|




 Ke atas 
© 2003 YLSA