Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs e-MISI

Loading

You are hereArtikel Misi / Sekilas Tentang Kursus Alkitab

Sekilas Tentang Kursus Alkitab


Menjadi petobat baru atau menerima Kristus sebagai Juruselamat pribadi bukanlah tujuan akhir dari hidup seseorang. Pertobatan merupakan awal kehidupan rohani untuk mengembangkan karakter menuju kesempurnaan di dalam Yesus. Petobat baru perlu belajar untuk men- Tuhan-kan Yesus dalam seluruh aspek hidupnya. Oleh karena itu, dia memerlukan pembinaan dan bimbingan agar dapat bertumbuh menjadi orang yang dewasa secara rohani.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk memberikan follow-up bagi petobat baru, antara lain melalui: pembimbingan secara pribadi, kelompok kecil, kursus Alkitab tertulis, terlibat aktif dalam persekutuan, dsb. Semua cara itu pada intinya adalah menolong petobat baru itu agar bisa menggali Alkitab secara pribadi dan mendapatkan makanan rohani bagi pertumbuhan iman supaya bisa menjadi semakin serupa dengan Kristus, serta menjalin relasi yang akrab dengan saudara-saudara seiman.

Salah satu dari cara follow-up yang akan kita bahas saat ini adalah tentang pelayanan kursus Alkitab. Banyak lembaga misi yang mengembangkan pelayanan ini untuk menolong pesertanya dalam mempelajari Alkitab. Tujuan dari kursus ini bervariasi tergantung dari materi atau topik yang disampaikan.

Patrick Johnstone dan Jason Mandryk dalam bukunya Operation World menuliskan tentang Kursus Korespondensi Alkitab sebagai berikut:

"Pelayanan kursus korespondensi Alkitab semakin berkembang dan menjadi salah satu sarana yang paling efektif untuk memberikan follow-up dari kontak pelayanan yang dilakukan dengan mendistribusikan literatur-literatur Kristen dan program-program siaran radio Kristen. Kemudahan dalam menjangkau pos-pos PI di wilayah-wilayah yang sensitif dan juga menekankan pada pemahaman Firman Allah merupakan hasil yang sangat berpengaruh bagi para peserta kursus korespondensi Alkitab. Beberapa di antara mereka bertobat dan ada juga yang semakin dikuatkan iman mereka dalam menjalani kehidupan Kristen mereka.

  1. Diperkirakan ada lebih dari 300 organisasi yang mengirimkan kursus korespondensi Alkitab Injili. Doakan bagi para pekerja yang terlibat dalam mempersiapkan materi-materi kursus dan menolong para peserta.

  2. Berdoa untuk media yang dipakai untuk mempublikasikan kursus Alkitab penginjilan baik melalui traktat, siaran radio, atau melalui promosi dari para peserta yang tinggal di negara-negara dimana jumlah umat percayanya hanya sedikit atau menutup diri terhadap kehadiran misionaris.

  3. Doakan untuk proses follow-up yang efektif bagi para peserta yang dilakukan oleh umat Kristen lokal dan bagaimana melibatkan mereka dalam persekutuan Kristen."

Berikut ini adalah beberapa alamat kursus Alkitab tertulis yang ada di Indonesia. Kami yakin informasi ini akan sangat berguna bagi Anda, terutama jika Anda mengetahui ada petobat baru yang membutuhkan pembinaan iman lebih lanjut sehingga mereka bisa belajar Firman Tuhan lebih mendalam.

 1. Kursus Alkitab Tertulis Asia Pasifik International Indonesia
 Judul : CONTEMPORARY ENGLISH VERSION
 Alamat : P.O. BOX 1217, Bandung 40012

 2. Kursus Alkitab Tromolpos Immanuel
 Kursus ini menyediakan 12 pelajaran dengan
 Judul : HIDUP DALAM KRISTUS
 Alamat : - Kotak Pos 45/YKAP, Yogyakarta
 - Tromol Pos 221, Salatiga

 3. Kursus Alkitab Pembangunan Iman
 Kursus ini menyediakan 4 seri pelajaran dengan
 Judul : KEYAKINAN, INJIL MARKUS, KATA-KATA PENTING,
 HIDUP BARU DI DALAM YESUS
 Alamat : WASIAT
 P.O. Box 7113, JKB-TU
 Jakarta 11071-Indonesia

 4. Kursus Alkitab tertulis Terang Hidup
 Judul : KEHIDUPAN KRISTUS (pelajaran 1-4)
 RENCANA ALLAH
 KISAH PARA RASUL (Bagian 1, pelajaran 1-11)
 (Bagian 2, pelajaran 12-19)
 Alamat : YAYASAN KALAM HIDUP
 Jl. Naripan 67/Kotak Pos 156, Bandung 40112

 5. Kursus Alkitab Tertulis Berita Hidup
 Judul : MENUJU KEDEWASAAN ROHANI, SATU TUHAN SATU JALAN,
 MENGENAL ALKITAB ANDA PERJANJIAN LAMA, KABAR BAIK
 Alamat : PO. BOX 247, Solo 57102, Jawa Tengah

Selain kursus Alkitab tertulis yang dikirimkan via pos, sekarang telah tersedia kursus Alkitab yang menggunakan media internet. Salah satu diantaranya adalah kursus PESTA Online (Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam Online). Keterangan lebih lengkap tentang PESTA Online dan kursus-kursus Alkitab online lainnya yang berbahasa Inggris dapat Anda baca di kolom Profil/Sumber Misi.

Sekali lagi ditegaskan bahwa keberadaan kursus-kursus Alkitab tersebut (baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia), sangat membantu seorang petobat baru agar dapat bertumbuh menuju kedewasaan di dalam Kristus.

Diterjemahkan dan diringkas dari salah satu artikel di:

Judul Buku : Operation World
Judul Artikel : China (People's Republic of China)
Penulis : Patrick Johnstone dan Jason Mandryk
Penerbit : Paternoster Lifestyle, UK; dan WEC International, 2001
Halaman : 699
Situs Web : http://www.operationworld.org/

e-JEMMi 42/2003