Tim dalam Kisah Para Rasul

TIM DALAM KISAH PARA RASUL

Cobalah anda baca terlebih dulu Kisah Rasul pasal 13-20. Saat membaca, anda mungkin juga memikirkan pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

  1. Bagaimana peran Paulus berubah sejalan dengan bertambahnya waktu?
  2. Struktur kekuasaan bagaimanakah yang kita lihat?
  3. Perbedaan apa yang kita lihat dalam tim?
  4. Telusurilah bagaimana keanggotaan tim berubah sejalan waktu.

Inilah beberapa pemikiran singkat dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Saat anda membaca bagian dari Kisah Rasul ini, anda mungkin dihadapkan pada beberapa pemikiran lain.

Pertanyaan 1- Peran Paulus.--Diperkenalkan (Ps 13), Paulus disebutkan setelah Barnabas, menunjukkan bahwa Barnabas memegang kepemimpinan tim. Di pasal 14, kita melihat bahwa Paulus telah mengambilnya. Kita bisa berasumsi bahwa Barnabas sedang melatih Paulus sampai ia telah siap mengambil tampuk pimpinan. Di pasal 16 kita melihat Paulus mulai melatih Timotius dengan cara yang sama yang ia peroleh dari Barnabas. Lagi, pada pasal 18, kita melihat Paulus menggunakan gaya yang sama untuk membimbing Priskila dan Akwila.

Pertanyaan 2- Struktur Kekuasaan.-- Paulus dan timnya memberi tanggapan pada kekuasaan gereja dan kekuasaan Roh Kudus. Di pasal 13:2-3, kita melihat gereja memberi tanggapan pada perintah Roh Kudus dan memberi tugas pada Barnabas dan Paulus. Argumentasi di pasal 15:2 hanya dapat diselesaikan oleh otoritas gereja yang lebih berkuasa dan mereka meminta pendapat pada para rasul di Yerusalem. Kita bisa melihat contoh dari kekuasaan Roh Kudus seperti di pasal 13:4, 16:6-7.

Pertanyaan 3 - Perbedaan Tim- Pada pasal-pasal selanjutnya, tim mengalami perubahan dalam hal ukuran dan komposisi. Terdapat perbedaan budaya dan religi. Sebagian orang mengatakan bahwa Lukas bukan orang Yahudi, banyak yang lain berasal dari keturunan Yahudi. Pasal 20:1-6 menggambarkan perbedaan latar belakang yang sangat mencolok. Di pasal-pasal tersebut, jumlah anggota berubah-ubah dari 2 sampai 7. Situasi yang berbeda-beda membutuhkan jumlah orang yang berbeda-beda pula, dan talenta yang berbeda pula.

Pertanyaan 4 - Keanggotaan Tim-- 13:3- Barnabas, Paulus dan Yohanes Markus (Barnabas sebagai pemimpin (disebutkan pertama)- membimbing dan mengajari Paulus) 13:13- Yohanes Markus meninggalkan mereka (Tim dibagi setelah Yohanes Markus kembali ke Yerusalem) 15:22- Silas dan Yudas ikut serta (Paulus sekarang mewarisi kepemimpinan dari Barnabas- Barnabas sekarang menjadi pembimbing di dalam tim, dan juga menjadi anggota. Menambah dua anggota baru untuk dibimbing) 15:37-40 - Barnabas dan Yohanes Markus, Paulus serta Silas (Tim terbelah dua karena ketidakcocokan. Meski tim pecah, kita dapat melihat Barnabas dan Paulus sama-sama memutuskan untuk melanjutkan tugas mereka.) 16- Timotius dan Lukas bergabung (perubahan narasi dapat dilihat, Timotius kelak akan menjadi salah satu pemimpin penting binaan Paulus) 18 - Priskila dan Akwila bergabung (Paulus pada mulanya bekerja dengan Priskila dan Akwila. Setelah itu bergabung dengan Timotius dan Silas) 19:22- Timotius dan Erastus diutus oleh Paulus sebagaimana Yesus mengutus para rasul sepasang demi sepasang. 20:4- Tim yang besar telah berkembang, lagi-lagi dengan banyak pendatang baru (Sopater, Aristarkus, Tikhikus, dll). Tim dibagi: Tesalonika, Asia, Sopater dari Berea.

(A.C)

Diterjemahkan dari: Efective Teams

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 
File: 
AttachmentSize
tim_para_rasul.htm3 KB

Komentar