Tinggal di dalam Kristus

Oleh: Sunanto

Yohanes 15:5 “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.”

Sebuah ranting pohon anggur tidaklah memiliki kemampuan untuk berbuah. Yang perlu dilakukan ranting itu hanyalah tinggal di dalam pokok anggur sehingga dengan sendirinya ia akan menghasilkan buah. Kita tidaklah memiliki kemampuan untuk menghasilkan buah.Bagian kita hanyalah melekatkan diri pada Kristus maka dengan sendirinya hidup kita akan berbuah berlimpah-limpah.

[block:views=similarterms-block_1]

Banyak pekerja Kristen yang bermaksud melayani Allah dengan ketabahan yang besar dan motif yang benar tetapi tanpa memiliki persekutuan yang akrab dengan Allah, mereka akan segera dikalahkan.Pada awalnya pelayanan mereka mungkin kelihatan berhasil di mata manusia tetapi buah yang mereka hasilkan tidak akan bertahan lama.Pada akhirnya mereka akan mengalami kegagalan sebab mencoba menghasilkan buah dengan kekuatan sendiri. Yang lebih tragis lagi tidak sedikit pelayan Tuhan yang keluarganya berantakan akibat mereka lebih memfokuskan diri pada pelayanan bukan pada Tuhan.

Salah satu jerat yang menjerumuskan kita sebagai pekerja Kristen adalah hasrat untuk memperoleh keberhasilan rohani.Yesus mengingatkan para muridNya yang berhasil mengusir roh-roh jahat demi namaNya agar mereka jangan bersukacita karena roh-roh itu takluk kepada mereka, tetapi bersukacita karena nama mereka ada terdaftar di sorga.

Seringkali yang membuat seorang hamba Tuhan mengalami kejatuhan bukanlah karena kegagalan melainkan karena keberhasilan.Ingatlah selalu bahwa kita ini hanyalah sepotong ranting yang tidak bisa berbuat apa-apa bila terpisah dari Kristus.
Di luar Dia kita tidak bisa berbuat apa-apa sehingga jangan pernah membanggakan keberhasilan pelayanan/pekerjaan kita.Biarlah kita memberikan segala kemuliaan hanya bagi Allah sebab segala sesuatu itu dari Dia, oleh Dia dan untuk Dia !