Pengampunan yang Sempurna

Oleh: Fidiakris

Matius 18:22 Yesus berkata padanya :"Bukan! Aku berkata kepadamu: bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali."

Demikianlah Tuhan Yesus memberikan perintah kepada setiap umatNya. Karena Tuhan Yesus sudah memberikan teladan-Nya saat diatas kayu salib (Lukas 23: 34 Yesus berkata :"Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."). Namun ada 2 hal yang harus kita lakukan dulu sebelum Bapa mengampuni dosa kita :

[block:views=similarterms-block_1]

1. 1 Yohanes 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

2. Matius 6: 14-15

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu. Kadang kita mengalami suatu hal yang membuat kita sulit mengampuni, misalnya orang yang selalu mencari masalah dengan diri kita, orang yang selalu menyakiti hati kita, dan lain-lain, atau orang yang memang sulit karakternya. Saat inilah kita harus mampu bersikap bijak dan meminta pada Roh Kudus untuk memberikan hikmat pada kita.

Di tengah kesulitan dalam hubungan dengan orang lain, kita tetap harus memiliki integritas yang benar, yaitu tidak menyakiti hati orang tersebut dengan membalasnya oleh sikap/perbuatan/ucapan kita. Karena kalo kita melakukan balasan yang jahat padanya, apakah yang membedakan kita dengan dirinya? Tidak ada.

Matius 5: 46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Matius 5: 48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.